Tugas Siswa

resensi ayat ayat cinta 2

ayatayatcinta2
SELVIRA SAFITRI
Ditulis Oleh SELVIRA SAFITRI

1024×768

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin:0in;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

MERESENSESI NOVEL                             “AYAT AYAT CINTA 2” 
1.DATA BUKU
Judul  buku:Ayat ayat cinta 2
-Penulis:Habbiburrahman el shirazy
-Editor:Syahruddin el fikri dan Trina rahmawati
-Cover:Putri suzan
-Cetakan satu : November 2016
-Nama penerbit:Republika penerbit(PT.Pustaka Abdi Bangsa)
Yogyakarta 12260
– Jumlah halaman:697 halaman
-Warna dan gambar sampul: Warna sampul yaitu warna coklat dangambar kitab dengan bunga mawar berserta gambar kota Skotlandia.

2.Unsur Intrinsik
Nama dan karakter tokoh:
1.Fahri Abbudullah: baik ,penyabar, cerdas ,setia ,dan sangat membantu
2.Aishah Hanem:baik ,penyabar ,romantic dan cerdas
3.Paman Halusi: baik sangat setia dan suka membantu
4.Misbah: baik dan pengertian
5.Brenda: sebenarnya baik dan suka membantu taoi karena hidupnya tidak punya semangat sehingga ia menjadi orang yang putus asa
6.Nenek Catarina: Orang yahudi yang sebenarnya baik tapi ia kurang sopan dan kesepian semenjak anaknya meninggal
7.Keira:sangat membenci muslim karena ayahnya meninggal karena bom di London yang membuat mimpinya menjadi pemain biola yang handal dan terkenal menjadi hancur dan berantakan
8.Nyonya Janet: agak cuek terhadap anaknya sendiri dan hidupnya hanya untuk mencari uang
9.Haluya : baik , pintar rapi dia sedikit kurang penyabar
10.Baruch:Tentara yahudi yang kejam dan sangat tidak  berperikemanusian,dan sangat sombong mangaku dirinya sebagai hamba pilihan
11.Johson: anak yang sebenarnya baik tapi karena pandanganya yang salah terhadap muslim yang membuat dia  sangat membenci muslim dan terutama membenci Fahri
Tema: perkembangan islam di Eropa dan pandangan orang terhadap muslim
Sudut pandangan: orang ketiga serba tau

 

3.Unsur Ekstrisik
1.Budaya: percampuran budaya islam dan kebudayaan orang Eropa
2.Agama:islam terutama tapi juga ada yang beragama yahudi dan kriten
3.Geografis:perkotaan
4.Ekonomi: menegah keatas
5.Lokasi :Skitlandia,London

4.Isi  Novel
     Fahri adalah oran yang pintar. Ia menjadi salah pengajar di Universitas Endiburgh ,Skotlandia. Fahri merupakan lulusan terbaik Universitas Al azhar Kairo Mesir.Ia telah menikah debgan Aishah Hanem, tapi entah mengapa Aisah menghilang.Fahri tidak tau dimana keberadaan Aishah Hanem.
     Waktu itu Aishah meminta izin kepada Fahri untuk ke Palestina , untuk mengamati bagaimana kehidupan orang Palestina bagaimana kehidupan mereka , bersama temannya .Setahu Fahri taman Aishah ditemukan tewas dan entah bagaiman keadaan Aishah.Sejak kejadian itu Fahri merasa sangat terpukul dan ia menyibukkan dirinya daengan kegiatan yang bermanfaat.Selain menjadi pengajar Fahri juga di sibukkanm daengan kegiatan lainnya.
        Ia di temani oleh Paman Haluusi , ia adalah orang yang baik dan setia menjadi teman Fahri.Suatu hari Fahri, Misbah adaik kelas Fahri ketika di Universitas Al azhar dan Paman Halusi untu shalat berjammah di Masjid. Setelah sholat Fahri bertemu dengan seorang pengemis wajahnya buruk rupa dan ia pingsan dan fahri membawanya kerumahnya dan untuk sementara tinngal di rumah Fahri.Namanya adalah Sabrina.Fahri juga membantu nenek Catarina dan Sabrina juga ikut membantu.
        Selain membantu nenek Catarina Fahri juga membantu Keira tetangganya yang sangat membencinya karena dia adalah seorang muslim dan adik Keira yaitu Johson untuk menggapai cita citanya menjadi seorang pemain bola yang  professional , dan Johson pun menjadi sahabat yang baik untuk Fahri. Karena telah lama tinngal di rumah Fahri Sabrina dengan begitu saja meninggalkan rumah Fahri.
          Fahri mencarinya telah kemana mana.Dan ia menemukannya di kafe sedang di ganggu oleh  Baruch, dan ia menusuk Sabrina dengan pisau sedangka Baruch di tembak mati oleh polisi. Sabrina di bawa kerumah sakit.Fahri sangat kagum pada Sabrina dan mencoba melamar Sabrina.Tapi sayangnya lamaranya di tolak oleh Sabrina .
          Dan Sabrina mengusulkan pada Fahri untuk melamar Haluya , sepupu Aishah Hanem. Karena bagi Sabrina mereka berdua sangat cocok.Dan Fahri mencoda melamar Haluya ,dan ternyata lamrannya di terima.Selama tiga tahun menikah mereka di karuniai seorang anak laki laki, namanya Umar al faruq, dia sangat dekat dengan Sabrina dan menjadi ibu anggkat Umar.
        Dan alangkah Bahagianya Fahri ia mendapat kabar bahwa Umar akan punya adik lagi.Tapi ketika di ajak  oleh Keira yang telah menjadi pemain biola yang professional,Haluya di tusuk oleh orang tang tak di kenal yang membuat Haluya tewas bersama bayinya.Sebelum menghembuskan napas terakhir Haluya sempat berpesan  agar di lakukan pencangkokon muka Haluya untuk Sabrina dan itu dilakukan oleh Fahri.Fahri sangat penasaran dengan sosok Sabrina dan dia ingin melihai basement yang menjadi tempat tidur Sabrina .
      Alangkah terkrjutnya Fahri ia mendapatka bukti bahwa ada beberapa barang yang saama juga di punyai oleh Aisha istrinya Dan Fahri ingin melihat tanda lahir yabg dipunyai  oleh Aishah.Dan benar Sabrina mempunyainya. Alangkah bodohnya Fahri selama ini ternyata Aishah begitu dekat dengam dia , dan dia tidak tau itu.

Kekurangan: menggunakan bahasa yang kadang kadang sulit untuk di mengerti dan sangat panjang ceritanya dan berbelit belit
Kelebihan : sangat menginspirasi dan memberikan penjabaran tentang islam di eropa

Tentang Penulis

SELVIRA SAFITRI

SELVIRA SAFITRI

Tinggalkan Komentar