Lain-Lain

Ini Trik Membuat Curriculum Vitae Menjadi 1 Halaman!

091af4afe271a8e9dfee47c8e21b29cc.jpg
Admin
Ditulis Oleh

Setelah sekian tahun berkarier di sebuah perusahaan, mungkin Moms mulai merasakan ingin keluar dari ‘zona nyaman’ dan mencari tempat berkarier lain. Tentu banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melamar ke perusahaan yang ingin Anda tuju. Salah satunya, membuat CV (Curriculum Vitae) yang menarik.

 

Nah, perlu Moms tahu, tidak sedikit perusahaan yang hanya ingin menerima CV (Curicculum Vitae) sepanjang 1 halaman. Meski Anda merasa sudah pas dengan 2 halaman, kebanyakan perusahaan akan melewatkan halaman ke-2 atau bahkan secara gamblang meminta pelamar untuk mengirimkan 1 halaman saja dengan membatasi kapasitas file yang dapat diunggah. Karena memotong halaman bukan hal mudah, ikuti kiat yang dikutip dari The Muse berikut ini.

 

  1. Kurangi Margin

Memberi jarak 1 inci dari tepi kertas memang tampak rapih. Namun, menerapkannya pada setiap sisi kertas sama saja dengan membuang ruang. Sebaiknya kurangi margin pada sisi atas, bawah serta tepi kiri dan kanan menjadi setengah inci agar Anda memiliki ruang lebih untuk menambah informasi tanpa menghilangkan sepenuhnya jarak antara kertas dan tulisan.

 

  1. Menggabungkan Informasi

Jika ingin memendekkan halaman CV, pastikan Anda hanya memiliki 4 segmen informasi. Cobalah untuk menggabungkan informasi yang masih relevan ke dalam 1 bagian. Misalnya, menggabungkan informasi minat dan keahlian menjadi 1, dibandingkan memisahkkannya.

 

  1. Memaksimalkan Baris

Anda dapat menghemat halaman dengan memaksimalkan informasi yang diberikan dalam setiap baris. Dibandingkan menempatkan informasi IPK ke dalam baris baru, sebaiknya tempatkan dalam 1 baris yang sama dengan informasi mengenai gelar dan tahun lulus. Cara ini juga dapat diterapkan untuk informasi mengenai alamat, email dan nomor handphone.

 

  1. Atur Line Spacing

Terdapat jarak antar baris jika Anda membuat CV dengan menggunakan Microsoft Word. Anda dapat memperpendek jarak ini dengan memilih single spacing dalam pengaturan paragraf atau memilih remove space between pada icon line spacing.

 

  1. Utamakan Informasi Relevan

Meski sangat tidak disarankan untuk mengurangi informasi pada CV, terkadang Anda harus tetap melakukannya. Saat menghadapi situasi ini, utamakan informasi yang relevan dengan pekerjaan yang hendak dilamar dan dapat membuat CV lebih menarik dibandingkan pelamar lain. (Claudia Carla/HH/Dok. Freepik.com)

loading…

loading…

Source link

قالب وردپرس

Tentang Penulis

Admin

Memastiksn Bindoline berjalan lancar

Tinggalkan Komentar