Tugas Siswa

Belajar Korupsi

Penguins
Wardhatul Irany
Ditulis Oleh wardhatul irany

 Rafka adalah anak seorang pejabat negara yang bertugas dalam bidang keuangan. Kebetulan, Rafka  pun merupakan bendahara di sekolahnya.

Suatu hari,setelah lama Rafka menjadi bendahara di sekolahnya itu ia ketahuan menggunakan uang kelas itu untuk keperluan pribadinya.

Guru: ” Mengapa kau menggunakan uang itu untuk kepentinganmu sendiri? Padahal itu kan uang milik teman-temanmu! Apakah kau sedang terdesak?”

Rafka: “Tidak,Bu…”

Guru: “Lalu mengapa? Cepat katakan! Jika tidak, akan saya laporkan kepada ayahmu!!”

Rafka: “Laporin aja,Bu! Toh ayah saya yang mengajarkannya kepada saya.”

Struktur teks pada cerita diatas adalah

Abstrak menurut saya adalah (Rafka adalah anak seorang pejabat negara yang bertugas dalam bidang keuangan. Kebetulan, Rafka  pun merupakan bendahara di sekolahnya). Karena didalam teks tersebut memuat gambaran tentang isi teks

Orientasi menurut saya adalah (Suatu hari,setelah lama Rafka menjadi bendahara di sekolahnya itu ia ketahuan menggunakan uang kelas itu untuk keperluan pribadinya). Karena didalam teks tersebut memuat menunjukkan awal kejadian cerita dan latar belakang bagaimana peristiwa itu terjadi.

Krisis menurut saya adalah (Guru: ” Mengapa kau menggunakan uang itu untuk kepentinganmu sendiri? Padahal itu kan uang milik teman-temanmu! Apakah kau sedang terdesak?”

Rafka: “Tidak,Bu…”).  Karena didalamnya memuat kejadian yang unik dan tidak biasa terjadi.

Reaksi menurut saya adalah (Guru: “Lalu mengapa? Cepat katakan! Jika tidak, akan saya laporkan kepada ayahmu!!”). Karena didalam teks tersebut memuat penyelesaian masalah yang timbul

Koda menurut saya adalah (Rafka: “Laporin aja,Bu! Toh ayah saya yang mengajarkannya kepada saya.”). Karena memuat simpulan kejadian dan pelajaran

Ciri-ciri bahasa teks yang terkandung:

1.Kalimat bermakna sindiran

2.Kalimat Menghibur

3.Memgandung pembelajaran

 

X.IIS 2

 

Tentang Penulis

Wardhatul Irany

wardhatul irany

Tinggalkan Komentar