Teknologi

Bug Wi-Fi di Android Oreo Sebabkan Kuota Data Seluler Terkuras

Android 8.0 Oreo

Resmi diluncurkan pada akhir bulan Agustus lalu, sistem operasi Android 8.0 Oreo memang belum tersedia pada aneka smartphone Android yang beredar saat ini, kecuali pada sejumlah smartphone keluaran Google yaitu Nexus dan Pixel.

Namun, belum sampai sebulan dirilis, sebuah bug telah ditemukan pada sistem operasi ini. Android 8.0 ini ditemukan memiliki masalah pada fitur konektivitas. Terdapat bug yang menyebabkan smartphone tetap menggunakan koneksi data meskipun telah terhubung ke koneksi Wi-Fi. Masalah tersebut pertama kali diungkapkan oleh seorang pengguna Reddit. Ia mengatakan bahwa jumlah penggunaan datanya meningkat drastis setelah melakukan update ke Android 8.0. Padahal, ia menggunakan koneksi Wi-Fi di rumahnya.

Pengguna tersebut kemudian mengatakan bahwa ia harus mematikan koneksi datanya setiap kali akan menggunakan koneksi Wi-Fi di rumahnya.

Kemungkinan besar, bug ini terkait dengan fitur “mobile data always active” yang tersedia di Android Oreo. Fitur ini membuat smartphone akan tetap terhubung ke internet dengan memindahkan koneksi dari Wi-Fi ke mobile data secara otomatis saat smartphone mendeteksi koneksi Wi-Fi tidak terkoneksi ke internet.

Karena masih beredar secara terbatas, tidak banyak pengguna yang terdampak oleh bug ini. Google dikabarkan telah mengetahui bug ini dan sedang melakukan perbaikan. Mudah-mudahan saja bug tersebut bisa teratasi sebelum para produsen smartphone lain mulai menyebarkan update sistem operasi ini ke penggunanya.


Telah dilihat sebanyak
27

Tanggapan Kamu

komentar

قالب وردپرس

Tentang Penulis

Albert Aprillio

albert aprillio

Tinggalkan Komentar