Teknologi

Apa itu Google Play Protect?

via-DroidLife.jpg
Adrianne Beckman
Ditulis Oleh Adrianne Beckman






Apa itu Google Play Protect?
via DroidLife

Beberapa waktu yang lalu, Google resmi meluncurkan layanan (fitur) baru bernama Google Play Protect. Tapi apakah kamu tahu apa kegunaan fitur tersebut dan apa pula manfaatnya untuk perangkat kamu?

Jika tidak, pada kesempatan kali ini DroidPoin akan coba membahas mengenai fitur Google Play Protect secara detail.

Apa itu Google Play Protect?

Google Play Protect merupakan sebuah layanan (fitur) keamanan baru untuk perangkat Android yang kamu gunakan. Fitur ini akan melindungi Android kamu dari aplikasi yang memiliki potensi bahaya (malware). Nah, Google Play Protect nantinya akan memperingatkan kamu jika menemukan aplikasi yang berpotensi berbahaya dan menghapus aplikasi berbahaya tersebut dari perangkat kamu secara otomatis jika diperlukan.

Bagaimana cara kerja Google Play Protect?

Google Play Protect akan memeriksa aplikasi saat kamu mendownloadnya. Fitur ini (Google Play Protect) juga memindai perangkat secara berkala. Jika menemukan aplikasi yang berpotensi berbahaya, Google Play Protect akan menghentikan aplikasi tersebut agar tidak dijalankan, dan mungkin:

  • Memperingatkan kamu, jika ada aplikasi yang terdeteksi sebagai bahaya bagi perangkat yang tengah kamu gunakan, dalam artian kamu nantinya akan mendapatkan sebuah notifikasi untuk menghapus aplikasi berbahaya tersebut.
  • Menghapus aplikasi secara otomatis. Dalam beberapa kasus, jika aplikasi berbahaya telah terdeteksi, kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa aplikasi tersebut telah dihapus dari perangkat milikmu.

Cara memeriksa status keamanan aplikasi

Di atas, DroidPoin sudah memberikan detail apa itu Google Play Protect dan juga cara kerjanya. Nah, tentunya hal tersebut tak akan lengkap jika DroidPoin tak memberikan cara memeriksa status keamanan aplikasi pada Android kamu. Berikut adalah cara memeriksa status Google Play Protect di perangkat Androidmu:

  1. Buka aplikasi Google Play Store pada perangkat Android milikmu.
  2. Setelah itu, tap Menu burger, lalu pilihlah opsi Play Protect.
  3. Informasi tentang status keamanan perangkatmu akan terlihat detail pada halaman tersebut.

Nah, itulah gaes penjelasan mengenai apa itu yang dimaksud dengan Google Play Protect. Semoga bermanfaaat. 🙂

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  




Talk = Do Something “Talk More Do More” | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Android? Silakan tanya via LINE ‘ ad_jossy ‘.

Sumber

قالب وردپرس

Tentang Penulis

Adrianne Beckman

Adrianne Beckman

Tinggalkan Komentar