Pengertian, Fungsi, dan Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Bindonline.com – Sedang mencari contoh surat lamaran pekerjaan? Surat lamaran pekerjaan termasuk ke dalam salah satu surat resmi. Penulisannya pun harus sesuai dengan EYD apakah anda melamar pekerjaan di perusahaan kecil atau besar tetap harus menulis lamaran kerja yang baik. Surat ini merupakan surat yang di dalamnya menjelaskan informasi bahwa anda sedang membutuhkan pekerjaan. Di dalam surat ini biasanya tertutlis bahwa anda sedang melamar peekerjaan tertentu.

Ada juga yang mendefinisikan surat lamaran pekerjaan merupakan surat yag dikirimkan dari calon karyawan kepada perusahaan. Isinya adalah sebuah permintaan agar diterima bekerja di sana. Bagi anda yang sekarang bingung kira-kira seperti apa surat pekerjaan yang baik, maka anda bisa menyimak beberapa contoh surat lamaran pekerjaan yang akan kami bagikan berikut ini.

Mengenal Surat Lamaran Pekerjaan

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa surat lamaran pekerjaan merupakan sebuah surat yang di dalamnya berisi penjelasna bahwa anda ingin bekerja di perusahaan, instansi, atau institusi tertentu. Surat ini juga biasanya mencantumkan informasi tentang jabatann yang anda inginkan. Dalam menulis lamaran kerja, anda harus menulisnya dengan bahasa yang formal. Hal ini karena surat lamaran kerja termasuk surat formal. Bahkan meskipun anda melamar di tempat kerja yang kecil, namun jangan lupa bahwa anda harus menulis surat lamaran dengan baik dan benar.

Ketentuan dalam Menulis Surat Lamaran Pekerjaan

Setelah anda mengetahui pengertian dari surat ini, berikut ini kami akan memberikan informasi penting tentang bagaimana cara anda menulis surat lamaran pekerjaan tersebut. Perlu anda tahu bahwa jika anda menulis lamaran pekerjaan sesuai ketentuan, peluang anda diterima di perusahaan tersebut akan semakin besar. Sebaliknya, jika anda tidak menulis surat lamaran kerja dengan baik, kemungkinan and tidak diterima kerja di sana, sekali pun anda memiliki kemampuan yang dibutuhkan tempat kerja tersebut.

1. Perhatikan kebersihan dan kerapihan

Ketentuan pertama yang harus anda perhatikan yakni seputar kebersihan dan juga kerapian surat anda. Pastikan amplop lamaran kerja anda tidak ada coretan atau tekukan apapun yang menandakan bahwa amplop tersebut amplop bekas. Sama halnya dengan kertas yang isinya surat lamaran anda. Jangan sampai terdapat lipatan-lipatan atau bahkan sampai kusam.

Oleh sebab itu, kerapian dan kebersihan ini merupakan bagian awal yang harus anda perhatikan. Baru kemudian anda bisa mempertimbangkan hal-hal lainnya.

2. Penulisan identitas diri yang lengkap

Setiap surat lamaran pekerjaan pasti mengharuskan anda menyebutkan identitas diri anda. Di sini anda harus menyebutkannya secara lengkap, terutama identitas penting seperti nama, tanggal lahir, alamat, dan mungkin juga perlu menuliskan status perkawinan. Hal ini mungkin saja perusahaan tersebut sebelumnya memberikan persyaratan bahwa calon karyawan yang mau melamar harus belum menikah. Untuk semakin mempertegas status anda, bisa anda masukkan keterangan bahwa anda belum menikah.

Selain itu, tujuan penulisan identitas diri secara lengkap yakni mempermudah perusahaan ketika hendak melakukan sesi wawancara dengan anda. Melalui indetitas diri anda inilah perusahaan juga akan menginformasikan seputar tes dan kelulusan anda maupun informasi lainnbya.

3. Tujuan surat

Ketentuan yang ketiga dan tidak boleh anda lupakan sama sekali tentang tujuan surat. Tidak mungkin anda menulis surat tanpa mencantumkan tujuannya. Lalu anda menulis surat lamaran tersebut untuk siapa? Oleh sebab itu, contoh surat lamaran pekerjaan yang baik harus mencantumkan secara jelas tujuan surat tersebut. Biasanya, tujuan surat ditulis pada dua bagian. Pertama di tulis pada surat lamaran dan yang kedua ditulis pada amplop.

Fungsi Surat Lamaran Pekerjaan

Di bawah ini adalah beberapa fungsi yang dimiliki oleh surat lamaran pekerjaan yang harus anda ketahui.

1. Bukti tertulis pengajuan lamaran pekerjaan

Fungsi yang pertama mengapa anda harus menulis surat lamaran pekerjaan yaitu sebagai bukti tertulis atas permohonan lamaran anda. Di dalam surat lamaran pekerjaan yang anda buat pasti anda harus mencantumkan baberapa lampiran lain. Beberapa lampiran tersebut antara lain: pas foto dengan ukuran sesuai persyaratan, fotcopy KTP, melampirkan daftar riwayat hidup, dan lain sebagainya.

Selain itu, surat lamaran pekerjaan yang anda tulis pastinya akan terdapat tanda tangan. Fungsinya untuk menunjukkan bahwa surat ini memang berasal dari nama yang tertera di dalam surat tersebut.

2. Alat komunikasi

Surat lamaran pekerjaan juga berfungsi sebagai alat komunikasi. Bagian yang bertugas  menerima lamaran pekerjaan akan mengetahui dari mana lamaran tersebut berasal. Bahkan mereka bisa mengetahui latar belakang pendidikan atau pekerjaan anda ketika anda melampirkan ijazah atau bukti pengalaman kerja anda. Secara tidak langsung, apa yang anda lampirkan tersebut bisa menjadi sebuah alat komunikasi untuk kemudian surat lamaran pekerjaan anda akan diarahkan ke bagian seleksi calon karyawan.

3. Sebagai bahan pertimbangan

Sebelum seseorang diterima kerja di suatu perusahaan, instansi, dan institusi, pasti ada banyak pertimbangan. Terlebih jika tempat kerja tersebut merupakan salah satu yang terbaik dan produknya sudah terkenal sehingga penting untuk memilih yang terbaik. Maka dari itu, melalui surat lamaran pekerjaan yang anda berikan, sertakan semua bukti yang menunjukkan bahwa anda merupakan orang yang tepat.

Biasanya perusahaan akan melihat latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja anda. Kemudian perusahaan akan mempertimbangkan apakah kemampuan dan pengalaman yang anda miliki tersebut sesuai  dengan apa yang dibutuhkan perusahaan saat ini. Jadi, ketika anda hendak melampirkan file atau lampiran, pastikan apa yang anda lampirkan tersebut benar-benar sesuai dengan jabatan yang diinginkan perusahaan.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar

1. Contoh surat lamaran pekerjaan karyawan hotel

Contoh surat lamaran pekerjaan karyawan hotel

Contoh surat lamaran pekerjaan karyawan hotel

2. Contoh surat lamaran pekerjaan karyawan perusahaan

Contoh surat lamaran pekerjaan karyawan perusahaan

Contoh surat lamaran pekerjaan karyawan perusahaan

3. Contoh surat lamaran pekerjaan sesuai ketentuan

Contoh surat lamaran pekerjaan sesuai ketentuan

Contoh surat lamaran pekerjaan sesuai ketentuan

4. Contoh surat lamaran pekerjaan bagian admin

Contoh surat lamaran pekerjaan bagian admin

Contoh surat lamaran pekerjaan bagian admin

5. Contoh surat lamaran pekerjaan sebagai SPG

Contoh surat lamaran pekerjaan sebagai SPG

Contoh surat lamaran pekerjaan sebagai SPG

Demikian informasi tentang pengertian, ketentuan, fungsi, dan contoh surat lamaran pekerjaan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply