Tugas Siswa

Ceramah

r
Yusuf Muhammad Yuswi

    Suatu hari boing dan puad sedang jalan-jalan di sebuah kota di sumatra barat lalu berhenti di sebuah warung untuk membeli minum sambil mengobrol. 
Boing          :”Eh puad, kamu tau tidak ada tetanggaku di grebek oleh KPK gara-gara dia korupsi.”
Puad         :”Hah… masa sih, pantesan dia kaya raya.”
Boing          :”Oleh karena itu kita tidak boleh tergoda dengan harta yang berlimpah. Kalau Allah memberi rizki apa adanya                             kita harus selalu bersyukur jangan berfoya-foya.”
Puad        :”Ahhh…. kamu seperti ustad aja. Sok ceramahin aku, mending ceramah di masjid sana.”
Boing         :”Aku kalau ceramah di masjid, nanti jamaahnya pada kabur!!!”
Puad        :”Haha….. emang dia korupsi apa?”
Boing         :”Dia korupsi dana….??”
Puad        :”Dana apa? kelamaan.”
Boing         :”Dana….nti aja aku ceritain.”
Puad        :”Hufft…… cape deh, aku udah penasaran lo tadi.”  
Boing         :”Ya maap, aku juga gak tau dia korupsi apa e.”   

Puad dan Boing pun melanjutkan jalan-jalannya di kota Sumatra barat.

 

Struktur Teks

Abstrak :  Suatu hari boing dan puad sedang jalan-jalan di sebuah kota di sumatra barat lalu berhenti di sebuah warung untuk membeli minum sambil mengobrol.

Orientasi : Boing          :”Eh puad, kamu tau tidak ada tetanggaku di grebek oleh KPK gara-gara dia korupsi.”

Puad         :”Hah… masa sih, pantesan dia kaya raya.”
Boing          :”Oleh karena itu kita tidak boleh tergoda dengan harta yang berlimpah. Kalau Allah memberi rizki apa adanya                             kita harus selalu bersyukur jangan berfoya-foya.”

Krisis : Puad        :”Ahhh…. kamu seperti ustad aja. Sok ceramahin aku, mending ceramah di masjid sana.”

Boing         :”Aku kalau ceramah di masjid, nanti jamaahnya pada kabur!!!”

Reaksi : Boing         :”Dia korupsi dana….??”

Puad        :”Dana apa? kelamaan.”
Boing         :”Dana….nti aja aku ceritain.”
Puad        :”Hufft…… cape deh, aku udah penasaran lo tadi.”  

Koda : Puad dan Boing pun melanjutkan jalan-jalannya di kota Sumatra barat.

Tentang Penulis

Yusuf Muhammad Yuswi

Yusuf Muhammad Yuswi

Tinggalkan Komentar