Tugas Siswa

Kesetrika

kyuhyun_swing_super_junior_m__png__by_littleangel3006-d7atevl
Novia Dwi Rahmawati
Ditulis Oleh Novia Dwi Rahmawati

  Disiang hari yang panas, ada seorang pria datang kerumah sakit dengan kedua telinganya yang terkena luka bakar, Dokter : “Kenapa telinga anda” Pasien : “Begini dok, tadi saya sedang menyetrika pakaian saya, nah waktu saya sedang menyetrika, tiba-tiba telepon bordering, karena reflek, seketika itu seketrika yang saya pegang saya tempelkan ditelinga kanan saya dok.”  Dokter: “ Ooo.. saya paham keluhan anda, terus telinga yang satunya lagi kenapa ? Pasien : “ Lah itu dok si bego itu nelpon lagi“

Bagian-bagian struktur dari cerita Teks Anekdot ( Kesetrika ) adalah

Menurut saya bagian abstrak berisi ( Disiang hari yang panas ). Karena kalimat didalam nya berfungsi memberi gambaran.

Menurut saya bagian orientasi berisi ( Seorang pria datang kerumah sakit dengan kedua telinganya yang terkena luka bakar ). Karena didalamnya menunjukkan awal kejadian cerita dan latar belakang bagaimana peristiwa terjadi.

Menurut saya bagian krisis berisi ( Pasien : “Begini dok, tadi saya sedang menyetrika pakaian saya, nah waktu saya sedang menyetrika, tiba-tiba telepon bordering, karena reflek, seketika itu seketrika yang saya pegang saya tempelkan ditelinga kanan saya dok ). Karena didalamnya menjelaskan hal atau masalah yang unik yang tidak biasa terjadi.

Menurut saya bagian reaksi berisi ( “ Ooo.. saya paham keluhan anda, terus telinga yang satunya lagi kenapa ? ). Karena didalamnya berisi penyelesaian masalah.

Menurut saya bagian koda berisi (Lah itu dok si bego itu nelpon lagi. ). Karena didalamnya terdapat simpulan kejadian atau pengajaran.

Ciri-ciri bahasa yang retdapat pada teks diatas adalah

1.  Menggunakan kalimat yang bermakna sindiran.

2. Menggunakan kalimat konjungsi.

3. Mengandung pembelajaran.

 

X IIS 2

Tentang Penulis

Novia Dwi Rahmawati

Novia Dwi Rahmawati

Tinggalkan Komentar