Teknologi

Google Resmi Perkenalkan Android 8.0 Oreo

Android 8.0 Oreo

Google akhirnya memperkenalkan secara resmi versi terbaru dari sistem operasi Android yaitu Android 8.0 Oreo. Sistem operasi yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Android O tersebut diperkenalkan berbarengan dengan momen gerhana matahari total di Amerika Serikat pada Senin (21/8) malam lalu.

Menjadi penerus Android 7.0 Nougat, Android 8.0 Oreo ini memiliki fokus perbaikan dan peningkatan pada sisi daya tahan baterai yang diklaim akan lebih hemat dengan mematikan beberapa aplikasi dan layanan yang tidak diperlukan saat smartphone tidak digunakan. Selain itu, tentu saja terdapat perbaikan dari sisi keamanan untuk melindungi pengguna dari serangan malware.

Beberapa fitur baru lainnya antara lain fitur picture-in-picture untuk menunjang multitasking dengan menjalankan satu aplikasi pada jendela kecil di atas aplikasi lainnya, serta fitur notifikasi yang lebih ditingkatkan.

Google menyatakan, Android 8.0 Oreo saat ini sedang melalui proses pengetesan pada sejumlah varian smartphonenya seperti Nexus 5P, Nexus 6P, Pixel, dan Pixel XL. Rencananya Android 8.0 Oreo akan tersedia secara resmi pada akhir tahun 2017 ini, kemungkinan berbarengan dengan smartphone Pixel terbaru.

Produsen-produsen pihak ketiga seperti Samsung, LG, HTC, Huawei, dan yang lainnya juga kemungkinan akan menghadirkan update Android 8.0 Oreo ini untuk sejumlah varian smartphonenya pada akhir 2017 mendatang.

Tanggapan Kamu

komentar

قالب وردپرس

Tentang Penulis

Albert Aprillio

albert aprillio

Tinggalkan Komentar