Tugas Siswa

REMEDI BINDO HALA 80 OLEH RIFALDI X.IIS.2

B612_20160517_175752
Rifaldi Tampan
Ditulis Oleh rifaldi tampan

RIFALDI

X.IIS.2

 

 

Tugas B.Indonesia Hal 79-81

Soal halaman 80.

 

1.    Puisi karya W.S Rendra di atas menggambarkan  seorang pemuda yang hanya tinggal berdiam; terkengkung di dalam rumah sehingga ia tidak dapat hidup bebas bergerak dan berekspres di luar rumah. Setelah membaca puisi tersebut, bandingkan isinya denga kesempata kalian untuk berpendapat dalam kehidupan sehari hari!

Dalam kehidupan sehari hari saya, saya cukup bebas berpendapat dibandingkan tokoh yang ada di puisi dan pendapat saya juga dihargai. Karena bebas berpendapat saya sangat bebas dalam melakukan segala aktifitas dibandingkan oleh tokoh yang ada pada puisi yang mana dia hanya tinggal berdiam dan bertengkung di dalam rumah dan tidak bisa beraktifitas bebas karena pendapatnya tidak pernah dihargai oleh orang yang ada di sekitarnya.

 

2.    Bagaimanakah pendapat kalian untuk berpendapat dirumah?

Kesempatan berpendapat saya dirumah sangatlah bebas, contohnya pada saat  rumah saya renovasi dan orang tua saya meminta pendapat untuk memberikan warna yang cocok untuk rumah saya, dan saya pun berpendapat untuk mewarnai rumah dengan warna biru, dan orang tua saya pun menghargai saya dengan memberikan warna rumah saya menjadi warna biru.

 

3.    Bagaimanakah kesempatan kalian untuk berpendapat di masyarakat?

Kesempatan berpendapat saya di masyarakat  juga cukup bebas karena desa kami saling menghargai orang dalam mengemukakan pendapat, sebagai contoh pada saat pekumpulan pemuda desa untuk merayakan hari ulang tahun Indonesia semua anggota memberikan pendapatnya masing masing tentang lomba apa yang diinginkan. Dan saya pun mengusulkan untuk diadakannya balap karung, dan akhirnya para pemuda tersebut menghargai pendapat saya dengan mengadakan lomba balap karung.

 

4.    Setujukah kalian bahwa pendidikan sekolah yang sekarang diselenggarakan di negri tercinta ini secara terus menerus sedang mengembangkan kesempatan untuk berperndapat bagi siswa?

Setuju, karena dengan bebasnya berpendapat bagi siswa disekolah, itu dapat melatih dan mengembangkan berbicara siswa.

 

 

5.    Sebaga siswa, apakah kalian merasa bebas atau tidak untuk berpendapat di sekolah?

Iya, saya merasa bebas karena sekolah berkontribusi dengan siswa untuk sama sam memajukan sekolah salah satu caranya adalah dengan meminta pendapat siswa.Sebagai contoh apabila seorang siswa memiliki bakat terhadap suatu hal namun sekolah tidak mempunyai fasilitas untuk mengembangkan bakat tersebut maka siswa bebas berpendapat untuk menembangkan bakat tersebut.

 

6.    Dengan cara pakah biasanya kalian mengajukan pendapat di sekolah?

Siapa yang biasanya mendengarkan pendapat kalian di sekolah?

 

Disekolah kami, kami bisa meengajukan pendapat melalui lisan maupun melalui surat. Kita bisa mengajukan pendapat kepada wali kelas, guru bk, wakil siswa, bahkan kepada kepala sekolah sekalipun,asalkan dengan sopan kita berpendapat insyaalah pendapat kita ditanggapi dengan baik.

 

 

7.    Saat mengikuti pelajaran dikelas, kapan kalian diberi kesempatan untuk berpndapat?

Pada saat kita berkdiskusi dalam kelompok, dimana kita dapat mengemukakan pendapat, mendukung pendapat, bahkan kita dapat menyanggah pendapat teman.

8.    Apakah pendapat kalian selalu disetujui atau ditolak? Tahukah kalian mengapa disetujui atau ditolak?

Tergantung, apabila pendapat saya masuk akal dan memiliki bukti yang kuat maka teman teman akan setuju terhadap pendapat saya dan sebaliknya.

Soal Halaman 81.

Bacalah teks yang bejudul “ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman Inggris” berikut ini. Sebelum membacanya, jawablah terlebih dahulu pertanyaan pertanyaan berikut ini!. Setelah membaca kerjakan tugas tugasnya!

1.    Menurut kalian negara manakah yang memiliki ekonomi yang paling bagus di dunia dan negara manakah yang memiliki ekonomi yang paling buruk?

Menurut saya negara dengan ekonomi yang paling baik di dunia adalah negara Amerika karena pendapatan perkapita penduduk besar dan tingkat pengangguran yang rendah. 

2.    Apabila dibandingkan dengan negara lain, ekonomi indonesia berada pada urutan ke berapa?

Peringkat ekonomi indonesia adalah peringkat 33

3.    Mungkinkah indonesia memiliki ekonomi yang setara dengan ekonomi negara negara maju?

Menurut saya tidak, karena pendapatan perkapita penduduk indonesia masih sangat rendah, tingkat pengangguran masih tinggi dan korupsi masih banyak di belahan penjuru Indonesia.

4.    Syarat syarat apakah yang harus dipenuhi agar ekonomi indonesia menjadi setara dengan ekonomi negara negara maju?

Menurut saya syarat syarat agar ekonomi indonesia setara dengan ekonomi negara negara maju adalah pedapatan perkapita penduduk harus tinggi dan tingkat pengangguran yang ada di indonesia harus kecil.

5.    Apakah yang ditempuh oleh pemerintah agar syarat syarat itu terpenuhi?

Membuat undang undang dengan hukum mati para koruptor agar koruptor tidaka merajalela di Indonesia dan dengan membuka tempat pelatihan untuk para penggangguran

6.    Apakah yang seharusnya ditempuh oleh setiap warga negara agar ekonomi indonesia maju?

Terkhusus bagi para pemerintah tidak boleh korupsi dan bagi masyarakat Indonesia bekerja dengan sungguh dan harus menjaga lingkungan untuk generasi selanjutnya.

7.    Apakah yang seharusnya dilakukan oleh sekolah agar ekonomi Indonesia menjadi maju?

Mungkin dengan mengembangkan fasilitas bakat dan minat siswa, karena dengan fasilitas yang lengkap para siswa dapat mengembangkan bakat dan berkreasi sebebas mungkin.

8.    Apakah yang dapat kalian lakukan agar ekonomi indonesia maju? 

Yang bisa kami lakukan demi memajukan negara ini adalah belajar dengan rajin, tekun dan bersunguh sungguh, terutama terhadap pelajaran ekonomi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tentang Penulis

Rifaldi Tampan

rifaldi tampan

Saya hanyalah orang biasa yang mempunyai sebuah impian yang besar :v @HCF

Tinggalkan Komentar