Contoh Makalah yang Benar Sesuai Strukturnya

Bindonline.c0m РSedang mencari contoh makalah yang benar? Makalah termasuk salah satu dari sekian banyak karya ilmiah. Makalah biasanya dibuat oleh siswa ketika mereka SMA atau juga sudah kuliah. Di dalam makalah, anda bisa melihat ada suatu hal atau isu tertentu yang dibahas secara ilmiah. Makalah juga terkadang digunakan sebagai salah satu tugas kelompok yang harus diselesaikan oleh siswa maupun mahasiswa yang harus diselesaikan sebagai tugas akhir.

Selain dibuat oleh siswa atau mahasiswa, terkadang makalah juga merupakan tugas yang harus dibuat oleh pejabat, dosen, maupun pejabat pemerintahan lainnya. Membuat makalah pun cukup mudah asalkan anda memahami dan menguasai isu yang akan anda bahas. Untuk semakin membantu anda dalam mengerjakan makalah, berikut ini kammi akan memberikan contoh makalah yang benar yang dapat anda pakai sebagai bahan referensi.

Pengertian Makalah

Makalah merupakan karya ilmiah yang di dalamnya membahas tentang topik tertentu. Sama halnya dengan skripsi manajemen, makalah juga harus dibuat secara sistematis dengan memperhatikan setiap aturan yang ada. Untuk struktur makalah sebenarnya juga ada kemiripan dengan skripsi. Misalnya anda akan menemukan cover, kata pengantar, latar belakang, dan masih banyak yang lainnya.

Dalam membuat makalah, penulis harus benar-benar menguasai topik yang akan dibahasnya. Selain itu, penulis juga harus mengetahui struktur yang ada pada makalah yang akan dibuatnya. Dengan begitu, makalah yang dihasilkan nantinya akan sesuai dengan ketentuan.

Contoh Susuann Makalah yang Benar

Seperti yang sudah kami terangkan bahwa penulis harus mengetahui susunan atau struktur penulisan makalah. Untuk membantu anda di dalam memahami setiap strukturnya, berikut ini kami akan memberikan penjelasannya kepada anda.

1. Cover

Cover juga dinamakan sebagai sampul yang letaknya di bagian paling awal makalah. Di dalam cover biasanya terdapat judul makalah, nama penulis, gelar, nama fakultas, nama sekolah, dan lain-lain. Dari sampul ini pembaca juga bisa langsung tahu apakah judul makalah yang anda buat benar-benar menarik atau tidak. Maka dari itu, anda harus bisa membuat judul makalah semenarik mungkin agar pembaca antusias membaca makalah anda.

Untuk contoh cover makalah yang benar silahkan anda perhatikan di bawah ini:

Cover

Cover

2. Daftar Isi

Setelah sampul, bagian kedua yang akan anda temukan adalah daftar isi. Daftar isi merupakan kumpulan bab dan sub bab lengkap dengan nomor halamannya. Apakah perlu untuk mencantumkan daftar pustaka? Tentu saja. Bagian inilah yang nanti akan mempermudah pembaca untuk mengetahui lokasi bab maupun sub bab yang akan mereka baca.

Selain itu, di dalam daftar isi juga terdapat gambar, tabel, atau juga daftar lampiran. Maka dari itu, penting untuk mencatumkan daftar isi di dalam makalah yang anda buat. Dengan begitu, pembaca tidak harus mencari bagian yang mereka ingin baca terlalu lama. Mereka hanya perlu melihat halamannya yang tersedia di daftar pustaka.

Daftar Isi

Daftar Isi

3. Kata Pengantar

Selain daftar isi, kata pengantar juga merupakan bagian karya ilmiah yang tidak boleh diabaikan. Mengapa? Karena di dalam kata pengantar, anda harus menjelaskan secara singkat tentang makalah yang sudah anda buat. Dari makalah ini pun pembaca bisa mendapatkan gambaran sekilas tentang topik yang sedang anda tulis.

Jadi, pembaca bisa mengetahui arah pembahasan terhadap isu atau topik yang anda bahas. Kata pengantar juga di dalamnya berisi rasa syukur serta terima kasih anda terhadap semua orang yang sudah membantu dalam menyelesaikan makalah anda tersebut. Untuk contoh tentang kata pengantar bisa anda simak di bawah ini:

4. Pendahuluan

Bagian keempat adalah pendahuluan atau Bab I. Lalu apa isi pendahuluan? Isinya seputar pembahasan awal tentang topik atau isu pada makalah. Pendahuluan dibuat dengan berdasarkan pandangan dari penulis. Namun perlu diingat bahwa pendahuluan tidak perlu anda tulis terlalu luas, melainkan hanya mencakup luarnya saja. Meskipun begitu, pembahasannya tetap harus sesuai dengan esensi dari makalah anda.

5. Latar Belakang

Sebenarnya di dalam pendahuluan, terdapat tiga hal yang harus anda. Ketiganya tersebut antara lain: latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan. Terkadang juga perlu ditambahkan manfaat penelitian. Berkaitan dengan latar belakang, bagian ini menerangkan tentang permasalahan yang anda temukan. Anda juga menjelaskan mengapa perlu untuk melakukan penelitian tersebut. Latar belakang harus anda tulis secara jelas dan detail dengan memberikan penjelasan umum yang dapat dipahami.

6. Rumusan Masalah

Rumusan masalah berkaitan dengan pokok permasalahan yang anda temukan. Rumusan masalah harus ditulis secara singkat. Biasanya ditulis per poin berupa pertanyaan-pertanyaan. Perlu diperhatikan bahwa rumusan masalah yang anda buat ini nanti harus sesuai dengan isi dan juga kesimpulan makalah.

7. Tujuan

Sub bab ini merupakan poin terakhir dari Bab I atau Pendahuluan. Tujuan merupakan jawaban dari rumusan masalah. Maka dari  itu, antara rumusan masalah dengan tujuan merupakan dua hal yang tidak bisa dilepaskan. Jadi, pastikan anda mencantumkan kedua sub bab ini.

Pendahuluan

Pendahuluan

8. Isi

Jika pendahuluan merupakan Bab I, maka isi merupakan Bab II. Isinya tentang pembahasan dari topik atau permasalahan yang anda temukan. Bagian ini juga menerangkan metode, kapan anda melakukan penelitian tersebut, dimana, sasarannya, dan masih banyak yang lainnya. Termasuk data yang anda temukan pun juga harus anda tulis di bagian ini.

Penulisan Bab II yang baik adalah dengan menulisnya menggunakan paragraf yang menjorok. Kemudain enter digunakan sebagai jeda dan juga pengganti paragraf. Bagian inilah yang harus anda tulis selengkap-lengkapnya sesuai dengan kondisi lapangan.

9. Penutupan

Di dalam bab terakhir ini nanti terdapat dua sub bab, yakni kesimpulan dan saran. Kesimpulan merupakan pembahasan secara umum tentang hasil penelitian. Sementara saran merupakan bagian yang isinya tentang permintaan penulis agar pembaca mau memberikan masukannya.

10. Daftar Pustaka

Untuk membuat contoh makalah yang benar, jangan lupa mencantumkan daftar pustaka. Isinya berkenaan dengan sumber yang anda pakai selama membuat makalah tersebut, baik ketika anda mendapatkan sumbernya dari buku, jurnal, maupun internet. Penulisannya pun ada aturannya sendiri dengan menyesuaikan sumber yang anda dapatkan.

Daftar Pustaka

Daftar Pustaka

 

 

 

 

Leave a Reply