Ingin Lolos Similarity Turnitin Secara Ampuh? Lakukan Ini!

Bindonline.com –¬†Bagaimana cara agar tulisanmu bisa lolos similarity turnitin? Membuat sebuah karya tulis wajib tidak boleh menjiplak karya orang lain. Melakukan penjiplakan atau plagiat merupakan tindakan yang sangat dilarang. Jangan sampai kamu melakukan tindakan ini. Terlebih lagi kamu melakukannya secara sengaja hanya karena ingin menyelesaikan tugasmu dalam waktu singkat.

Selain itu, keaslian sebuah teks merupakan syarat utama yang wajib dipenuhi para penulis dan peneliti. Jangan sampai penelitian atau hasil karya mereka malah terindikasi melakukan plagiarisme. Maka dari itu, penting untuk benar-benar memahami hal tersebut.

Pengertian Turnitin

Lolos similarity turnitin dan berhasil

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara agar bisa lolos dari similarity turnitin, kamu perlu tahu pengertian turnitin. Turnitin emrupakan sebuah layanan skrining untuk mengecek tingkat plagiasi sebuah tulisan. Ini merupakan software yang dikembangkan iParadigsm bagi para guru serta institusi di dunai pendidikan yang mana sebelumnya lebih populer dengan nama Plagiarism.org.

Turnitin memberikan layanan secara komersial. Pengguna yang ingin menggunakan jasa turnitin harus melakukan pendaftaran atau registrasi terlebih dahulu. Kamu bisa mengirimkan tulisanmu ke layanan ini untuk mengetahui seperti apa hasilnya. Apakah tulisan tersebut memang murni hasil pemikiranmu sendiri atau malah hasil pemikiran orang lain namun kam menuangkannya dalam tulisanmu.

Sistem akan membandingkan tulisan tersebut dengan konten yang ada di sebuah website. Turnitin memiliki database yang besar sehingga proses pengecekannya kemungkinan besar akurat. Jadi kamu tidak perlu ragu untuk memutuskan apakah sebuah karya yang kamu cek tersebut memang asli karangan penulis atau asal mengambil di internet.

Bagaimana Sistem Kerja Turnitin?

Lolos similarity turnitin dengan memahami cara kerjanya

Kamu juga harus tahu seperti apa sistem kerjanya sehingga akan lebih mudah membuat karyamu lolos similarity turnitin. Sebenarnya, turnitin bekerja dengan cara yang sama seperti halnya website plagiarism checker yang lainya. Sistem turnitin akan melakukan pencarian dan pengecekan antara tulisanmu dengan berbagai sumber yang ada di internet.

Melalui turnitin, kamu akan melihat apakah ada frasa yang cocok dengan sumber lainnya. Jika terdeteksi, maka kamu harus mengubahnya agar tulisanmu bisa lolos dari turnitin. Maka dari itu, berikut ini kami sudah memiliki solusi yang bisa kamu terapkan.

Cara Membuat Tulisan Lolos Similarity Turnitin

Cara Membuat Tulisan Lolos Similarity Turnitin

Di bawah ini kami sudah menyiapkan beberapa cara untuk membua tulisanmu tidak terdeteksi similarity turnitin. Cara yang kami berikan ini terbukti ampuh sehingga ketika kamu mengerjakan makalah teks observasi, maka tulisanmu tidak sampai terdeteksi sebagai plagiat.

1. Lolos Similarity Turnitin dengan Menggunakan Sinonim

Perlu kamu tahu bahwa turnitin akan menggunakan kata yang sesuai di dalam kalimat. Kemudian dari sini akan ketahuan apakah memang kata tersebut berasal dari sumber atau website lain atau tidak. Namun sebenarnya kamu masih bisa lolos dari turnitin dengan menggunakan persamaan kata alias sinonim.

Cara ini terbilang umum dan sudah banyak yang menggunakannya. Misalnya di kalimat sebelumnya “kamu bisa menipu robot Turnitin dengan cara menggunakan persamaan kata pada kata kunci di dalam kalimat”. Kemudian kamu bisa menggantinya menjadi “kamu bisa menipu algoritma Turnitin dengan cara menggunakan persamaan kata pada kata kunci di dalam kalimat”.

Memang sangat sederhana karena kamu cukup bermain kata di sini. Namun cara yang sederhana inilah yang bisa menolong tulisanmu agar tidak terdeteksi similarity turnitin.

2. Mengubah Urutan Kata

Cara kedua yang juga terbukti efektif terhindar dari turnitin adalah dengan mengubah urutan kata pada sebuah kalimat. Terutama pada kalimat yang mempunyai daftar. Dengan menerapkan cara ini, tulisanmu pun akan lolos dari turnitin.

Contohnya seperti pada kalimat “Drama Shakespeare yang terbaik yaitu The Tempest, Machbeth, Hamlet, Othello, serta Romeo and Juliet”. Kamu bisa mengatur urutan katanya menjadi “Drama Shakespeare yang terbaik yaitu Othello, Hamlet, Romeo and Juliet, Machbeth, dan Hamlet”. Seperti yang bisa kamu lihat bahwa kamu cukup mengubah urutannya saja,

Namun dengan hanya mengubah urutan tersebut, tulisanmu bisa lolos dari turnitin. Cara ini memang sangat mudah dan tulisanmu pun aman dari turnitin. Tidak sulit menggunakan cara ini dan bahkan lebih mudah dari cara yang pertama.

3. Menukar Huruf

Lolos similarity turnitin dengan menukar huruf

Cara lolos similarity turnitin juga bisa dengan menukar huruf. Di sini kamu cukup mengubah maupun mengganti huruf yang ada pada sebuah kata dengan bahasa yang lainnya. Contohnya, dari pada harus menuli “rumah”, kamu bisa menggantinya dengan “Rumah”. Hanya mengganti satu huruf saja sudah efektif menipu turnitin dan tulisanmu pun akan aman.

Cara ini bisa menjadi pilihan ketika kamu ingin menulis paper kuliah. Sederhana namun memberikan hasil yang memuaskan untuk membuat turnitin tidak menyadari tulisanmu. Namun ingat, tidak semua huruf bisa kamu tukar. Kamu bisa mengeceknya sendiri mana kata yang memang hurufnya bisa kamu tukar atau tidak. Jika tidak bisa, kamu masih bisa menggunakan cara yang lainnya.

4. Memperbanyak Gambar

Memperbanyak gambar ternyata bisa untuk membuat tulisanmu tidak terdeteksi similarity turnitin. Kamu bisa menambahkan beberapa gambar misalnya peta, grafik, diagram lingkaran, dan sebagainya. Ini merupakan opsi lain yang bisa kamu coba agar nanti tulisanmu aman.

Nanti kamu tinggal mengombinasikan antara teks dengan gambar. Namun perlu kamu perhatikan bahwa pastikan memang tulisanmu membutuhkan gambar. Jangan hanya sekadar menambahkan gambar sementara pada tulisanmu sendiri memang tidak membutuhkan gambar. Selain itu, memperbanyak gambar sebenarnya tidak benar-benar efektif.

Kamu malah perlu menulis banyak paragraf. Dengan  begitu, turnitin tidak bisa mengenali tulisanmu dan mendeteksinya sebagai plagiarisme. Jadi, gunakan cara yang keempat ini ketika tulisanmu memang perlu ada gambar.

5. Parafrase

Cara lainnya yang juga tidak kalah efektif adalah dengan melakukan parafrase. Perlu kamu tahu bahwa turnitin bekerja dengan cara mengidentifikasi sebuah bagian atau kontruksi yang sama. Namun turnitin tidak dibuat untuk melihat mana saja konten yang diprafrasekan. Itu artinya, metode ini efektif untuk membuat tulisanmu aman dari turnitin.

Akan tetapi, perlu juga harus tahu bahwa parfrase merupakan metode yang memerlukan waktu lama. Kamu harus melakukan parafrasa terhadap setiap kalimat yang ada. Misalnya kamu sedang mengambil sumber untuk mengerjakan artikel ilmiah, kamu bisa melakukan parafrase jika memang dirasa perlu.

Namun ingat, metode parafrase mungkin membuat beberapa orang kesulitan. Apalagi jika orang tersebut memang belum pernah melakukan parafrase atau menulis ulang sebuah kalimat dengan bahasanya sendiri. Bagi mereka yang sudah paham cara melakukan parafrase, metode ini benar-benar akan efektif.

6. Menggunakan Website Parafrase

Cara lolos similarity turnitin yang keenam adalah dengan bantuan website parafrase. Sebenarnya untuk cara yang satu ini merupakan solusi jika kamu kesulitan melakukan parafrase menggunakan bahasamu sendiri. Kamu bisa memanfaatkan situs yang yang bisa kamu akses secara gratis.

Kamu cukup mengunjungi website tersebut. Setelah itu, masukkan teks ayng akan kamu parafrase. Setelah itu, website tersebut akan otomatis menjalankan pekerjaannya. Di sini kamu cukup menunggu sampai proses parafrase berhasil.

Demikian informasi tentang bagaimana cara agar lolos dari similarity tirnitin. Kamu bisa mulai menerapkan cara-cara yang telah kami jelaskan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply