Lain-Lain

5 Makanan yang Mengandung Folat, Penting bagi Ibu Hamil

5f9be463b15f796b48baa7eee65c3626.jpg
Admin
Ditulis Oleh

Moms, folat atau dalam bentuk sintetisnya, asam folat, adalah vitamin B yang memiliki kekuatan ajaib bagi wanita hamil. Unsur ini membantu mencegah cacat tabung saraf (NTD), kelainan serius pada otak dan sumsum tulang belakang. “Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bayi yang sehat adalah memastikan Anda mengonsumsi makanan yang sehat, dengan banyak makanan kaya folat sebelum Anda hamil,” kata Bethany Thayer, MS, RD, Director of Wellness Programs and Strategies dari Henry Ford Hospital di Detroit dan juru bicara untuk The American Dietetic Association.

 

Studi menunjukkan bahwa jika semua wanita mengonsumsi jumlah asam folat yang disarankan sebelum dan selama awal kehamilan, maka wanita tersebut berhasil mengurangi hingga 70% risiko cacat tabung saraf (NTD) pada bayi. 

Nah, berikut bahan makanan yang kaya akan folat dan baik dikonsumsi ibu hamil:

 

a. Sereal
Tidak hanya untuk anak-anak saja, Anda juga dapat menikmati sereal sebagai menu sarapan atau camilan setelah makan siang. Dalam setengah cangkir sereal, mengandung 100 sampai 400 mcg asam folat. Anda dapat memadukan sereal dengan susu rendah lemak untuk menghindari berat badan naik yang berlebih.

 

b. Avokad
Dalam satu cangkir avokad terdapat 90 mcg folat. Tidak hanya itu, avokad juga mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk jantung Anda dan perkembangan otak janin.

 

c. Bayam
Hampir setiap tukang sayur menjual bayam. Sayuran hijau yang satu ini mengandung fitokimia seperti beta karoten dan lutein yang dapat melindungi Anda dari berbagai jenis kanker. Tentu saja terkadang folat sebanyak 100 mcg dalam setengah cangkir bayam.

 

d. Jeruk
Dalam satu jeruk berukuran sedang terkandung 55 mcg folat. Jeruk dapat menjadi buah yang tepat dan bermanfaat untuk dikonsumsi selama hamil.

 

e. Jagung
Ternyata, dalam 1 cangkir jagung matang terkandung  76 mcg asam folat. Maka Anda sudah dapat memenuhi sebanyak 20% kebutuhan folat dalam sehari. (Seva/HH/dok. freepik)

loading…

loading…

Source link

قالب وردپرس

Tentang Penulis

Admin

Memastiksn Bindoline berjalan lancar

Tinggalkan Komentar