Tugas Siswa

Resensi Buku Nonfiksi RAHASIA MASUK SURGA DAN KENIKMATANNYA

surga
Wilda anabia Prasasti

RAHASIA MASUK SURGA DAN KENIKMATANNYA

 

-IDENTITAS BUKU

Penyusun : ABU KHALID MA

Cover & Ilustrasi : Ir.Anam

Setting : “LIA” Print

Diterbitkan oleh : Penerbit “Delima”  Solo

Copy Right : Pada Penyusun

Cetakan Pertama : 2007

 

 

-SINOPSIS

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an:

“apakah perumpamaan penghuni surga yang dijanjikan kepada orang yang bertakwa yang didalamnya ada sungai-sungai dari air yang tidak berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamr (arak) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaringi, dan mereka memperoleh didalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Tuhan mereka, sama dengan orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air mendidih sehingga memotong-motong ususnya?”

1. para calon penghuni surga adalah sebagai berikut;

1.      Surga Firdaus

Orang yang akan masuk kedalam surga firdaus adalah orang yang khusyuk dalam mengerjakan sholat, orang yang menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tidak berguna, orang membayar zakat tepat pada waktunya, kuat menjaga kemaluannya dari kemaksiatan, memelihara amanat yang diberikan, orang yang menepati janji, dan orang yang memlihara sholatnya.

 

2.      Surga ‘Adn

Calon penghuni surga ‘Adn adalah orang yang bertakwa, orang yang banyak melakukan amal kebaikan, orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dengan sebenarnya, orang yang sabar dalam mencari ridha Allah seperti : melaksanakan sholat, menafkahkan harta bendanya dijalan Allah, dan dapat menjauhi diri dari pada perbuatan buruk.

 

3.      Surga Na’iim

Orang-orang  yang termasuk dalam calon penghuni surga Na’iim, yaitu orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dengan sebenar-benarnya, orang-orang yang bertakwa dengan sebenar-benarnya.

 

4.      Surga Ma’wa

Orang-orang yang termasuk dalam calon penghuni surga Ma’wa, yaitu orang yang bertakwa, orang yang beriman ddan mengerjakan amal sholeh dengan sebenar-benarnya, orang yang takut akan kebesaran Tuhannya dan orang-orang yang dapat menahan diri dari keinginan hawa nafsunya.

 

5.      Surga Darussalam

Calon penghuni surga Darussalam adalah mereka yang iman dan keislamannya kuat serta percaya dan mengakui kebenaran ayat-ayat Allah, merekapun senantiasa mengerjakan amal sholehhanya semata-mata karena Allah SWT.

 

6.      Surga Daarul Muqamah

Orang-orang yang bakal menajdi calon penghuni surga Darul Muqamah yang berdasarkan pennjelasan Al-Qur’an, ialah orang yang amal kebaikannya lebih banyak dari pada amal jeleknya.

 

7.      Surga Al-Muqamul Amin

Dan menurut penegasan Allah SWT dalam Al-Qur’an bahwa yang menjadi calon penghuni surga Al-Muqomul Amin ialah orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT. 

 

8.      Surga Khuldi

Bagi orang yang menjadi calon penghuni surga Khuldi ialah orang-orang yang bertakwa dengan sebenar-benarnya, yaitu menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranggan-Nya.

 

 

 2.     Sifat-sifat calon penghuni surga

a.      Ketika hidup didunia

Menurut keterangan dalam Al-Qur’an, bahwa keadaan dan sifat calon penghuni suraga saat didunianya, yaitu:

Bagi mereka beriman dan bertakwa dengan sungguh-sungguh. Demikian juga selama didalam kehidupan dunia baginya senantiasa beramal shaleh. Tersebut dalam surat Al-hujarat, ayat 13: “ sesunguhnnya orang yang paling mulia disisi Allah yaitu orang yang paling bertakwa diantara kamu.”

Antara iman dan beramal saleh itu tidak bisa dipisahkan. Karena mustahil bagi kita mendapat kebahagiaan manakal kita tidak beriman dan beramal shaleh. Dan penting sekali kita ketahui, bahwa amalan yang termasuk amal shaleh menurut keterangan dari Al-qur’an dan Hadits, yaitu: mengerjakan sholat, berpuasa, beribadah haji, bersedekah, amar ma’ruf nazi munkar, berjihad dijalan Allah.

b.      Di alam kubur

Didalam sebuah Hadits telah dikatakan bahwa, apabila orang itu mati dan berada dialam kubur, maka ia akan mengetahui apakah ia termasuk ahli surga atau ahli neraka, karena di alam kubur, ia diperlihatkan tempatnya diakhirat. Jika ia ahli surga maka ia akan dapat melihat surga. Namun, apabila ia ahli neraka maka ia akan dapat melihat neraka. Hal ini diperlihatkan pada setiap pagi dan sore hingga datangnya hari kiamat.

c.       Pada hari kiamat dan didalam surga

Wajah mereka berseri-seri, bersinar, dan bercahaya yang amat terang. Ada yang mengatakan bahwa wajah-wajah yang berser-seri itu dikarenakan seringnya mengerjakan wudhu untuk sholat ketika hidup didunia.kelompok yang paling awal masuk surga seperti bulan purnama, kemudian dibelakang mereka sebagaimana bintang yang paling terang dilangit.

 

 

Sedangkan keadaan penghuni surga didalam surga itu seperti keterangan didalam Al-Qur’an dan Hadits dibawah ini:

1.      Hati mereka sama saja antara penghuni surga yang satu dengan yang lain.

2.      Mereka senantiasa berbahagia.

3.      Tidak pernah kentut, kencing, sakit dan buang kotoran.

4.      Keringatnya berbau harum, sebagaimana minyak kasturi.

5.      Kebutuhan mereka terpenuhi dengan seketika.

 

3.      Kenikmatan di Surga

 

Surga adalah negeri Allah, tempat orang yang dekat dengan-Nya. Negeri seperti itu hanya bisa dimasuki setelah mengalami peristiwa-peristiwa dahsyat, yang dimulai sejak hamba dilahirkan didunia. Kemudian setelah itum Allah SWT mengizinkan bagi penutup para Nabi dan Rasul-Nya untuk memohon syafaat kepada-Nya guna membuka pintu surga bagi mereka. Surga Allah itu mahal, untuk mencapainya manusia harus bersusah payah dengan tidak mengikuti hawa nafsunya.

 

Penjaga surga berkata pada penghuninya: “salaamun alaikum”. Mereka menyambut penghuni surga dengan salam yang berarti keselamatan dari setiap keburukan dan gangguan. Kemudian berkata kepada mereka, “berbahagialah kamu, masukilah surga ini sedang kamu kekal didalamnya.” 

Telah diriwayatkan bahwa surga mempunyai delapan pintu sebagaimana disebutkan dalam Sahihain yang lainnya. Diantara hadits-hadits itu adalah :

Dari Sahl bin Sa’ad ra. Bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“ Disurga ada delapan pintu dan salah satu pintunya bernama Rayyan. Ia hanya dimasuki oleh orang-orang yang banyak berpuasa.”

Delapan pintu surga itu adalah pintu pertama yaitu pintunya para nabi, para rasul, para syuhada, dan para dermawan. Pintu kedua yaitu pintunya orang yang mendirikan sholat dan orang-orang yang memperbaiki wudhunya dan menyempurnakan rukun-rukun sholat. Pintu ketiga yaitu pintunya orang yang mengeluarkan zakat dengan hati ikhlas. Pintu keempat untuk orang yang beramar ma’ruf nahi munkar, memerintahkan kebaikan dan mencegah kemungkaran. Pintu kelima untuk orang yang menahan hawa nfsu dari syahwatnya dan mencegah hawa nafsunya. Pintu keenam untuk orang-orang yang menjalankan ibadah haji dan umroh. Pintu ketujuh untuk orang-orang yang alhli jihad. Pintu keelapan untuk orang yang bertakwa, orang yang memejamkan matanya dari barang haram, dan orang yang berbuat kebaikan. Begitu juga dengan pintu-pintu surga yang lainnya, yaitu pintu para Nabi dan Rasul, pintu zakat, pintu haji, pintu syahadat dan shalawat, pintu syuhada, pintu shalihin, pintu shaddiqin, pintu rahmat, pintu taubat.

 

4.      Kriteria calon penghuni surga

 

Secara umum, kriteria calon penghuni surga telah diterangkan dalam Al-Qur’an, yaitu:

1.      Orang yang beriman dan beramal sholeh.

2.      Orang-orang beriman kepada Allah dan para Rasul-Nya serta bertakwa.

3.      Orang-orang islam yang bertawakkal dan beriman kepada Allah dan ayat-ayat-Nya.

4.      Orang-orang yang takut kepada kebesaran Allah dan menahan diri dari keinginan hawa nafsu.

5.      Orang-orang yang bertakwa yaitu bertakwa dengan sebenar-benarnya.

6.      Ikhlas didalam beramal.

7.      Menginfakkan hartanya, baik disaat lapang maupun saat sempit.

8.      Orang yang bisa menahan amarahnyadan memaafkan kesalahan orang lain.

9.      Kalau mengerjakan perbuatan keji dan aniaya diri, mereka ingat kepada Allah dan memohon ampun kepada-Nya terhaddap dosa-dosanya.

10.  Orang-orang yang menjaga sholatnya, yaitu menjaga waktu dan syarat serta rukunnya.

11.  Orang-orang yang gugurdijalan Allah.

12.  Orang-orang yang senantiasa bersabar dalam menghadapi cobaan yang menimpa.

 

6.      Karunia Allah Bagi Penghuni Surga

a.      Keluarga ahli surga

b.      Istri-istri ahli surga

c.       Pakaian dan perhiasan ahli surga

Sebagaimana dalam penegasan Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Insaan, ayat 21: “mereka memakai pakaian sutera halusyang hijau dan tebal dan dipakaikan kepada mereka (pakaian) gelang yang terbuat dari perak.” 

 

d.      Makanan dan minuman ahli surga

Makanan dan minuman ahli surga ini didalam Al-Qur’an telah dijelaskan sebagaimana berikut:

1.      Dalam surat Al-Waqiah ayat 20-21:

“dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan”.

2.      Dalam surat Yaasiinn, ayat 57:

“bagi mereka didalam surga mendapatkan buah-buahan dan mendapatkan apa yang mereka minta.”

3.      Didalam surat At-Thuur, ayat 22;

“dan kami (Allah) memberikan mereka tambahan dengan buah-buahan dan daging dari segala jenis yang mereka inginkan.”

 

 

e.      Pelayan-pelayan ahli surga

Pelayan-pelayan yang ada disurga itu berusia muda dan keadaanya tetap muda, bagaikan mutiara yang bertaburan. Amat mempesona dan sungguh luar biasa bila kita melihatnya. Karena tak seperti yang kita lihat pelayan-pelayan yang ada di dunia ini. 

Itulah gambaran mengenai pelayan-pelayan yang ada didalam surga menurut firman Allah SWT yang mana di kehidupan dunia ini tiada satupun seorang wanita meski dia cantik jelita dan mempesona, tetapi tak secantik sebagaimana yang ada didalam surga. Dan ketahuilah bahwa hal ini adalah merupakan salah satu kenikmatan yang luar biasa diantara kenikmatan-kenikmatan lainnya yang disediakan oleh Allah SWT didalam surga yang semuanya itu hanya diberikan kepada hamba-Nya yang benar-benar beriman, bertakwa, dan beramal sholeh saat didunianya.

 

 

Tentang Penulis

Wilda anabia Prasasti

wilda anabia prasasti

Tinggalkan Komentar