Tugas Siswa

Mengonversi Teks Eksposisi

hh
Nugrah Alfiani
Ditulis Oleh Nugrah Alfiani

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

imagesTIDAK PENTINGNYA MENABUNG

ASSALAMU’ALAIKUM WR.WB

Alhamdulillah,Alhamdulillah hirabbil ‘alamin wasalatu wasalamu ‘ala asrafil ambiya il warmusalim wa’ala alihi awashabihi rasulillahi ajma’in.

Segala uji dan syukur marilah kita ucapkan terhadap ke hadirat ALLAH SWT yang mana, yang tela melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita semua, sehingga kita dapat hadir di sekolah yang kita cintai ini.

Salawat beserta salam marilah kita hadiahkan kepada parit panji kota madinah, intan belian di taman syurga, ayah bagi si yatim, penolong bagi si miskin, pemimpin kota madani, pejuang reformasi sejati yakninya Habibullah Mustafa MUHAMMAD SAW yang telah membawa kita dari zaman kegelapan sampai ke zaman terang-menerang seperti yang kita rasakan pada saaat ini.

Baiklah,tanpa memperpanjangkan muqadimah,pada saat ini saya akan menyampaikan pidato saya yang berjudul “ TIDAK PENTINGNYA MENABUNG “

Menabung adalah salah satu cara untuk menyimpan uang. Dengan kita menabung, kita bisa mendapatkan barang yang kita inginkan. Menabung bisa di lakukan melalui bank ataupun disimpan sendiri. Tapi taukah anda bahwasanya menabung merupakan proses memperlambat  kita memperoleh barang yang diinginkan. Jika kita menabung, maka kita memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan uang yang kita inginkan.

Contohnya, jika kita ingin membeli sebuah sepatu atau tas. Sehingga jika harga sepatu atau tas  yang kita inginkan itu tinggi, maka kita harus menabung dalam waktu yang lumayan lama. Dan dalam rentang waktu kita menabung, kiranya sepatu atau tas yang kita inginkan itu sudah habis terjual. Lalu bagaimana perasaan kita? Pasti setelah itu kita akan merasa bahwa kita menabung selama ini sia-sia, dalam arti lain kita merasa kecewa dan putus asa.

Saudara-saudari sekalian, pada saat ini hidup pada zaman yang modern. Zaman yang sudah canggih. Sehingga di zaman modern ini kita mendapatkan kemudahan untuk membeli barang yang kita inginkan walaupun uang kita tidak cukup.

Pada saat sekarang ini, sudah ada kredit. Jika kita ingin membeli mobil atau motor dan kita tidak memiliki cukup uang, maka kita bisa membayarnya dengan kredit. Dengan hanya membayar uang dp yang tidak terlalu tinggi, maka kita dapat membawa mobil atau motor yng kita inginkan pulang. Dan kia hanya membayar cicilan tiap bulannya.

Begitu juga dalam bidang pendidikan, sekarang pemerintah sudah mempersiapkan kartu Indonesia Pintar. Dengan adanya kartu Indonesia pintar ini, kita dapat bersekolah dan menyelesaikan kewajiban kita sebagai pelajar dan menggapai cita-cita. Sehingga kita tidak memiliki alasan untuk tidak bersekolah.

Begitu juga dalam bidang kesehatan, pemerintah sudah menyiapkan kartu BPJS untuk kita. Dengan adanya karut ini, kita dapat berobat ke rumah sakit dan menikmati fasilitas yang ada walaupun kita tidak memiliki uang. Sehingga jika kita sakit maka kita tidak akan khawatir dengan biaya nya karna kita sudah memiliki kartu BPJS.

Ada beberapa cara untuk hidup hemat tanpa perlu menabung :

Ø  Pengendalian diri

Pengendalian diri tidak hanya soal bagaimana mengatur nafsu lapar mata. Namun juga mengatur masa depan dengan berbagai kegiatan yang sebetulnya sangat penting

Ø  Prioritas: kebutuhan dan keinginan

Ø  Pengeluaran < pendapatan

Kita tidak diperkenankan untuk mengeluarkan uang demi kepentingan yang sifatnya sebuah keinginan bukan keperluan

Ø  Fasilitas berlibur murah

Setiap orang pasti membutuhkan rekreasi untuk refreshing dari kepenatan bekerja. Akan tetapi kita harus memperhatikan pengeluarannya. Tidak harus tempat berlibur yang mewah, karna hanya dengan krasa kebersamaan dari orang terdekat kita itu sudah cukup.

 

 

Tentang Penulis

Nugrah Alfiani

Nugrah Alfiani

Tinggalkan Komentar