Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Bindonline.com РMasih bingung cara membuat makalah yang baik dan benar? Apa anda sering mendapatkan tugas dari sekolah atau kampus? Makalah merupakan salah satu bagian dari karya ilmiah yang sebenarnya beberapa bagian di dalamnya tidak jauh berbeda dengan skripsi manajemen. Sampai sekarang, mungkin tidak sedikit orang yang masih bingung tentang bagaimana cara membuat makalah. Terlebih lagi mereka bingung kira-kira apa saja struktur di dalamm makalah tersebut.

Untuk membantu mempermudah anda memahaminya, kali ini kami akan menjelaskan lengkap tentang bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar. Informasi yang kami berikan di bawah ini akan membantu anda dalam memahami setiap struktur dalam makalah tersebut isinya tentang apa. Ok, langsung saja simka penjelasan di bawah ini.

Pengertian Makalah

Makalah merupakan sebuah karya ilmiah yang membahas tentang suatu permasalahan atau isu tertentu. Terkadang ketika seseorang selesai membuat makalah, maka dia akan diminta untuk membacakannya atau bahkan menyidangkannya. Ada juga makalah yang ketika selesai, maka harus diterbitkan. Ada juga yang mendefinisikan makalah sebagai sebuah karya ilmiah yang disusun secara sistematis yang dianalisa secara objektif dan rasional.

Memang di dalam pengerjaannya, makalah harus dibuat secara objektif. Penulis atua pembuat makalah tidak boleh memberikan informasi secara subjektif karena hal ini bisa berpengaruh terhadap ke-validan dari makalah tersebut. Dikarenakan penulisan makalah harus sistematis, maka pasti ada bagian-bagiannya tersendiri yang harus anda pahami sebelum anda membuat sebuah makalah.

Jenis Makalah

  • Makalah ilmiah, merupakan makalah yang di dalamnya membahas permasalahan atau isu secara ilmiah. Isi dari makalah ilmiah tidak boleh bersifat subjektif, melainkan harus objektif.
  • Makalah kerja, makalah yang satu ini didapatkan setelah melakukan penelitian. Jenis makalah yang satu ini memungkinkan penulis memberikan pendapatnya terkait makalah yang dibuatnya.
  • Makalah kajian, isinya tentang cara-cara di dalam pemecahan suatu masaah yang sifatnya kontroversial.
  • Makalah posisi, dibuat berdasarkan permintaan pihak tertentu. Fungsinya sebagai alternatif terhadap pemecahan masalah.
  • Makalah analisis, isinya tentang analisis terhadap suatu masalah tertentu dan dibuat secara objektif serta empiris.
  • Makalah tanggapan, biasanya dibuat atas permintaan guru atau dosen.¬† Isinya berkaitan dengan reaksi terhadap suatu masalah yang sedang terjadi.

Struktur Makalah yang Baik dan Benar

Di bawah ini merupakan cara membuat makalah yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan:

1. Cover

Cover merupakan bagian paling depan di dalam sebuah makalah maupaun karya ilmiah. Cover merupakan sampul yang di dalamnya terdapat logo, identitas dari penulis, tempat, maupun tahun terbit. Bagi anda yang hendak menulis cover, pastikan penulisannya menggunakan rata tengah. Hal ini bermaksud agar cover tersusun secara rapi.

Untuk contoh cover yang benar adalah seperti di bawah ini:

Cover

Cover

2. Kata Pengantar

Setelah cover, maka halaman bagian selanjutnya adalah kata pengantar. Bagian ini juga wajib ada di dalam karya ilmiah anda. Di dalamnya memuat informasi tentang rasa syukur serta ucapan terima kasih. Selain itu, tujuan dari kata pengantar yang anda buat yakni untuk memberikan gambaran secara umum mengenai makalah yang anda buat tersebut. Ada beberapa cara di dalam penulisan karya ilmiah.

Akan tetapi, ada beberapa kata pengantar makalah yang sering digunakan yang juga bisa referensi anda. Di dalam kata pengantar ini, nanti anda akan menemukan adanya pembukaan, isi, serta penutup.

3. Daftar Isi

Halaman selanjutnya yakni daftar isi yang mana di dalamya membuat informasi tentang halaman dari makalah anda. Lalu apa tujuan menulis daftar isi? Tujuannya untuk mempermudah pembaca ketika mereka ingin mengetahui informasi tertentu. Di dalam daftar isi biasanya anda menemukan bab maupun sub bab. Anda bisa mengetahui ada di halaman berapa bab maupun sub bab tersebut.

Untuk contoh daftar isi yang benar bisa anda simak di bawah ini:

Daftar Isi

Daftar Isi

4. Pendahuluan

Pendahuluan biasanya terdapat 3 sub bab di dalamnya. Ketiga sub bab tersebut antara lain: latar belakang, rumusan masalah, serta tujuan.

  • Latar belakang berisi berbagai pertanyaan yang mengarah kepada makalah yang anda buat. Beberapa pertanyaann tersebut antara lain: mengapa anda membahas isu tersebut, untuk apa, dan apa yang mendorong anda ingin menyelesaikannya.
  • Sementara untuk rumusan masalah berisi pertanyaan yang akan anda jelaskan nantinya di bab pembahasan.
  • Lalu bagaimana dengan tujuan? Sesuai dengan namanya, tujuan menerangkan tujuan dari penulisan makalah tersebut.

Untuk latar belakang, rumusan masalah, serta tujuan, silahkan simak contohnya:

Latar Belakang

Latar Belakang

Rumusan Masalah

Rumusan Masalah

Tujuan

Tujuan

5. Pembahasan

Bagian ini adalah bagian terpenting di dalam sebuah karya ilmiah. Isinya tentang penjabaran atau uraian pokok dari masalah yang anda bahas. Namun perlu diingat bahwa pembahasan harus sesuai dengan latar belakang, rumusan masalah, dan juga tujuan yang sebelumnya sudah anda buat. Di dalam pembahasan biasanya mencakup seputar landasan teori, uraian, dan juga solusi dari masalah tersebut.

Pembahasan

Pembahasan

6. Penutup

Di dalam penutup, terdapat beberapa sub bab, diantaranya:

  • Kesimpulan, bagian ini memuat kesimpulan dari hasil pembahasan. Jadi, penulisannya tidak boleh terlalu panjang karena sifatnya yang bersifat rangkuman atau summary.
  • Saran, isinya tentang harapan dari penulis agar makalah yang telah diselesaikan bisa bermanfaat serta dapat diterapkan oleh para pembaca.

7. Daftar Pustaka

Bagian terakhir adalah daftar pustaka. Daftar pustaka juga merupakan bagian yang tidak kalah penting karena memuat daftar rujukan atau referensi yang anda gunakan selama ini di dalam menyusun makalah. Penulisan daftar pustaka ada ketentuannya tesendiri, baik yang anda peroleh melalui buku, majalah, koran, maupun internet.

Demikian penjelasan dari kami mengenai bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar. Membuat makalah sebenarnya tidak sulit. Hal terpenting yang harus anda ketahui adalah pastikan anda menguasai topik yang akan anda bahas. Selenjutnya, anda harus tahu setiap bagian di dalam makalah.

Leave a Reply