Tugas Siswa

Mengonversi Teks Eksposisi Ke Bentuk Pidato Tentang Pentingnya Menabung Dari Iney Pive Frisky X Mipa 7

6211684
Iney Pive frisky
Ditulis Oleh iney pive frisky

Mengonfersi Teks Eksposisi  ke Bentuk Pidato

Pidato

Pentingnya Menabung

Assalamualaikum Wr Wb.

Alhamdulillahillazi ahdana lihaza wamakunna linahtadiya lalla’anhadanallah, asyhaduallailahaillallah wahdahula syarikala waasyhaduanna muhammadan abduhu warasulu, lanabi ya ba’da, amma ba’du.

Puji syukur kita ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat dan karunia nya kepada kita, sehingga kita bisa hadir di sekolah yang kita cintai ini.

Salawat beriring salam tak lupa pula kita kirimkan kepada pucuk pimpinan umat islam sedunia yakninya nabi Muhammad SAW. yang telah membawa umatnya dari alam jahiliyah kea lam islamiyah seperti yang kita rasakan pada saat ini.

Yang terhormat ibu kepala sekolah SMA Negeri 1 Lubuk Alung. Yang saya hormati Bapak/Ibu majelis guru beserta staf. Seterusnya kakak-kakak dan teman-teman yang saya sayangi.

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato saya yang berjudul “Pentingnya Menabung”

Hadist riwayat Bukhari mengatakan “…Rasulullah SAW. pernah membeli kurma dari Bani Nadhir dan menyimpannya untuk perbekalan setahun untuk keluarga…”. Hadist ini secara tersurat mengatakan bahwa nabi Muhammad SAW pernah menabung. Banyak orang tua yang mengajarkan anaknya untuk menabung, karna menabung sangat memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat menabung diantaranya adalah

1. Kita bisa belajar menjadi seseorang yang hemat karena kita harus menyisihkan sebagian uang kita sehingga uang yang kita gunakan untuk belanja sedikit berkurang, dan sisanya bisa lita tabung. Tentu lama kelamaan kita akan memetik hasil.

2. Kita memiliki uang di saat-saat penting. Menabung adalah cara mengantisipasi keadaan dimana kita benar-benar butuh uang untuk keperluan yang sangat mendesak.

3. Menghindari kita dari hutang. Dengan menghutang, kita akan dikenakan bunga yang tentunya akan merugikan.

“Sesungguhnya, ketika seseorang dililit hutang, jika berbicara ia akan berdusta, dan jika ia berjanji ia akan mengingkari” (HR. Bukhari:2397, Muslim:1353, Abu Dawud:880, An-nasa’i:1309, Ahmad:24578)

Dari hadist tadi, jelas islam menganjurkan umatnya untuk tidak berhutang, karna sebagian orang yang berhutang banyak yang mengingkari janjinya . selain itu, hutang menjadi haram bila telah ada niat untuk tidak membayarnya.

4. Kita juga belajar mengatur keuangan, karena menabung tanpa disertai manajemen keuangan yang baik tentu tidak akan berjalan dengan baik. Oleh karna itu, jika kita sudah terbiasa menabung dari kecil, maka saat dewasa kita tidak akan sulit untuk mengatur keuangan kita.

5. Melatih kita untuk hidup sederhana karna tentunya dengan menabung kita tidak akan boros. Karna itu kita tidak akan menghambur-hamburkan uang untuk membeli barang-barang yang tidak penting.

6.  Dibutuhkan disiplin yang tinggi karna tanggung jawab dan konsistensi yang tinggi sangat penting dalam menabung. Banyak dari kita yang menyerah dan memakai uang tersebut untuk barang-barang yang tidak benar-benar kita butuhkan.

7. Melatih diri untuk sabar, karna butuh waktu yang cukup lama untuk menabung. Seperti kata pepatah “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”

Zaman sekarang, menabung juga memiliki banyak cara, seperti menabung di celengan, jika kita hanya ingin menabung di rumah. Kita juga dapat menabung di bank, jika ingin tabungan kita lebih aman. Menabung di bank juga bisa mendapatkan kartu ATM untuk mempermudah kita jika memerlukan uang. Menabung juga bisa dilakukan di sekolah, seperti menabung dengan guru, atau bendahara kelas. Nah, cara lain menabung juga bisa dilakukan dengan investasi. Investasi adalah penanaman modal berupa barang-barang. Namun, investasi akan membawa resiko keuangan jika investasi tersebut gagal.

Jadi, manfaat menabung itu sangatlah banyak, kita tinggal membiasakan diri saja untuk berhemat, membeli sesuatu menurut kebutuhan, bukan keinginan, dan menyisihkan sebagian uang untuk ditabungkan. Disini saya menghimbau kakak-kakak dan teman-teman untuk mulai menabung. Jika bukan sekarang, lalu kapan lagi? Belajarlah berhemat agar suatu saat nanti kita tidak akan kesulitan untuk menghadapi berbagai macam kondisi ekonomi.

Demikianlah pidato saya pada hari ini, semoga kita bisa mengambil hikmah dari apa yang telah saya sampaikan tadi. Akhir kata, saya akhiri dengan Wabillahitaufik walhidayah, Wassalamualaikum Wr Wb.

Tentang Penulis

Iney Pive frisky

iney pive frisky

Tinggalkan Komentar