Teknologi

iPhone X, Nama Baru iPhone 8?

Salah satu hal yang membuat penasaran para pengguna setia produk Apple adalah apakah Apple tetap akan menggunakan angka pada iPhone terbarunya. Sebelumnya, beredar kabar bahwa iPhone terbaru ini akan dinamai iPhone 8, lalu iPhone Pro, dan lalu menjadi iPhone 8 kembali. Banyak juga pihak yang akhirnya menduga bahwa namnya akan menjadi menjadi iPhone Edition.

Namun, berdasarkan kabar terbaru yang didapat dari salah satu pengembang aplikasi iOS, produk terbaru Apple ini kemungkinan besar akan dinamai iPhone X. Pertanyaannya kini, kenapa harus iPhone X? Sejauh ini belum ada yang bisa menjawabnya kecuali Apple. Namun, para pengamat dan pengguna setia iPhone menduga bahwa penamaan ini karena produk terbaru Apple ini diluncurkan pada tahun 2017, sepuluh tahun setelah Apple meluncurkan iPhone pertamanya.

Jadi, nama X menurut dugaan merupakan semacam peringatan telah sepuluh tahun sudah iPhone hadir di dunia. Hal ini juga diperkuat oleh menghilangnya nama X dari MacOS Sierra, sehingga tidak akan ada lagi konflik nama dengan sistem operasi komputer desktop. Selain itu, banyak orang beranggapan bahwa penggunaan kode X pada sebuah produk tentunya akan membuat produk tersebut terlihat keren.

Namun demikian, banyak juga yang beranggapan bahwa selain merilis iPhone X, Apple juga akan merilis iPhone 8 dan 8 Plus. Jadi Apple tidak akan meninggalkan konvensi penggunaan angka pada iPhone. iPhone X mungkin akan dijadikan produk edisi khusus seperti halnya iPhone SE atau iPhone C.

Nah kini pertanyaan yang lebih penting, bagaiman tampilan iPhone X nantinya?

iPhone X konon akan memiliki desain tanpa bezel (bezel-less). Produk ini kemungkinan besar akan memiliki desain all-screen, dengan celah sempit di bagian atas sebagai wadah kamera dan sensor. Produk ini kemungkinan juga akan memiliki layar 5,8 inci tapi dengan form factor yang lebih kecil dari iPhone 7 Plus.

Dengan layar yang cukup besar, tombol home tentunya akan hilang. Padahal ini yang merupakan ciri khas iPhone. Namun, layout produk ini konon masih sama dengan produk sebelumnya, dengan penempatan tombol power di sebelah kanan (yang mungkin akan lebih panjang dibandingkan yang ada di iPhone seri 7) serta tombol volume di sebelah kiri.

Ini masih ditambah dengan keberadaan dual camera di bagian belakang. Namun demikian, kamera ini kemungkinan besar akan ditempatkan secara vertikal di bagian kiri atas alih-alih dipasang secara horizontal.

iPhone X juga diperkirakan akan menggunakan layar berbasis OLED. Ini diklaim akan kecerahan yang lebih baik dibandingkan layar backlit LCD. Pada aneka produk berbasis OLED, tampilan memang terlihat lebih cerah dan tajam, dengan kontras yang sangat baik.

Konsumsi daya baterai juga diklaim lebih irit jika menggunakan OLED. Namun salah satu kelemahaanya adalah, jumlah pasokan OLED yang tidak sebesar LCD. Pasalnya, layar OLED lebih sulit dibuat. Namun demikian, belum ada yang bisa memastikan apakah semua ini akan ditemukan pada iPhone terbaru. Jadi, mari kita tunggu saja tanggal 12 September saat iPhone terbaru ini akan diumumkan Apple.

 

Tanggapan Kamu

komentar

قالب وردپرس

Tentang Penulis

Albert Aprillio

albert aprillio

Tinggalkan Komentar