Tugas Siswa

Bodrex dan Tukang Roti

roti+tawar
Wilda anabia Prasasti
Bodrex
 

     Suatu hari dibulan puasa , ada seoarang kakek sedang puasa tiba tiba kepalanya sakit, dengan panik sikakek langsung meminum obat bodrex yang tersedia dirumahnya, cucunya melihat kejadian itu langsung bertanya, “Kakek kan lagi puasa, kenapa minum obat ?” tanpa tampang berdosa, si kakek pun langsung menjawab, “ itulah okenya bodrex, bisa diminum kapan saja !!”

menurut saya cerita ini termasuk teks anekdot karna mengandung cerita-cerita lucu yang berkesan yang menyindir sesuatu dan mengandung pesan tertentu yaitu saat bulan puasa tidak boleh makan dan minum walaupun bisa diminum kapan saja
Bagian-bagian struktur dari teks diatas (Bodrex) adalah :

  1. Abstrak : suatu hari dibulan puasa

teks ini termasuk abstrak karna merupakan bagian awal dari isi teks

2.Orientasi : seoarang kakek sedang puasa tiba tiba kepalanya sakit

teks ini termasuk orientasi karna bagian yang menunjukan awal kejadian atau latar belakang peristiwa itu terjadi

3.Krisis : dengan panik sikakek langsung meminum obat bodrex yang tersedia dirumahnya

 teks ini termasuk krisis karna bagian dimana terjadi hal atau masalah yang tidak dapat terjadi pad pada diri penulis

4.Reaksi : Kakek kan lagi puasa, kena

teks ini termasuk reaksi karna termasuk tanggapan tokoh terhadap konflik

5.Koda : si kakek pun langsung menjawab, “ itulah okenya bodrex, bisa diminum kapan saja !!

teks ini termasuk koda karna ending dari cerita

Tukang Roti

       Suatu hari ada tukang roti lewat, terus teman gue congli manggil, lalu tukang roti itu pun nyamperin kami yang lagi duduk-duduk santai di taman depan rumah. 

Congli : “Roti apa aja yang ada, bang?”
Tukang Roti : “Macam-macam, dek.”
Congli : “Yang ini roti rasa apa bang?”
Tukang Roti : “Yang ini nanas.”
Congli : “Kalo yang ini?”
Tukang Roti : “Ini mah kelapa dek.”
Congli : “Kalo yang ini roti rasa apa bang?”
Tukang Roti : “Kalo yang ini rasa srikaya dek.”
Congli : “Terus, rotinya yang mana bang? Dari tadi kok sebutin buah-buahan melulu, emangnyaabang jual buah apa roti? Kalo kayak gini gue gak jadi beli deh.
Tukang Roti : “
Seketika itu tukang roti pun mendadak pingsan.

menurut saya cerita ini termasuk teks anekdot karna mengandung cerita-cerita lucu yang berkesan yang menyindir sesuatu dan mengandung pesan tertentu yaitu jangan mempermainkan orang seenaknya

Bagian-bagian struktur dari teks diatas (Tukang Roti) adalah :

  1. Abstraksi : Suatu hari ada tukang roti lewat

teks ini termasuk abstrak karna merupakan bagian awal dari isi teks

2.Orientasi : Temen gue congli manggil

teks ini termasuk orientasi karna bagian yang menunjukan awal kejadian atau latar belakang peristiwa itu terjadi

3.Krisis : Terus rotinya mana bang? Dari tadi kok sebutin buah-buahan melulu, emangnya abang jual buah apa roti? Kalo kayak gini gue gak jadi beli deh.

 teks ini termasuk krisis karna bagian dimana terjadi hal atau masalah yang tidak dapat terjadi pad pada diri penulis

4.Reaksi : Tukang roti pun pingsan

teks ini termasuk reaksi karna termasuk tanggapan tokoh terhadap konflik

5.Koda : Seketika itu tukang roti pun mendadak pingsan

teks ini termasuk koda karna ending dari cerita

#teksanekdot#strukturanekdot#Bodrex#Tukangroti

Tentang Penulis

Wilda anabia Prasasti

wilda anabia prasasti

Tinggalkan Komentar