Tugas Siswa

Biografi

download (1)
Arni Putri
Ditulis Oleh arni putri

Biografi Armaidi Tanjung, Jurnalis dari Tanah Pariaman

 

Armaidi Tanjung, S.Sos, M.A, dilahirkan di Desa Sungaipasak, Kota Pariaman, 1 Mai 1969. Armaidi merupakan anak pertama dari 11 bersaudara. Ia adalah putra dari pasangan Abu Zahar dan Marnis. Ia mengawali pendidikan di SDN Sungaipasak, Pariaman (1983), kemudian melanjutkan ke SMP Sungairotan ( sekarang SMPN 5 Pariaman ). Namun Armaidi tidak menamatkan sekolahnya disana, melainkan di SMPN 18 Balaibaru Padang (1985), itu dikarenakan kurangnya biaya ekonomi yang memaksa Ia untuk bekerja.

Armaidi sudah mulai hidup mandiri sejak masih duduk dibangku Sekolah Dasar. Tidak seperti kebanyakan anak-anak lainnya, seusai pulang sekolah Armaidi langsung bekerja menjadi pengangkut batu bata di Desanya. Karena tidak kuat menjalaninya, Armaidi memutuskan untuk berhenti sekolah. Namun keputusannya dibantah oleh sang Ayah. Akhirnya sang Ayah membawa Armaidi pindah ke Padang untuk melanjutkan sekolahnya kembali. Tamat dari SMP, Armaidi melanjutkan sekolah di SMAN 5 Balaibaru Padang (1988). Pada saat liburan, Ia pergi ke Padang Panjang tempat Mamaknya untuk belajar berjualan gorengan dan cendol.

Armaidi melanjutkan pendidikan (S1) di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Ilmu Politik (STISIP) YPKM Padang, jurusan Kesejahteraan Sosial. Pada tahun 2015 Ia menamatkan Pascasarjana Magister (S2) di IAIN Imam Bonjol Padang, jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI).

Armaidi mengawali karier sebagai penulis lepas di Koran Masuk Sekolah (KMS) Harian Singgalang (1987-1988), Wartawan Harian Pelita Jakarta (1989-1991), Harian Angkatan Bersenjata (1993-1998), Majalah Titian Bako IKK di Sumbar (1997-1998), Mingguan Padang Pos (1999-2000), Pemimpin Redaksi Majalah SAI Baru (1999-2000), Karyawan Harian Semangat Demokrasi dengan jabatan sebagai Wakil Pemimpin Perusahaan, Redaktur, Koordinator Liputan, Manajer Iklan (2000-2001), Dosen Jurusan Jurnalistik dan Humas Fakultas Dakwah IAIN Imam Bonjol Padang (2002-2004), Karyawan Mingguan Media Nusantara dengan jabatan Wakil Pemimpin Perusahaan, Redaktur, Sekretaris Redaksi (2002-2003), Karyawan Mingguan Media Sumbar dengan jabatan Pemimpin Perusahaan, Redaktur Pelaksana, Ketua Dewan Redaksi (2003-2008), Kontributor NU Online Sumbar (2007-sekarang), Ketua Penyunting Buletin Bintang Sembilan (2007-2008), Pemimpin Redaksi portal berita www.sitinjaunews.com di Padang (2008-sekarang), Dewan Redaksi/Redaktur Majalah Tabuik (majalah Pemko Pariaman) (2010-sekarang). Pendiri/Pembina Pendidikan Anak Usia Dini PAUD Az-zahrah Ma’arif Padang Pariaman dan Kota Pariaman (2008-2012).

Buku-buku yang di tulis Armaidi sudah terbit lebih dari 20 buku, salah satunya yaitu, Free Seks No, Nikah Yes dan Pariaman Terbuka ( Pariaman For All People) Menuju Masa Depan. Sekarang Ia sedang menyusun naskah untuk menerbitkan tulisan berikutnya yang Insyaallah akan terbit tahun ini. Tulisannya pernah dimuat di berbagai media massa antara lain, Harian Padang Ekspres, Haluan Singgalang, Semangat, Mingguan Canang (Padang), Analisa dan Waspada (Medan), Harian Merdeka, Terbit, Mingguan Simponi, Mutiara, Swadesi, Sahabat Pena, majalah Amanah (Jakarta), Tabloid Pariaman Ekspos dan Jurnal.

Armaidi juga aktif dalam berbagai Organisasi, pada waktu SMA Ia aktif di Pramuka, Departemen Penerangan Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Sumbar (1989-1993) dan berbagai Organisasi lainnya hingga sekarang.

Pada 5 Agustus 2001, Ia menikahi Erni, perempuan dari Korong Palembayan Nagari Sintuak Kecamatan Sintuak Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman, dikarunia dua anak. Rabiah Al-adawiyah Arni Putri dan Abdurrahman Wahid Arni Putra. Sekarang Armaidi berprofesi sebagai Wartawan di media online dan Dosen di Fakultas Dakwah Dan Komunikasi IAIN Imam Bonjol Padang.

 

 

Tentang Penulis

Arni Putri

arni putri

Tinggalkan Komentar