Materi

Mengonversi teks eksposisi

BeautyPlus_20160513103005_save
Cindy Wulandari octo

Judul pidato  : pentingnya manajemen keuangan keluarga 

Assalamu’alaikum wr.wb

Pertama dan utama sekali, marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah swt, yang telah melimpahkan rahmatnya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di kelas yang kita cintai. Tidak lupa pula kita sampaikan salawat beriringkan salam kepada nabi besar kita yakninya Nabi Muhammad saw. Yang telah membawa kita dari zaman kebodohan hingga ke zaman banyak ilmu pengetahuan.

Baiklah saya tidak akan memperpanjang mukadimah lanjut saja ke judul pidato saya yaitu pentingnya manajemen keuangan keluarga.

Taukah teman-teman bahwa salah satu faktor penting dalam keluarga adalah keuangan. Karena setiap hal yang berhubungan dengan bidang keuangan harus diatur dengan sebaik-baiknya atau seekofesien mungkin agar berjalan dengan baik. Keseimbangan menuruf keluarga B bisa sangat berbeda dengan keluarga C. Demikian seterusnya tergantung kebutuhan yang dikeluarkan oleh masing-masing keluarga. Mengatur keuangan keluarga bukan berarti pelit ya teman-teman. Bukan berarti juga pelit membelikan makanan untuk anak-anak.

1. Buatlah Prioritas Pemgeluaran

Dengan kita membuat prioritas pengeluaran dan pemasukan yang seimbang setiap bulannya akan membuat kita tau berapa titik keseimbangan keuangan. Pemasukan yang terlalu banyak dan pengeluaran terlalu sedikit bisa dikatakan tidak seimbang. Tetapi kita bisa menyimpannya untuk kebutuhan masa mendatang, atau kebutuhan mendadak. Ketidak simbangan ini mulanya dari masalah uang,

2. Biajksana saat mengambil Utamg

Mengambil utang biasanya menjadi solusi untuk menutupi kekurangan dari pemasokan, bijaklah kalian saat mengambil utang, jangan sampai terkena jerat para rentenir yang selalu bersikap manis di awal tatapi terasa pahit saat menagih. Berutang boleh saja tetapi carilah lembaga yang terpercaya. Dengan demikian kita masih bisa menjaga keseimbangan keuangan yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

3. Bertawakal kepada Allah swt

Uang bukan segalanya, bisa mudahkarwna uang. Nah, masalah uang ini bisa dikatakan penting karena menyangkut ketenangan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Ketika memgatur keuangan keluarga, ingatlah selalu bertawakal kepada Allah swt. Sebaik-baiknya pertolongan dan rasa kedamaian berasal dari Allah swt. Keuangan keluarga itu penting tetapi lebih penting lagi adalah keimanan dan ketakwaan kita. Bedsyukur adalah kuncinya.

Sekian uraian yang saya sampaikan mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua, mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati.

Wabillahitaufiq wallidayah wassalamualaikum  wr.wb

Tentang Penulis

Cindy Wulandari octo

Cindy Wulandari octo

Tinggalkan Komentar