Tugas Siswa

Pentingnya Ekonomi Keluarga

index
Novia Dwi Rahmawati
Ditulis Oleh Novia Dwi Rahmawati

 

Pentingnya Ekonomi Keluarga

     Ekonomi keluarga sangatlah penting karena ini berkaitan dengan sejahtera atau tidaknya sebuah keluarga. Sejahtera atau tidaknya sebuah keluarga dapat dilihat dari pengeluaran dan pemasukan yang dialami keluarga tersebut. Jika dalam sebuah keluarga pengeluaran dan pemasukannya sama maka keluarga tersebut dapat dikatakan kehidupan ekonominya sedang. Jika sebuah keluarga pengeluarannya lebih besar dari pada pemasukannya maka keluarga tersebut dapat dikatakan jika kehidupan ekonominya rendah, begitupun sebaliknya jika sebuah keluarga pemasukannya lebih besar dari pada pengeluarannya maka keluarga tersebut dapat dikatakan kehidupan ekonominya tinggi. Tinggi, redah ataupun sedangnya pendapatan dalam sebuah keluarga dipengaruhi oleh pendidikan, pekerjaan dan keturunan.  Apabila seseorang tingkat pendidikannya tinggi maka dia akan dapatkan fasilitas yang baik untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Apabila seseorang memiliki pekerjaan yang layak dan gaji yang besar, maka kehidupan ekonominya akan sejahtera. Dan jika seseorang berasal dari keturunan kaya maka dia akan bisa mensejahterakan ekonomi keluarganya karena kebanyakan dari keturunan orang kaya memiliki pendidikan yang tinggi dan pekerjaan yang layak.

     Setiap keluarga harus memiliki perekonomian guna untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, jika ada yang mengatakan bahwa ekonomi dalam keluarga itu tidak penting yang penting hanyalah kasih sayang, maka yang mengatakan itu adalah salah besar. Jika dalam keluarga tidak ada perekonomiannya, dengan apa orang tersebut akan memenuhi kebutuhan keluarganya? Apakah dengan kasih sayang saja kebutuhan mereka datang dengan sendirinya ? Perekonomian setiap keluarga berbeda-beda, permasalah ekonomi sering terjadi kepada pasangan yang telah menikah ataupun yang menikah sudah lama. Tidak sedikit pasangan yang bercerai karena permasalah ekonomi ini, bahkan ada yang rela melakukan bunuh diri karena malu dengan utang yang ada dan tidak mampu untuk membayarnya. Setiap tahunnya tingkat perceraian dan bunuh diri karena masalah ekonomi di Indonesia selalu saja mengalami peningkatan. Masalah ini dapat dipicu karena adanya pernikahan dini, yaitu dimana kedua pihak tidak sampai menyelesaikan sekolahnya sehingga tentu saja mereka tidak mendapatkan pekerjaan yang layak dan akhirnya kehidupan ekonominya rendah.

     Ekonomi yang baik dapat kita miliki jika kita memiliki pendidikan yang tinggi guna untuk memperoleh pekerjaan yang layak, maka dari itu hendaklah kita menghidari diri dari pernikahan dini yang menyebabkan rendahnya ekonomi keluarga kita nantinya dan seringkali menjadi peretak dalam rumah tangga.

Berikut adalah struktur teks eksposisi di atas

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

MicrosoftInternetExplorer4

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin-top:0in;
mso-para-margin-right:0in;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0in;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;}
table.MsoTableGrid
{mso-style-name:”Table Grid”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-priority:59;
mso-style-unhide:no;
border:solid black 1.0pt;
mso-border-themecolor:text1;
mso-border-alt:solid black .5pt;
mso-border-themecolor:text1;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-border-insideh:.5pt solid black;
mso-border-insideh-themecolor:text1;
mso-border-insidev:.5pt solid black;
mso-border-insidev-themecolor:text1;
mso-para-margin:0in;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;}

 No

 Struktur

 Kalimat

 1

 Judul

 Pentingnya Ekonomi Keluarga

 2

 Tesis

     Ekonomi keluarga sangatlah penting karena ini berkaitan dengan sejahtera atau tidaknya sebuah keluarga. Sejahtera atau tidaknya sebuah keluarga dapat dilihat dari pengeluaran dan pemasukan yang dialami keluarga tersebut. Jika dalam sebuah keluarga pengeluaran dan pemasukannya sama maka keluarga tersebut dapat dikatakan kehidupan ekonominya sedang. Jika sebuah keluarga pengeluarannya lebih besar dari pada pemasukannya maka keluarga tersebut dapat dikatakan jika kehidupan ekonominya rendah, begitupun sebaliknya jika sebuah keluarga pemasukannya lebih besar dari pada pengeluarannya maka keluarga tersebut dapat dikatakan kehidupan ekonominya tinggi. Tinggi, redah ataupun sedangnya pendapatan dalam sebuah keluarga dipengaruhi oleh pendidikan, pekerjaan dan keturunan.  Apabila seseorang tingkat pendidikannya tinggi maka dia akan mendapatkan fasilitas yang baik untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Apabila seseorang memiliki pekerjaan yang layak dan gaji yang besar, maka kehidupan ekonominya akan sejahtera. Dan jika seseorang berasal dari keturunan kaya maka dia akan bisa mensejahterakan ekonomi keluarganya karena kebanyakan dari keturunan orang kaya memiliki pendidikan yang tinggi dan pekerjaan yang layak.

 3

 Argumen

     Setiap keluarga harus memiliki perekonomian guna untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, jika ada yang mengatakan bahwa ekonomi dalam keluarga itu tidak penting yang penting hanyalah kasih sayang, maka yang mengatakan itu adalah salah besar. Jika dalam keluarga tidak ada perekonomiannya, dengan apa orang tersebut akan memenuhi kebutuhan keluarganya? Apakah dengan kasih sayang saja kebutuhan mereka datang dengan sendirinya ? Perekonomian setiap keluarga berbeda-beda, permasalah ekonomi sering terjadi kepada pasangan yang telah menikah ataupun yang menikah sudah lama. Tidak sedikit pasangan yang bercerai karena permasalah ekonomi ini, bahkan ada yang rela melakukan bunuh diri karena malu dengan utang yang ada dan tidak mampu untuk membayarnya sehingga dia mau melakukan hal yang dilarang tersebut. Setiap tahunnya tingkat perceraian dan bunuh diri karena masalah ekonomi di Indonesia selalu saja mengalami peningkatan. Masalah ini dapat dipicu karena adanya pernikahan dini, yaitu dimana kedua pihak tidak sampai menyelesaikan sekolahnya sehingga tentu saja mereka tidak mendapatkan pekerjaan yang layak dan akhirnya kehidupan ekonominya rendah.

 4

 Penegasan Ulang

     Ekonomi yang baik dapat kita miliki jika kita memiliki pendidikan yang tinggi guna untuk memperoleh pekerjaan yang layak, maka dari itu hendaklah kita menghidari diri dari pernikahan dini yang menyebabkan rendahnya ekonomi keluarga kita nantinya dan seringkali menjadi peretak dalam rumah tangga.

        Kami memilih paragraf 1 untuk dikelompokkan ke tesis karena patragraf 1 ini berisi tentang pendapat penulis pada topik yang diangkat. Selanjutnya adalh argumen, penulis meletakkan paragraf 2 pada arumen karena berisi penjelasan kembali tesis yang disampaikan dengan fakta-fakta yang ada. Yang terakhir paragraf 3 penulis mengelompokkannya kedalam penegasan ulang karena paragraf ini berisi penjelasan kembali argumen yang disampaikan penulis tadi secara singkat.

    Ciri Kebahasaan

1 Promina

   Contohnya =  – Ekonomi yang baik dapat kita miliki jika kita memiliki pendidikan yang tinggi…

                            – Apabila seseorang tingkat pendidikannya tinggi maka dia akan mendapatkan fasilitas yang baik…

2. Nomina

   Contohnya =  – Apabila seseorang tingkat pendidikannya tinggi maka dia akan mendapatkan fasilitas yang baik…

3. Kata Keterangan

     Contohnya = Ekonomi keluarga sangatlah penting karena ini berkaitan dengan sejahtera atau tidaknya sebuah keluarga.

4. Keterangan Sebab Akibat

   Contohnya =  …sehingga dia mau melakukan hal yang dilarang tersebut.

 

 

 Tugas Kelompok 2

 Menganalisis Teks Eksposisi

“Pentingnya Ekonomi Keluarga”

Disusun Oleh

Dinda Marisa

Fanisnya Mantila

Melda Agus

Nabila Bethari Yunal Putri

Novia Dwi Rahmawati

Silvia Ananda

Tentang Penulis

Novia Dwi Rahmawati

Novia Dwi Rahmawati

Tinggalkan Komentar