Teknologi

Kominfo Resmi Buka Blokir Telegram

Telegram

Setelah beberapa waktu yang lalu sempat diblokir, kemarin (10/8) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengumumkan pembukaan pemblokiran Telegram.

Pencabutan pemblokiran tersebut membuat sebelas domain situs milik Telegram yang sebelumnya sempat diblokir kini bisa diakses kembali.

“Hari ini situs Telegram dibuka kembali. Masyarakat bisa memanfaatkannya seperti semula,” kata Rudiantara, seperti dikutip dari Kompas Tekno.

Pembukaan pemblokiran situs-situs Telegram tersebut dilakukan setelah pihak Telegram dan Kominfo mencapai kesepatakan bersama dalam beberapa hal.

Hal yang pertama adalah Telegram akan membuat government channel khusus untuk mempermudah komunikasi dengan Kominfo. Selain itu, Kominfo juga mendapatkan otoritas sebagai trusted flagger untuk akun dan kanal yang dianggap mencurigakan dan membahayakan dalam Telegram.

Lalu, Kominfo juga meminta perwakilan Telegram yang ditempatkan di Indonesia. Perwakilan tersebut akan menjadi sarana komunikasi untuk menerima pengaduan dan berbagai kebutuhan di Indonesia.

“Kami harap kerja sama antara Kominfo dengan Telegram juga bisa berlaku dengan platform-platform lainnya,” kata Rudiantara.

Tanggapan Kamu

komentar

قالب وردپرس

Tentang Penulis

Albert Aprillio

albert aprillio

Tinggalkan Komentar