Tugas Siswa

Mengonversi Teks Eksposisi ke Dalam Pidato “Pentingnya Menabung”

menabung
Hanif Alfattah
Ditulis Oleh Hanif Alfattah

Pentingnya Menabung

Assalamualaikum Wr. Wb

Alhamdulillah, Alhamdulillah hirobil alamin, wassalatu wassalamu ala mursalin waala ahlihi wassabbhi rasulillah ajmain.

Pertama dan utam sekali, kita ucapkan puji syukur atas berat rahmat Allah yang telah memberikan kita kesehatan, hidup dan berkah, sehingga kita bisa berkumpul di tempat yang indah ini.

Salawat beriringkan salam tak lupa pula kita panjatkan kepada pucuk pimpinan umat Islam sedunia, yakninya Nabi Besar Muhammad SAW. yang telah membawa kita dari alam kegelapan ke alam terang benderang, dari alam tak bermoral ke alam bermoral, dari alam tak berilmu ke alam berilmu sampai saat ini.

Baiklah saya tidak memperpanjang mukadimah, saya akan berpidato tentang “Pentingnya Menabung”, baiklah saya akan membacakan pidato saya ini.

Apakah menurut kalian menabung itu penting? Tentu pentin, karena menabung itu banyak manfaatnya. Menabung adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan cara menyisihkan uang, yang berguna di masa depan kelak. Menabung juga menghindarkan kita dari berhutang. Akan tetapi hukum berhutang itu boleh (jaa-iz). Tetapi Rasulullah SAW. sangata takut berhutang dan sangat takut jika hal tersebut menjadi kebiasaan yang buruk.

Aisyah RA. pernah beriwayat bahwasanya “Dulu Rasulullah SAW.  sering berdoa di sholatnya:

“Ya Allah! sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari azab kubur, dan fitnah Al Masiih Ad-Dajjal dan dari fitnah kehidupan dan fitnah kematian Ya Allah! seungghnya aku berlindung kepadamu dari hal-hal yang menyebabkan dosa dan dari berhutang.”

Oleh karena itu hutang dapat menyebabkan hidup itu menjadi lebih sulit. Oleh karena itu waktu kecil kita sudah diajarkan untuk menabung. Dan oleh karena itu kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang manfaat dari menabung.

1) Lebih Hemat

2) Ada uang disaat yang penting

3) Menghindar diri dari berhutang

4) Melatih disiplin

5) Belajar menatur keuangan

6) Melatih hidup sederhana

7) Belajar sabar

Oleh karena itu, menabung adalah suatu hal penting yang sangat banyak manfaatnya, dengan menabung kita bisa menentukan hidup yang lebih nyaman dan tentram, dari pada harus memilih berhutang.

Sekian uraian yang saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaat bagi kita semua, mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati. Wabillahitaufiq Wallhidayah Wasalamualaikum Wr. Wb 

Tentang Penulis

Hanif Alfattah

Hanif Alfattah

Tinggalkan Komentar