Lain-Lain

5 Langkah Mengajarkan Si Kecil Buang Air Sendiri

3468cb772e1dfee924125b6149781b1b.jpg
Admin
Ditulis Oleh

Untuk membiasakan Si Kecil pergi ke toilet saat ingin buang air kecil atau buang air besar, ia perlu dilatih dengan toilet training atau potty training. Toilet training adalah cara untuk melatih Si Kecil agar bisa mengontrol diri, sehingga ia mengetahui sinyal dari tubuhnya mengenai kapan saatnya buang air kecil dan buang air besar di toilet. Berikut beberapa tips toilet training yang dapat Anda terapkan kepada Si Kecil:


1. Persiapan dasar

Otot-otot pada kandung kemih Si Kecil pada umumnya baru bisa dikontrol ketika ia berusia 18 bulan. Sementara dilihat dari sisi psikologis, usia 2-3 tahun adalah usia yang tepat untuk diajarkan toilet training. Pada usia tersebut, Si Kecil sudah bisa memahami perintah, dapat duduk tegak, dan mulai mengerti sinyal tubuh bila ingin buang air.


2. Buat Si Kecil tertarik

Biarkan Si Kecil memilih potty chair-nya sendiri, agar ia lebih tertarik melakukan toilet training. Anda juga boleh menempelkan beberapa stiker yang disukai Si Kecil di tembok untuk menarik perhatiannya.


3. Biasakan ke toilet
Ajarkan ia untuk buang air di toilet. Jadikan kegiatan ini menyenangkan dengan menggunakan potty chair yang sudah Si Kecil pilih. Anda juga bisa membacakan dongeng atau menjelaskan aggota tubuh sambil bernyanyi. Jangan lupa untuk memerlihatkan fungsi perangkat toilet tersebut, seperti cara mengguyur (flush) kloset. Anda dapat mengajaknya ke toilet setiap 1 jam sekali atau 2 jam sekali.

4. Jangan memarahi Si Kecil
Bila Si Kecil tiba-tiba mengompol sebelum sempat ke kamar mandi, jangan memarahinya karena akan membuatnya tertekan, hingga takut untuk ke toilet. Berikan saja pengertian bahwa buang air seharusnya di toilet dengan potty chair pilihannya yang lucu.


5. Berikan pujian
Jika Si Kecil berhasil melakukan toilet training, berikan ia hadiah sebagai tanda penghargaan untuknya. Dengan begitu, ia semakin semangat menjalani toilet training. Anda dapat memberikan stempel gambar lucu pada pergelangan tangannya atau membuat hari spesial dengan menyediakan tembok kosong untuk Si Kecil berkreasi dengan mewarnai. (Seva/TW/Dok. Freedigitalphotos.net)

 

Baca juga:

Tanda Anak Siap Toilet Training di Malam Hari

Cerita Cisca Becker: Potty Training Saga

Agar Anak Terbiasa Buang Air Sendiri

loading…

loading…

Source link

قالب وردپرس

Tentang Penulis

Admin

Memastiksn Bindoline berjalan lancar

Tinggalkan Komentar