Tugas Siswa

menganalisis teks anekdot

gambar emoticon
SELVIRA SAFITRI
Ditulis Oleh SELVIRA SAFITRI

              SBI(Sekolah bertatarif internasional)

Suatu ketika di sebuah sekolah negeri “Entah Dimana”,seorang guru memberi tahu kepada muridnya bah wa sekolah mereka akan berubah status maenjadi SBI.”Anak -anak,ada kabar gembira untuk kita semua ,sebentar lagi sekolah kita akan berubah status menjadi sekolah SBI(sekolah bertaraf internasional.Nah, untuk menyambut hal ini ,saya mau tanya  apa yang akan kalian siapkan?Tanya guru.”Joni ,apa yang akaan kamu lakukan untu menyambut hal ini?”Tanya guru lebih lanjut.Dengan sigapsi Joni pun m,enjawabpertanyaan guru’Belajar bahasa inggris agar mampu berbicara bahasa inggris bu ” jawab Joni.”Bagu sekali.Kalau kamu Jono ?tanya guru kepada Jono.”Haru siapkan uang ,bu,”Jawab Jono.”Lho kok uang?’Tanya guru lebih lanjut.’Ya bu.Soalnya  kalau sekolah kita statusnya sudah SBI ,pasti bayarnya lebih mahal.Masa sih bayarnya masih sama kayak sekolah biasa?Udah gitu ,pasti nanti di minta iuran untuk ini irtu.”Jelas  jono lebih lanjut.”Jawabanmu kok sinis sekali?Begin lho,kalau sekolah kita bertaraf internasional artinaya sekolah kita seperti sdi luar negeri.Jadi, kalian  seperti sekolah di luar negeri.Sang guru melanjutkan penjelasannya.”Tapi buk,kalau menurut saya ,SBI itu bukan sekolah bertaraf internasional,tapi sekolah bertarif internasional.’Jono melanjutkan penjelasannya.Akhirnya ib guru tersebut kebingungan membalas kata Jono dan langsung  melanjutkan ke materi selanjutnya.Sebagai informasdi tambahan,SBI sekarang ini sudah di bubarkan oleh MK.            

                    Menganalisis

1.Abstrak: suatu ketika di sebuah sekolah negeri ‘Entah Dimana”,seorang ibu guru memberi tahu kepada anak didiknya bahwa sekolah mereka akan berubah status.Alasan saya karena bagian di atas memberikan gambaran tentang isi teks.

2.Orientasi: tidak lama lagi sekolah kita akan menjadi sekolah SBI.Nah,untuk menyambut hal ini,saya mau tanya apa yang kalian siapkan?. Alasan saya karena bagian di atas memberikan atau menunjukkan bagian awal kejadian tersebut dan latar belakang bagaimana peristiwa tersebut terjadi.

3.Krisis:Jono apa yang akan kamu siapkan untuk menyambut hal ini?Harus siapkan uang buk.lho kok uang,tanya guru lebih lanjut.Soalnya kalau sekolah kita statusnya sudah SBI pasti bayarnya lebih mahal.Alasannya karena bagian tersebut menunjukkan hal hal yang unik,misalnya “kalau sekolah kita statusnya sudah sbi pasti bayarnya mahal.

4.Reaksi:begini lho, kalau sekolahnya statusnya sudah SBI sekolah kita seperti sekolah di luar negeri.Tapi buk, SBI itu menurut saya adalah sekolah bertarif internasional.Alasan saya karena bagian tersebut menjelaskan bahwa tokoh dalam cerita tersebut sudah mulai menyelesaikan masalah dalam cerita tersebut.

5.Koda:akhirnya ibu guru tersebt kebingungan untuk menjawab kata kata Jono tersebut dan materi pelajaran dilanjutkan.Alasan saya karena bagian tersebut menun jukkan bagian akhir dari cerita tersebut.

                  CIRI-CIRI KEBAHASAAN

1.Kalau menurut saya sekolah SBI itu bukansekolah bertaraf internasional,tapi sekolah bertarif intenasional.Kalimat tersebut termasuk kalimat bermakna sindiran karena menjelaskan bahwa sekolah sekarang berbayar alias mahal.

2.Soalnya kalau sekolah kita statusnya asudah SBI,pasti bayarnya lebih mahal . Masa sih sama kayak sekolah biasa.Kalimat tersebut termasuk bermakna sindiran karena menyindir bahwa sekolah sekarang yang ngakunya bagus minta dana buat bayar ini itu lah.

            Koplak Calon anggota MPR

Dua orang kader parpol,sebut saja namanya Pailul dan Paijo sama sama  mencalonkan diri sebagai anggota MPR.Setelah menyerahkan berkas berkasnya  ke KPU, keduanya terlihat mengobrol bersama.”Jika nanti terpilih apa yang akan kamu lakukan,tanya Pailul. Dengan mantap Paijo menjawab, akan memperjuangkan aspirasi rakyat , karena rakyat telah menitipkan aspirasinya kepada saya .So, sebagai wakil rakyat kita harus menjaga amanah yang teah dititpkan kepada kita ,menciptakan masyarakat yang adil , makmur , sejahtera dan berketuhanan.Pailul mungut mungut tak jelas,dan bertanya bagaimana pendapatmu terhadap korupsi?.Korupsi adalah tindakan yang tidak bermoral,seandainya aku jadi duduk di senayan kelak aku akan membuat UUD hukuman mati bagi yang korupsi.Mendengar jawaban tersebut Pailul tertawa ,”Kau ini mau jadi anggota majelis permusyawaratan atau majelis ta’alim.

                     MENGANALISIS

1.Abstrak:dua orang kader parpol ,sebut saja namanya Pailul dan Paijo sedan mencalonkan diri  sebagai anggota MPR.Alasan saya karena bagian tersebut terletak di bagian awal,dan memberikan penjelasan tentang isi teks.

2.Orientasi:Mereka terlihat berbincang bincang bersama .”Jika nanti kamu nanati akan terpilih apa  yang akan kamu lakukan,tanya Pailul.Dengan mantap Paijo menjawab akan memperjuangkan aspirasi rakyat, karena rakyat telah menitipkan aspirasinya kepada saya.Alasan saya karena bagian tersebut menggambarkan ,menunjukkan dan latar belang bagaimana peristiwa tersebut terjadi.

3.Krisis: sebagai wakil rakyat kita harus menjaga amanah yang telah dititipkan kepada kita.Dan menciptakan masyarakat yang adil, sejahtera ,dan berketuhanan.Alasan saya karena menunjukkan hal yang unik dalam teks tersebut.

4.Reaksi: Bagaimana pendapatmu tentang korupsi? Korupsi merupakan tindakan yang tidak bermoral,seandainya aku duduk di senayan nanti,aku akan menghukum mati para koruptor.Alasan saya karena bagian tersebut menjelaskan bahwa orang yang diceritakan telah menyelesaikan masalahnya.

5.Koda:mendengar jawabannya,Pailul tertawa,”Kau ini mau jadi anggota mpr atau mau jadi majelis ta’lim.

                    Anekdot buatan sendiri

                    UUD(Ujung-Ujungnya Duit)

  Disebuah kelas ada seorang guru yang sedang  belajar kewarganegaraan.Pada awalnya kelas tenang tenang sajakarena semua murid sibu mendengarkan penjelasan guru.Ketika sesi tanya jawab tiba,guru tersebut bertanya apa  kepanjangan dari UUD? tanya guru tersebut kepada murid- muridnya.Lalu seorang siswa bernama Jono menjawab, UUD itu kepanjangannya adalah Undang Undang Dasar,buk.Bagaimana murid murd ,apakah benar jawaban dari Jono? Semua murid menjawab benar ,kecuali Udin  yan mengatakan jawaban Jono itu salah.Kenapa kamu katakan jawaban Jono itu salah?.Menurut saya UUD itu kepanjangannya adalah ujung ujungnya duit, karena  apa apa di  dunia ini semmuanya pakai uang.Tiba tiba waktu bel pulang berbunyi, murid murid bersiap untuk pulang, berdoa, dan setelah itu pulang.

Tentang Penulis

SELVIRA SAFITRI

SELVIRA SAFITRI

Tinggalkan Komentar