Tugas Siswa

Manfaat Koperasi Sekolah

IMG_20161121_184837
Rusda Ulfa
Ditulis Oleh Rusda Ulfa

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. 

       Alhamdulillah, alhamdulillahi rabbil alamin, wassolatu wassalamu ala asyrafil ambiyai wal mursalin,  waala alihi waashabihi rosulillahi ajmain. 

Yang pertama dan terutama sekali,  marilah sama-sama kita panjatkan puja puji beriringkan kata syukur kita atas kehadirat Allah SWT,  yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita semua,  sehingga kita dapat berkumpul di lokal X IIS 1 yang kita cintai ini. 

     Sholawat beriringkan salam, tak lupa pula kita hadiahkan kepada pucuk pimpinan umat sedunia, yang bergelarkan Al-Amin, dan bertitilkan Habibullah, parik panji kota mekah wal madinah, intan berlian di dalam surga, yakninya Baginda Rasulullah SAW.

          Yang  terhormat, Ibu kepala sekolah SMA Negri 1 Lubuk Alung, yang saya hormati Bapak/Ibu majelis guru beserta staf. Seterusnya kakak-kakak dan teman-teman yang saya sayangi.

       Baiklah,  sebelum masuk kemateri,  saya mau bertanya dulu kepada hadirin, apakah hadirin mengetahui apa itu koperasi sekolah?, saya rasa para hadirin mengetahuinya. 

      Baik lah,   koperasi sekolah adalah koperasi yang didirikan di sekolah,dimana anggotanya terdiri dari siswa/siswi sekolah tersebut.

        Koperasi siswa menyediakan berbagai kebutuhan siswa mulai dari makanan,  pakaian, sampai dengan kebutuhan alat tulis. 

      Adapun manfaat koprasi siswa ialah:

        • Koperasi siswa dapat membuat siswa mengenali dunia bisnis. 

Sebab, dengan adanya koperasi sekolah, para siswa akan mulai mengenal secara nyata tentang dunia bisnis. Diantaranya ialah cara mengelola persediaan barang dagang, mengelola keuangan, melayani pelanggan, dan sebagainya.

        • Selain itu,  koperasi sekolah juga dapat melatih kedisiplinan siswa, dan tanggung jawab. 

Karena dalam koperasi siswa biasanya ada iuran wajib yang harus di bayar oleh para anggota,  dari hal sederhana akan menimbulkan sikap disiplin dalam anggota.

Misalnya, pada posisi sekretaris akan bertanggung jawab dalam pencatatan dan administrasi, sedangkan posisi bendahara memiliki tanggung jawab dalam pengelolaan keuangan, dan sebagainya.

        • Melatih kemampuan dan sikap untuk saling bekerja sama. 

Dalam  koperasi sekolah, para pengurus dan anggota diharapkan bisa saling bekerja sama untuk memajukan koperasi. Hal ini sangat bermanfaat dalam melatih kemampuan kerja sama tim bagi para siswa.

         • Belajar mengelola suatu usaha. 

Bagi para siswa, mengelola koperasi memang bukan hal mudah. Namun, hal ini sebagai pembelajaran dalam pengelolaan sebuah usaha bagi siswa.

Seperti kita ketahui dalam belajar berwirausaha tidaklah cukup hanya dengan belajar melalui teori, tapi juga dibutuhkan praktik secara langsung agar seseorang dapat memahami bagaimana suka duka dalam mengelola usaha.

 

          Demikian manfaan koperasi dari saya,  hanya itu yang dapat saya sampaikan, terlebih dan terkurangnya saya minta maaf,  wabillahi taufik wal hidayah,  wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

 

         

 

 

 

 

 

Tentang Penulis

Rusda Ulfa

Rusda Ulfa

Tinggalkan Komentar