Teknologi

Quipper Campus, Bantu Memilih Perguruan Tinggi yang Tepat

Melangkah ke jenjang pendidikan tinggi merupakan sesuatu yang diimpikan oleh para lulusan Sekolah Menengah Atas. Namun masalahnya, mengejar cita-cita dan memilih pendidikan tinggi yang tepat bukanlah sesuatu yang mudah.

(Dari Kiri ke Kanan) Pipit Indrawati (Content Manager Quipper Indonesi), Tri Nuraini (PR and Marketing Manager Quipper Indonesia), Takuya Homma (Country Manager Quipper Indonesia), Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP (Direktur Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran Dan Mahasiswa Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia), serta Illah Saillah (Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah III Jakarta).Berbagai hal perlu dipertimbangkan, mulai dari lokasi, biaya, jurusan hingga kualitas. Seringkali informasi yang dibutuhkan tidak serta-merta tersedia dan menimbulkan tantangan tersendiri, bukan hanya bagi mahasiswa tetapi juga bagi institusi pendidikan tinggi, terutama pendidikan tinggi swasta.

Latar belakang inilah yang mendorong Quipper Indonesia untuk meluncurkan Quipper Campus yang akan membantu siswa memahami dan mendapatkan informasi lengkap tentang institusi pendidikan tinggi di Indonesia.

Sebagai perusahaan edu-tek terkemuka, Quipper ingin memperkuat komitmennya untuk memastikan siswa-siswi Indonesia menerima pendidikan berkualitas dengan meluncurkan Quipper Campus, yakni portal informasi satu atap yang menghubungkan para calon mahasiswa dengan pendidikan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.

Menurut data Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis), di Indonesia angka partisipasi kasar (APK) untuk kategori usia 19-24 (tingkat perguruan tinggi) masih sangat rendah, yaitu di bawah 30%. Informasi terbatas yang diperoleh oleh calon lulusan SMA dan sederajat diduga menjadi salah satu hal yang mempengaruhi rendahnya APK dalam kategori usia tersebut. Di satu sisi, pemerintah pun telah aktif menangani masalah ini, salah satunya dengan cara meningkatkan kualitas institusi perguruan tinggi swasta (PTS).

Menanggapi keadaan ini, Illah Saillah (Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah III Jakarta) menyadari bahwa banyak masyarakat yang beranggapan bahwa banyak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia yang kurang berkualitas dan mahal, padahal kenyataannya ada beberapa PTS yang justru lebih berkualitas daripada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan dengan biaya yang cukup terjangkau. “Pola pikir masyarakat Indonesia yang masih berfokus pada PTN tentu mempengaruhi hal ini,” tuturnya.

Dengan menggunakan Quipper Campus para calon mahasiwa bisa mendapatkan informasi lengkap tentang pendidikan tinggi di seluruh Indonesia, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta , termasuk lokasi, jurusan, mata kuliah, informasi administrasi, biaya dan masih banyak lagi.

“Quipper Campus dirancang dengan tampilan yang mudah dipahami oleh pengguna dan tentunya dapat diakses di mana saja. Kami percaya dengan layanan ini, para siswa dapat memperoleh informasi lengkap tentang pendidikan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia dan mendapatkan pilihan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” kata Tri Nuraini (PR & Marketing Manager Quipper Indonesia).

Sementara itu Takuya Homma (Country Manager Quipper Indonesia) mengungkapkan kepercayaannya bahwa setiap siswa memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan berkualitas. “Ini adalah bagian dari komitmen kami dalam mendukung program pemerintah untuk memastikan siswa-siswi Indonesia dapat bersaing di tingkat global,” tukas Takuya.

Hingga saat ini, Quipper Campus sudah menyediakan informasi tentang 78 universitas negeri dan lebih dari 150 perguruan tinggi swasta dan akademi pendidikan tinggi terpilih di Indonesia. Dalam waktu dekat, akan ada lebih banyak informasi tentang institusi perguruan tinggi pada saat peluncuran resmi Quipper Campus di tahun 2018.

Tanggapan Kamu

komentar

قالب وردپرس

Tentang Penulis

Albert Aprillio

albert aprillio

Tinggalkan Komentar