Materi

Pengertian dan Contoh Teks Eksplanasi

social-media-conversation
Admin
Ditulis Oleh

Teks eksplanasi  berisi penjelasan tentang keadaan sesuatu sebagai akibat dari sesuatu yang lain yang  telah terjadi sebelumnya dan menyebabkan sesuatu yang lain lagi akan terjadi kemudian.

Teks  eksplanasi  mempunyai  fungsi  sosial  untuk  menjelaskan  proses  terjadinya  sesuatu menurut prinsip sebab-akibat. Teks eksplanasi berkaitan erat dengan peristiwa alam dan peristiwa sosial. Air merupakan salah satu bentuk peristiwa alam yang dapat kita lihat dan kita amati. Siklus air bisa menyebabkan rentetan peristiwa alam seperti hujan, banjir, tanah longsor, dan kekeringan. Terlalu banyaknya pasokan air atau terlalu sedikitnya  pasokan  air  bagi  kebutuhan  manusia  juga  bisa  mengakibatkan  masalah  sosial.
Pada  pelajaran  ini,  kalian  akan  mempelajari  teks  eksplanasi  yang  membahas sosial. Pada  pelajaran  ini,  kalian  akan  mempelajari  teks  eksplanasi  yang  membahas peristiwa alam, yakni hujan, banjir, kekeringan, dan peristiwa sosial yang terjadi akibat peristiwa alam itu.

Contoh Teks Eksplanasi

Semua makhluk hidup di bumi membutuhkan air. Manusia, tumbuhan, dan hewan membutuhkan  air agar bisa hidup.  Tanaman  akan  tumbuh  subur  jika  mendapatkan  cukup air. Air merupakan sumber daya yang terbarukan dan dinamis.

Sumber utama air yang berupa hujan akan selalu datang sesuai dengan waktu atau musimnya sepanjang tahun. Wilayah Indonesia yang mempunyai musim hujan dan musim kemarau sepanjang tahun, jumlah air yang berada di suatu wilayah bergantung pada kedua musim tersebut. Pada waktu musim hujan, beberapa wilayah kadang-kadang mengalami bencana banjir dan longsor. Sebaliknya, pada waktu musim kemarau beberapa wilayah juga mengalami
bencana kekeringan.

Hujan, banjir, longsor, dan kekeringan merupakan peristiwa alam yang bisa menyebabkan terjadinya peristiwa sosial. Ketika banjir melanda suatu kawasan, penduduk yang tinggal di kawasan tersebut seringkali enggan meninggalkan rumah mereka karena mereka khawatir kehilangan harta benda. Begitu juga ketika kekeringan melanda suatu kawasan, orang cenderung mudah terpancing gesekan negatif yang dapat menimbulkan konflik sosial.

Tentang Penulis

Admin

Memastiksn Bindoline berjalan lancar

Tinggalkan Komentar