Teknologi

Cerita Foto Peluncuran Xiaomi Mi A1 di India – Ponselmu.com

1505188048_cerita-foto-peluncuran-xiaomi-mi-a1-di-india-ponselmu-com.jpg
Arias Bell
Ditulis Oleh Arias Bell

Tepat seminggu lalu (5/9) Xiaomi memperkenalkan ponsel Android One, Mi A1, di India. Bersama dengan puluhan undangan dari berbagai negara, penulis alias HSW berkesempatan menghadiri langsung acara tersebut. Ulasan singkatnya bisa dibaca tautan berikut, sedangkan cerita fotonya dapat disimak di halaman ini.

***

Menanti registrasi dibuka.

Usai registrasi, undangan akan mendapatkan tanda pengenal yang harus dikalungkan di dan selembar tiket yang menunjukkan lokasi duduk.

Untuk menuju ballroom, tamu undangan akan melewati lorong galeri foto. Foto-foto yang dipajang adalah hasil jepretan kamera ponsel Xiaomi.

Tiba di ballroom.

Inilah penampakan sebagian Mi Fans India yang diundang menghadiri acara peluncuran Mi A1. Mereka tak segan-segan bertepuk tangan saat narasumber menyampaikan informasi yang dianggap menarik. Namun, menurut HSW, Mi Fans India kalah ekspresif dibandingkan Mi Fans Indonesia saat berpartisipasi dalam peluncuran Redmi Note 4 dan Redmi 4X di Jakarta, April lalu.

Tulisan yang tercetak di kaos unik nih.

Manu Kumar Jain, Managing Director Xiaomi India, membuka acara sekaligus menyampaikan fakta menarik tentang Xiaomi di India. Salah satunya, 22 ribu unit ponsel Xiaomi setiap hari terjual di India.

Ya, 22 ribu unit. Setiap hari!

Penguasaan pasar Xiaomi di India berada di urutan kedua setelah Samsung. Apakah yang sama dan berbeda dengan Indonesia? Samsung sama-sama menjadi pemimpin pasar. Kalau di India market share Vivo lebih besar daripada Oppo, di Indonesia sebaliknya. Di negara kita, Xiaomi masih belum mampu menduduki peringkat kedua.

Dibandingkan semester pertama tahun lalu, dalam setahun Xiaomi di India bertumbuh 328 persen. Wow!

Di pasar online, Xiaomi menjadi jawara di India. Total penguasaan Xiaomi masih lebih besar daripada penguasaan pasar grup Lenovo + Samsung + Apple + Huawei.

Bingung dengan penulisan Lenovo Group+? Itu merupakan hasil penggabungan antara ponsel bermerek Lenovo, Motorola, dan ZUK.

Di pasar offline penjualan Xiaomi tak kalah menawan. Kata Manu, pada rentang waktu Januari sampai Juli tahun ini, pertumbuhannya mencapai sepuluh kali lipat.

Dua ponsel terlaris di India kebetulan bermerek Xiaomi. Urutan ketiga baru Samsung.

Dalam dua tahun mendatang ditargetkan beroperasi seratus gerai Mi Home di India. Seperti apa penampakan Mi Home di India? Fotonya ada di bagian bawah halaman ini.

Bila Donovan Sung, Direktur Manajemen Produk dan Pemasaran Xiaomi Global, telah naik ke atas panggung, berarti segera ada pengumuman produk baru.

Benar. Tanpa banyak berbasa-basi ia mengumumkan kehadiran Mi A1, ponsel Android One pertama Xiaomi.

Selain stock Android yang dipakai, inilah tiga nilai jual utama Mi A1. Ponsel itu dibekali layar 5,5 inci full HD dengan Corning Gorilla Glass.

Kamera utamanya berlensa ganda ala Xiaomi Mi 6 yang lebih dulu diluncurkan.

Satu lensa sudut lebar 26 milimeter, satu lagi lensa tele 50 milimeter.

Resolusinya sama-sama 12 megapiksel. Eaaa… dibandingkan dengan iPhone 7 Plus.

Giliran petinggi Google naik ke atas panggung.

Filosofi dasar Android One.

Sekarang Mi A1 menggunakan sistem operasi Android 7.1.2 Nougat. Jon memastikan tahun ini akan tersedia update ke Android O. Mi A1 sekaligus menjadi deretan ponsel pertama yang kelak bisa menikmati Android P.

Di India Mi A1 dijual mulai hari ini, 12 September 2017, dengan harga INR 14.999 atau sekitar Rp 3,1 juta.

Mi A1 akan dipasarkan ke banyak negara. Inilah daftarnya. Perhatikan kolom paling kiri. Indonesia tercantum di sana.

Kelinci Xiaomi akrab banget dengan si Robot Ijo. 🙂

Mi Fans India yang hadir dan ingin mencoba Mi A1 dipersilakan menuju ke experience zone. Antre yang tertib ya.

Pernak-pernik yang dibagikan kepada undangan. Stiker, gantungan kunci, dan hiasan magnet untuk kulkas. Apakah kegunaan benda imut di tengah atas itu? Ada yang bisa memberitahu HSW?

Sesi tanya jawab dengan Donovan Sung dan Jon Gold. Saat itu Donovan mengungkapkan Mi A1 akan hadir resmi di Indonesia pada bulan ini. Di bulan yang sama, tetapi mungkin berbeda tanggal, Mi A1 juga diluncurkan di Malaysia dan Vietnam.

Kelar sesi wawancara, eh… ada oleh-oleh Mi A1. Setiap orang dapat satu unit.

Mumpung masih fresh from the oven, hari itu pukul 23.30 waktu India alias pukul 24.00 waktu Jakarta/Surabaya HSW melakukan live streaming unboxing.

Panitia menawarkan kunjungan ke Mi Home Delhi kepada tamu undangan yang berminat. HSW langsung menyatakan ikut. “Penasaran ingin tahu apakah sama dengan Mi Home di Beijing. Kalau ada barang-barang lucu bisa sekalian dibeli,” kata HSW kepada beberapa rekan.

Mi Home yang dikunjungi berada di Ambience Mall. Gerai itu baru diresmikan 19 Agustus lalu. Ternyata, lebih kecil dibandingkan dua Mi Home berbeda yang pernah HSW kunjungi di Beijing, Tiongkok.

Sampai jumpa pada 20 September 2017 di Jakarta. Kalau belum tahu, hari itu Xiaomi Mi A1 akan resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia.

Source link

قالب وردپرس

Tentang Penulis

Arias Bell

Arias Bell

Tinggalkan Komentar