Tugas Siswa

Menganalisis Anekdot 2

unnamed (7)
Fadhli Fathoni
Ditulis Oleh Fadhli Fathoni
“KEBERSIHAN LINGKUNGAN”
Suatu hari ada seorang petugas kebersihan yang sedang menyapu di pinggir jalan sekitar pasar. Lalu tiba-tiba sebuah mobil melaju dan melemparkan sebuah sampah dari jendela mobilnya. Si petugas kebersihanpun langsung menghentikan aktifitasnya sejenak dan berteriak dengan agak kesal ke mobil tersebut …
”Woiii! jangan buang sampah sembarangan dong, hargai dong pekerjaan saya!”
Lalu tanpa diduga mobil tersebut berhenti, dan keluarlah seseorang memakai baju berdasi dan sangat rapi kemudian si petugas kebersihanpun menghampiri orang itu
 “ Pak, bisa nggak sih buang sampah nggak dijalan, emang bapak tidak lihat saya susah payah membersihkannya “ kata si petugas kebersihan dengan kesal.
 Lalu pria tersebut menjawab “Maaf pak, sebenarnya saya tadi tidak sengaja”
“Udah ketahuan, masih berusaha ngeles aja” balas petugas kebersihan
“Begini deh pak, ini buat bapa” sambil mengeluarkan uang didalam dompetnya
“Lain kali jangan seperti itu pak”Gumam si petugas kebersihan sambil mengambil uang tersebut.
Si petugas kebersihanpun akhirnya meninggalkan dan melanjutkan aktifitasnya kembali.
Analisis struktur anekdot
Abstraksi : Suatu hari ada seorang petugas kebersihan yang sedang menyapu di pinggir jalan sekitar pasar.
Orientasi : Lalu tiba-tiba sebuah mobil melaju dan melemparkan sebuah sampah dari jendela mobilnya.
Krisis : Ada seseorang yang memakai mobil membuang sampah sembarang dijalan.
Reaksi : Seorang pembersih jalan menegur orang yang membuang sampah sembarangan itu.
Koda : Si petugas kebersihanpun akhirnya meninggalkan dan melanjutkan aktifitasnya kembali
 
Ciri Kebahagiaan
 
1.Menggunakan waktu lampau, seperti : Suatu hari
 
2.Menggunakan kata sambung (konjungsi) waktu, seperti : dan, akhirnya, dll.
 
3.Menggunakan kata kerja, seperti: menyapu, melempar, menegur, dll.
 
  • 4.Menggunakan kalimat perintah, seperti: Woi jangan buang sampah sembarangan dong! ,dll

Tentang Penulis

Fadhli Fathoni

Fadhli Fathoni

Tinggalkan Komentar