Tugas Siswa

belajar dari biografi

puisi
Olivya Chairisza
Ditulis Oleh Olivya Chairisza

Tugas 1

 

1.      Mengapa teks tersebut tergolong ke dalam biografi?

Jawaban :Teks tersebut tergolong ke dalam biografi karena teks tersebut menceritakan tentang seorang tokoh terkenal yaitu “Supomo”.Dan berisi cerita suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya baik berupa masalah dan kelebihannya.

2.      Apakah isi dari teks biografi tersebut ?

Jawaban : Isi dari teks biografi tersebut menceritakan sosok seorang tokoh yang terkenal yaitu “Supomo”.Seorang pahlawan nasional yang merupakan pencetus sekaligus arsitek UUD 1945 ,dan ia dikenal dengan nama Prof.Mr.Soepomo.

3.      Bagaimana pola penyajian teks tersebut?

Jawab : Pola penyajian teks tersebut bernarasi Ekspositorik yaitu,narasi yang penyampaian informasi tentang suatu peristiwa dengan tujuan memperluas pengetahuan orang  tentang kisah seseorang yang ditulis sesuai dengan data yang sebenarnya,dan berdasarkan fakta yang ada.

4.      Siapakah nama tokoh yang biografinya sedang dibacakan?

Jawab : Nama tokoh biografi yang dibacakan adalah “Soepomo”

5.      Apa perannya sehingga ia layak dibuatkan biografi?

Jawab : Perannya sehingga ia layak dibuatkan biografi adalah karena ia merupakan seorang pahlawan nasional yang merupakan pencetus sekaligus arsitek UUD 1945.

6.      Bagaimana masa kecilnya?

Jawab : Masa kecil Soepomo disebutkan bahwa ia terlahir dari kalangan keluarga ningrat aristocrat jawa,sehingga ia memiliki kesempatan untuk bisa menjajaki pendidikan di ELS yaitu sekolah yang setingkat dengan sekolah dasar di daerah Boyolali.

7.      Bagaimanakah masa mudanya?

Jawab : Masa muda Soepomo disebutkan bahwa ia aktif dalam berorganisasi yaitu Jong Java (Pemuda Jawa),dan ia juga aktif melahirkan berbagai karya tulis.

8.      Kesulitan dan masalah apa yang pernah dialaminya?

Jawab : Saya tidak menemukan kesulitan dan masalah yang pernah dialaminya.Akan tetapi disini dijelaskan bahwa ia mengidap penyakit serangan jantung pada usia muda.

9.      Bagaimana  ia mengatasi kesulitannya itu?

Jawab : Cara yang ia lakukan untuk mengatasi kesulitannya yaitu,terus berjuang dan terus berkarya untuk mewujudkan semangat patriotism walaupun ia sedang sakit.

10.  Karya apa saja yang telah dibuatnya?

Jawab : Karya yang telah dibuatnya adalah salah satu buah pemikirannya yang dibuat sebagai sumbangan pikiran atas diselenggarakannya Kongres perempuan Indonesia adalah sebuah brosur yang berjudul perempuan Indonesia dan Hukum.Dan ia juga mengadakan penelitian tentang hokum adat Jawa Barat yang giterbitkan dalam bentuk monografi dengan judul “Hukum Adat Privat Jawa Barat”.

11.  Apabila bertemu dengan tokoh tersebut ,apa yang akan kamu lakukan atau tanyakan?

Jawab : apabila saya bertemu dengan tokoh tersebut pertama-tama saya akan bersalaman dengan tokoh tersebut,dan saya akan bertanya kepada beliau tentang kiat-kiat dalam mencapai kesuksesan dan sebuah motivasi untuk masa depan saya.

 

Bahasa Indonesia hal.214

 

 

Tugas 2

 

Mengidentifikasi Struktur Teks Biografi

 

1.      Bagian struktur : Orientasi atau setting(aim),berisi informasi mengenai latar belakang kisah seorang tokoh,dan pada bagian ini menceritakan siapa Soepomo.

            Kutipan Teks : Pahlawan nasional yang merupakan pencetus sekaligus                             arsitek UUD 1945 ini dikenal dengan nama Prof. Mr. Soepomo. Ia adalah seorang ahli hukum pada generasi pertama yang sudah ada ketika Indonesia merdeka. Dalam biografi Soepomo, semasa hidupnya hingga akhir hayatnya ia juga berturut serta berperan dalam pembentukan adanya sistem nasional. Prof. Mr. Soepomo lahir di kota Sukoharjo, Jawa Tengah pada tanggal 22 Januari 1903. Soepomo disebutkan bahwa ia terlahir dari kalangan keluarga ningrat aristocrat jawa. Kakek dari pihak ibunya adalah Raden Tumenggung Wirjodirodjo, bupati Nayak dari Sragen. Sedangkan Kakek dari pihak ayahnya adalah raden Tumenggung Reksowardono, bupati Anom Sukaharjo pada masa kejayaannya dulu.

 

2.      Bagian struktur : kejadian penting,berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis,menurut urutan waktu,yang meliputi kejadain-kejadian utama yang dialami tokoh.

          Kutipan Teks : Soepomo pernah menyandang gelar sebagai doctor dengan judul disertasinya yaitu Reorganisatie van het Agrarisch Stelsel in het Gewest Soerakarta (Reorganisasi Sistem Agraria di Wilayah Surakarta). Dalam disertasinya, Soepomo bukan hanya mengupas adanya sistem agraria tradisional saja akan tetapi juga meneliti hukum-hukum kolonial yang terkait dengan pertahanan di daerah Surakarta. Dengan menggunakan bahasa belanda yang ditulis secara halus dan tidak langsung dan menggunakan argument kolonialnya, kritik Soepomo atas wacana-wacana kolonial yaitu tentang proses transisi agrarian di letakkan dalam disertasinya tersebut.

 

3.     Bagian struktur : Reorientasi,berisi komentar evaluasi atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya.

Kutipan Teks : Satu karangan Soegito (1977) yang menyatakan bahwa berdasarkan departemen pendidikan dan kebudayaan, Marsilam Simanjutak mengatakan bahwa Soepomo adalah sumber munculnya fasisme di Negara Indonesia karena adanya kekaguman Soepomo terhadap sistem pemerintahan jepang dan jerman. Simanjuntak menilai bahwa Negara orde baru pada jendral Soeharto adalah bentuk Negara yang sistem pemerintahannya paling dekat dengan Soepomo. Akan tetapi ini perlu di pertimbangkan dan diperdebatkan lagi. Soepomo meninggal di usia muda akibat sakit serangan jantung yang dideritanya. Ia meninggal pada tanggal 12 September 1959 di Jakarta dan dimakamkan di daerah Solo.

 

 

 

Bahasa Indonesia hal.215-216

 

 

 

TUGAS 3

 

Pola Penyajian Teks Biografi

 

·         Aspek : Alur cerita (semuanya beralur maju)

              Cerita diawali dengan identitas diri dan keluarganya,lalu perjalanan   pendidikannya,disini banyak diulas tentang tempat-tempat pendidikan yang pernah dijajaki Supomo.Cerita dilanjutkan dengan karir Sorpomo sebagai pegawai yang diperbantuan pada Pengadilan Negeri Yogyakarta sampai menjadi Rektor Universitas Indonesia (1951-1954),lalu diakhiri dengan meninggalnya beliau pada tanggal 12 September 1959 di Jakarta dan dimakamkan di daerah Solo.

 

·         Aspek : Sudut pandang

              Sudut pandang yang dipakai dalam biografi ini adalah sudut pandang orang ketiga serba tahu.

 

·         Aspek : Gaya penulisan

               Gaya penulisan yang dipakai dalam biografi ini adalah deskriptif naratif

 

·         Aspek : Fokus penceritaan

·         Fokus penceritaan dalam biografi ini adalah keberhasilan karier yang dicapai oleh tokoh.

Bahasa Indonesia hal.223-224

 

Tugas 4

 

ü  Kepribadian Unggul : Sosok panutan

Kutipan : Semasa hidupnya hingga akhir hayatnya ia juga berturut serta berperan dalam pembentukan adanya sistem nasional.

ü  Kepribadian Unggul : Cerdas (ahli hukum)

                        Kutipan : Ia adalah seorang professor hukum arsitek yang dikenal sebagai tokoh ilmu hukum adat Indonesia dan seorang ahli hukum di bidang hukum internasional, yaitu salah satu konseptor Liga Bangsa Indonesia.   

 

Bahasa Indonesia hal.226

 

Tugas 5

 

Mendata Pokok-Pokok Informasi dalam Teks Biografi.

 

§  Kutipan Teks : Soepomo adalah seorang pahlawan nasional yang merupakan pencetus sekaligus arsitek UUD 1945 ia dikenal dengan nama Prof. Mr. Soepomo. Prof. Mr. Soepomo lahir di kota Sukoharjo, Jawa Tengah pada tanggal 22 Januari 1903. Soepomo disebutkan bahwa ia terlahir dari kalangan keluarga ningrat aristocrat jawa.

Pokok Informasi : Soepomo adalah seorang pahlawan nasional yang merupakan pencetus sekaligus arsitek UUD 1945 yang lahir di kota Sukoharjo, Jawa Tengah pada tanggal 22 Januari 1903.

§  Kutipan Teks : Kemudian di antara tahun 1924 hingga 1927, beliau mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studinya ke Rijksuniversiteit Leiden di Belanda yang dibimbing oleh Cornelis van Vollenhoven.

Pokok Informasi : Peran Cornelis van Vollenhoven dalam studi Soepomo.        

§  Kutipan Teks : Ia adalah seorang ahli hukum pada generasi pertama yang sudah ada ketika Indonesia merdeka.

Pokok Informasi : Soepomo merupakan seorang ahli hukum generasi pertama.

 

 

Bahasa Indonesia hal.230

 

 

 

 

Tugas 6

 

Analisis Karakter Unggul Tokoh  yang  Disampaikan oleh Pengarangnya

 

§  Cara menggambarkan karakter unggul tokoh

Ø  Cara langsung

Kutipan : Soepomo meletakkan etika jawanya saat melakukan penulisan subjeytivitas pada argumentnya .

Ø  Cara deskripsi melalui penuturan tokoh lain

Kutipan : karangan Soegito (1977) yang menyatakan bahwa berdasarkan departemen pendidikan dan kebudayaan, Marsilam Simanjutak mengatakan bahwa ”Soepomo adalah sumber munculnya fasisme di Negara Indonesia karena adanya kekaguman Soepomo terhadap sistem pemerintahan jepang dan jerman”.

 

 

 

Bahasa Indonesia hal.232

 

 

 

 

 

 

Tugas 7

 

Analisis Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

 

*      Kutipan Teks : Soepomo adalah seorang ahli hukum pada generasi pertama yang sudah ada ketika Indonesia merdeka.

Analisis :kata ganti yang digunakan adalah ia

*      Kutipan Teks : Semasa hidupnya hingga akhir hayatnya ia juga berturut serta berperan dalam pembentukan adanya sistem nasional.

Analisis : -Nya (kata ganti milik) yang divariasikan dengan penyebutan nama Soepomo.

*      Kutipan Teks : Kemudian ia ditunjuk oleh kolonial Belanda sebagai pegawai negeri pemerintahannya yang di bantu oleh ketua dari pengadilan negeri Sragen tahun 1977.

Analisis : Kata sambung yang menyatakan hubungan waktu :kemudian

 

 

Bahasa Indonesia hal.236

 

 

Tentang Penulis

Olivya Chairisza

Olivya Chairisza

Tinggalkan Komentar