Tugas Siswa

Anekdot buatan sendiri iis 2

foto lee min hoo
SELVIRA SAFITRI
Ditulis Oleh SELVIRA SAFITRI

             TEKS ANEKDOT KARANGAN SENDIRI

                             BAJU TERMAHAL

     Ketika bel istirahat berbunyi dua orang siswa sedang berbincang –bincang.Sebut saja namanya Raihan dan Beno.”Oh iya, Beno jadi pejabat itu enak ya, gajinya besar, kantornya bagus, kalau gak punya mobil dikasih mobil, kalau gak punya rumah dikasih rumah dinas.Tapi kok masih banyak ya di antara mereka yang korupsi.Apalagi wakil rakyat.” Kata Raihan kepada Beno.”Iya juga  sih ya.., bayangkan saja,  kalau gaji mereka di tambah dengan tunjangan- tunjangan , makin banyaklah harta kekayaan mereka.Kamu dengar tidak , sekarang ini ada rancangan baru untuk menambah tunjangan gaji mereka. Bagi yang pengen beli mobil,beli mobil, yang beli rumah beli rumah.Dan khusus untuk  pejabat yang korupsi bias beli baju yang paling mahal”Kata  Beno kepada Raihan.” Baju mahal, maksud kamu????,Tanya Raihan kepada Beno.”Kamu tidak tahu ya…, pejabat yang korupsi itu  kan, kalau  ketahuan korupsi kan di kasih baju”TAHANAN KPK” , maksud aku itu baju yang termahal itu. Butuh korupsi miliaran dulu untuk bias maendapatkannya” .Kata Beno kepada Raihan.Dengan sejenak Raihan terdiam lalu tertawa……

 

 

     Menganalisis teks anekdot

1.Abstak:Ketika bel istirahat berbunyi dua orang siswa berbincang bincang.Sebut saja namanya Raihan dan Beno.”Oh iya, Beno enak ya.. jadi pejabat itu, gaji nya besar ,kantornya bagus. Alasannya itu menunjukkan atau memberikan gambaran teentang iasi teks tersebut.

2.Orientasi:Tapi kok masih banyak pejabat itu yang korupsi.iya apalagi di tambah dengan tunjangan tunjangan ,makin banyaklah harta kekeyaan mereka.Alasa saya karena itu menjelaskan atau me nunjukkan awal bagaimana peristiwa tersebut terjadi.

3.Krisis:Dan khususnya bagi pejabat yang korupsi,mereka bisa membeli baju yang paling mahal.Alasan saya karena bagian yang unik dalam teks tersebut.

4.Reaksi:Kamu tidak tahu ya.., kalau pejabat itu ketahuan korupsi mereka akan di kasih baju TAHANAN KPK.Butuh korupsi miliaran untuk bias mendapatkannya.

5.Koda:Dengan sejenak Raihan terdiam, lalu tertawa….Alasa saya karena bagian tersebut terletak  terakhir..

Tentang Penulis

SELVIRA SAFITRI

SELVIRA SAFITRI

1 Komentar

Tinggalkan Komentar