Tugas Siswa

Pesawat di Langit Inggris

kyuhyun_swing_super_junior_m__png__by_littleangel3006-d7atevl
Novia Dwi Rahmawati
Ditulis Oleh Novia Dwi Rahmawati

         Pak Presiden Barat Obama sedang berbincang-bincang dengan sekretarisnya di sebuah lapangan terbuka. Saat sedang asik-asiknya berbincang, tiba-tiba lewatlah pesawat terbang bilangit Inggris. Pak Presiden bertanya kepada sekretarisnya, ” Pesawat negara mana itu? sepertinya bukan pesawat kita. ” Sekretarisnya menjawab ” Itu adalah pesawat milik Brazil, Pak. ” Lalu Pak Presiden memerintah si sekretaris untuk menembak pesawat Brazil tersebut. Dan si sekretaris menurut saja.

        Tidak lama kemudian, lewat lagi sebuah pesawat di langit Inggris, Pak Presiden bertanya lagi kepada sekretarisnya ” Pesawat siapa lagi itu “. Itu adalah pesawat milik Indonesia, Pak. Jawab si sekretaris. Pak presiden hanya diam saja saja tanpa memerintahkan si sekretaris untuk menembak pesawat tersebut. Kemudian si sekretaris bertanya kepada Pak Presiden ” Haruskah saya menembak pesawat itu juga, Pak”. Lalu Pak Presiden menjawab ” Tidak usah, itu hanya membuang-buang tenaga saja, sebelum ditembak juga pesawat itu pasti sudah jatuh duluan.

        Sekretaris itu tercengang seketika lalu tertawa dengan terbahak-bahak. Suasana kembali seperti biasa, Pak Presiden dan si sekretaris kembali berbincang-bincang.

 

Struktur-struktur Teks Anekdot

  Menurut saya bagian abstrak berisi ( Pak Presiden Barat Obama sedang berbincang-bincang dengan sekretarisnya di sebuah lapangan terbuka ). Karena didalamnya terdapat kalimat yang menggambarkan tentang isi teks.

  Menurut saya bagian orientasi berisi ( Saat sedang asik-asiknya berbincang, tiba-tiba lewatlah pesawat terbang bilangit Inggris ). Karena didalamnya menunjukkan awal kejadian cerita atau latar belakang.

      Menurut saya bagian krisis berisi ( Pak Presiden bertanya kepada sekretarisnya, ” Pesawat negara mana itu? sepertinya bukan pesawat kita. ” Sekretarisnya menjawab ” Itu adalah pesawat milik Brazil, Pak. ” Lalu Pak Presiden memerintah si sekretaris untuk menembak pesawat Brazil tersebut. Dan si sekretaris menurut saja. Tidak lama kemudian, lewat lagi sebuah pesawat di langit Inggris, Pak Presiden bertanya lagi kepada sekretarisnya ” Pesawat siapa lagi itu “. Itu adalah pesawat milik Indonesia, Pak. Jawab si sekretaris. Pak presiden hanya diam saja saja tanpa memerintahkan si sekretaris untuk menembak pesawat tersebut. Kemudian si sekretaris bertanya kepada Pak Presiden ” Haruskah saya menembak pesawat itu juga, Pak”. Lalu Pak Presiden menjawab ” Tidak usah, itu hanya membuang-buang tenaga saja, sebelum ditembak juga pesawat itu pasti sudah jatuh duluan ). Karena didalamnya menjelaskan masalah yang unik atau tidak biasa terjadi.

     Menurut saya bagian reaksi berisi ( Sekretaris itu tercengang seketika lalu tertawa dengan terbahak-bahak ). Karena didalamnya berisi penyelesaian masalah yang timbul.

      Menurut saya bagian koda berisi ( Suasana kembali seperti biasa, Pak Presiden dan si sekretaris kembali berbincang-bincang ).  Karena didalamnya terdapat simpulan kejadian dan pembelajaran.

 

Ciri-ciri kebahasaan yang terdapat dalam teks diatas adalah

1. Menggunakan kalimat yang bermakna sindiran.

2. Menggunakan kalimat yang menghibur.

3. Terdapat kejadian yang lucu.

4. Menggunakan konjungsi.

 

X IIS 2

 

 

Tentang Penulis

Novia Dwi Rahmawati

Novia Dwi Rahmawati

Tinggalkan Komentar