Teknologi

Linux Bantu Efisienkan TI | PCplus Online

Pentingnya pemilihan platform server yang tepat menjadi perhatian ESET. Yudhi Kukuh (Technical Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia) menuturkan bahwa server adalah jantung kehidupan bagi keamanan sistem perusahaan. “Fungsi utamanya sebagai manajemen kontrol yang mengelola, mengawasi kinerja sistem keamanan menjadikannya sebagai obyek vital dalam perusahaan,” ujarnya.

Karena itu menurut Yudhi, pemilihan platform menjadi krusial, karena ini merupakan elemen mendasar dalam sebuah komputer. Yudhi menambahkan bahwa jika kita membandingkan satu platform dengan platform lain, Linux adalah yang paling direkomendasikan, karena memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki platform lain.

Yudhi menyatakan bahwa server yang mengemban tugas sebagai pengelola sistem keamanan seperti antivirus, firewall, dan enkripsi harus memiliki induk semang (host) dengan kerentanan seminim mungkin untuk mengurangi peluang ancaman yang masuk. Kriteria ini menurut Yudhi sangat sesuai dengan Linux yang memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:

  • hemat biaya: anggaran (budget) minim menjadi alasan utama kenapa banyak perusahaan memilih Linux. Karena Linux berbasis open source, pengguna tidak perlu membayar lisensi untuk setiap komputer server yang dipasangi Linux. Bisa dibayangkan berapa besar penghematan yang didapatkan perusahaan jika menggunakan Linux sebagai platform.
  • sekuriti: Linux memiliki kerentanan yang minimal terhadap virus. Yudhi menyatakan bahwa faktanya Linux juga kurang populer dan karena itu tidak menarik perhatian. Namun selain itu, Linux lebih aman pada intinya, karena berbasis open source, bila ada ancaman atau kerentanan, komunitasnya dapat merespons dan memperbaikinya segera. Namun Yudhi menyatakan bahwa ini tidak bisa diartikan Linux bebas virus karena pada kenyataannya virus yang menyerang Linux tetap ada.
  • stabilitas: memiliki keseimbangan dalam daya tahan dan kemampuan proses yang tinggi serta masih dapat dikembangkan
  • hardware: Linux memiliki persyaratan yang jauh lebih rendah dalam penggunaan hardware sehingga dapat berjalan pada komputer dengan spesifikasi rendah dengan tanpa masalah sama sekali.


Telah dilihat sebanyak
131

Tanggapan Kamu

komentar

قالب وردپرس

Tentang Penulis

Albert Aprillio

albert aprillio

Tinggalkan Komentar