Teknologi

Berbasis AI, Myriad X Mungkinkan Perangkat Berinteraksi dengan Lingkungan Sekitar

Intel baru-baru ini mengumumkan Myriad X, sebuah VPU (Vision Processing Unit) yang bisa mengirimkan Neural Compute Engine. Hal ini menurut Intel memungkinkan dihadirkannya kemampuan kecerdasan buatan (AI/artificial intelligence) dengan tenaga minimal, tapi memiliki performa tinggi.

Menurut Intel, di tahun-tahun mendatang, akan ada banyak sekali rangkaian besar dari produk baru yang dibuat lebih otonom yang memiliki kemampuan kecerdasan secara real-time di dalam perangkat. Hal ini menurut Intel akan tercermin mulai dari drone dan smart camera hingga augmented reality. Kesemuanya ini menurut Intel akan akan menyajikan kemampuan bagi perangkat untuk melihat, mengerti, berinteraksi dan beradaptasi dengan cepat dalam sebuah situasi dan kondisi.

Intel menyatakan bahwa Myriad X akan menggabungkan teknologi pencitraan khusus, computer vision processing dan Neural Compute Engine (diklaim Intel merupakan yang pertama di ranah industri). Ini diklaim akan memberikan performa maksimal di dalam chip yang sama.

Menurut Intel, dengan kecepatan lebih tinggi yang tertanam di perangkat, hal ini akan meningkatkan potensi untuk membuat dunia lebih aman, produktif, dan personal secara tak terbatas. Dengan adanya teknologi drone dan smart camera, Myriad X diklaim akan mendorong inovasi untuk masa depan perangkat cerdas yang memiliki sistem otomatis.

Intel menyatakan bahwa untuk mewujudkan hal tersebut, Intel telah mendayagunakan sistem berbasis cloud sehingga bisa menjalankan proses deep learning pada level perangkat. Menurut Intel, di sinilah kekuatan VPU masuk, dalam bentuk platform Movidius. Platform ini dirancang khusus untuk menjawab tantangan perangkat otonom.

Menurut Intel, VPU buatannya akan menempatkan kecerdasan visual secara langsung di atas perangkat. Gunanya untuk memberikan kinerja komputasi terdepan di ambang batas ultralow power.

Intel menambahkan bahwa inilah saat yang dinantikan sejak Movidius bergabung dengan Intel pada hampir satu tahun yang lalu. Menurut Intel, Movidius sudah ikut ambil bagian di berbagai bidang keahlian Intel – mulai dari AI Product Group dan IoTG sampai ke bagian Intel Labs dan RealSense.

Tanggapan Kamu

komentar

قالب وردپرس

Tentang Penulis

Albert Aprillio

albert aprillio

Tinggalkan Komentar