Tugas Siswa

CERPEN BUNGA KEMUNING

Winter
Febri Mayona
Ditulis Oleh febri mayona

CERPEN BUNGA KEMUNING

   Pada suatu kerajaan hiduplah seseorang raja dan ke-10 putrinya yang cantik-cantik. Ke-10 purinya tersebut dinamai dengan nama warna.Putri sulung bernama Jambon,dan adik-adiknya bernama Jingga,Nila,Hijau,Ungu,Kelabu,Biru,Oranye,Merah merona dan yang bungsu bernama Putri Kuning.Karena istri raja sudah meninggal semenjak melahirkan si Purti Kuning,ke-9 putri-putrinya pun menjadi nakal dan sangat manja kecuali putri kuning yang ramah dan baik hati.

   Pada suatu hari sang raja hendak pergi jauh,raja pun mengumpulkan ke-10 putri nya untuk bertanya apa yang ia mau ketika ayah nya sudah pulang nantinya.Ke-9 putrinya meminta hadiah yang mahal-mahal,sedangkan putri kuning hanya meminta agar ayahnya pulang dengan selamat.Ke-9 putrinya pun mencemoohkan putri kuning.

   Sepulang dari kepergian raja ,ia pun memberi sebuah kalung batu hijau kepada putri kuning,ke-9 putri nya pun cemburu terhadap si putri kuning hingga disuatu hari ketika itu ke-9 putrinya memukul kepala putri kuning hingga ia meninggal.Tanpa sepengetahuan orang di istana,ke-9 putrinya menguburkan putri kuning.Mengetahui putri kuning hilang raja pun mencari nya,namun tak membuahkan hasil.

   Suatu hari tumbuhlah sebuah tanaman diatas kuburan putri kuning.Karena tanaman itu Nampak seperti putri kuning,maka sang raja menamainya bunga kemuning.

Tentang Penulis

Febri Mayona

febri mayona

Tinggalkan Komentar