Teknologi

KASKUS & Opini.id Raih The Spark Awards di Singapura

Dua perusahaan Indonesia belum lama ini meraih The Spark Awards di Singapura. The Spark Awards sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Marketing Magazine Singapore (bagian dari Lighthouse Independent Media) yang ditujukan untuk mengukur keberhasilan inovasi, efektifitas dan value proposition yang diberikan oleh media, publisher dan perusahaan teknologi periklanan kepada klien, pemasang iklan dan agensinya.

Dalam acara ini, dua perusahaan Indonesia dari GDP Venture, Opini.id dan KASKUS, berhasil meraih penghargaan yang digelar pada pertengahan Agustus 2017 lalu di Intercontinental Hotel, Singapura. Opini.id berhasil meraih penghargaan untuk kategori The Best Creative Team melalui karya video “Gugatan Para Jomblo” dan KASKUS berhasil meraih Best Programme Promotion untuk program “Sundul Eropa” (dibuat untuk mendukung aktivitas marketing SuperSoccer selama liga EURO 2016).

Video “Gugatan Para Jomblo” sendiri dibuat dalam rangka turut memeriahkan pemilihan kepala daerah Jakarta yang sedang berkompetisi membuat berbagai macam program andalan untuk masyarakat Jakarta. Pada saat itu, konten di media sosial yang berkaitan dengan pilkada Jakarta sempat memanas. Pasalnya, partisipan dari kedua belah pihak cukup gigih membela calon gubernur pilihan masing-masing lewat posting ataupun comment yang dilontarkan.

Ini membuat perbedaan pendapat yang memicu perseteruan. Untuk meredam suasana yang mulai tidak kondusif, Opini.id berinisiatif membuat konten video “Gugatan Para Jomblo” yang menceritakan curahan hati para jomblo yang ingin dibuatkan program khusus untuk mendapatkan pasangan oleh kedua calon gubernur DKI. Video “Gugatan Para Jomblo” ini disebarkan lewat Facebook dengan tujuan dapat mencairkan suasana yang memanas di media sosial.

Menurut GDP Venture, video ini lalu menjadi viral dan mencairkan suasana. Video ini bahkan mendapatkan tanggapan dari kedua calon gubernur DKI yang juga disampaikan lewat bentuk video dan juga disebarkan di media sosial.

Sementara KASKUS mendapatkan penghargaan dengan kategori Best Programme Promotion lewat program yang diberi nama “Sundul Eropa”. Program ini dibuat untuk membantu SuperSoccer menaikkan brand awareness dan menguatkan positioning dari produknya yaitu sebagai portal pertandingan sepak bola dunia terbesar di Indonesia.

Portal ini tidak saja menyiarkan pertandingan secara langsung tapi juga sebagai penyedia updates dan highlights dari pertandingan sepak bola dunia. Untuk mewujudkan tujuan ini, KASKUS membuat program tebak skor yang disiarkan melalui fitur SocialTV KASKUS. Ini membuat para Kaskuser dapat menikmati pertandingan sepak bola sambil melakukan aktivitas tebak skor selama pertandingan EURO2016.

Menurut GDP Venture, penghargaan ini sudah memasuki tahun keempat dan diikuti oleh sekitar 300 peserta dari berbagai negara Asia Tenggara, Asia Selatan dan New Zealand untuk memperebutkan 30 kategori.

 

Tanggapan Kamu

komentar

قالب وردپرس

Tentang Penulis

Albert Aprillio

albert aprillio

Tinggalkan Komentar