Lain-Lain Tugas Siswa

Resensi dan Sinopsis Novel Bumi Karya Tere Liye

bumi
Admin
Ditulis Oleh

Resensi dan Sinopsis Novel Bumi Karya Tere Liye

BUMI. Novel karya Tere Liye ini mengisahkan kehidupan seorang remaja perempuan bernama Raib yang memiliki kemampuan unik. Sejak umur 22 bulan, Raib bisa menghilang. Cukup menutup wajahnya dengan kedua telapak tangan dan wush. Raib pun hilang. Sekarang umur Raib 15 tahun dan kemampuan ini tetap menjadi rahasianya. Selain bisa menghilang, Raib juga memiliki hal unik lainnya. Raib memiliki 2 kucing kembar yang dia dapat di ulang tahunnya yang ke-9. Si Hitam dan Si Putih. Tapi orang tuanya hanya dapat melihat Si Putih. Di usia 15 tahun, kejadian demi kejadian mulai datang dan tanpa disadari oleh Raib akan mengubah kehidupannya. Mengungkap siapa Raib sesungguhnya.

Raib memiliki sahabat bernama Seli yang ternyata memiliki rahasia juga. Seli dapat menahan sengatan listrik dan dapat menggerakan benda-benda kecil tanpa menyentuhnya. Sama seperti Raib, kemampuan ini tetap menjadi rahasia Seli hingga usianya 15 tahun.

Di kelas Raib, ada seorang ramaja pria bernama Ali. Ali adalah murid genius. Dan dia yang pertama kali mengetahui rahasia Raib. Saat Raib sedang dihukum oleh Miss Keriting karena tidak membawa buku PR matematikanya dia memutuskan untuk mengamati hujan sambil menghilang. Tiba-tiba ada sesosok tinggi kurus menyapanya dengan suara dingin, “Halo, Gadis Kecil” sapaan ini mengagetkan Raib sehingga wajahnya tidak tertutup lagi oleh kedua telapak tangannya dan Raib pun terlihat lagi. Ali melihat lorong yang kosong dan tiba-tiba saja Raib muncul di sana. Semenjak itu Ali terus membuntuti Raib untuk membuktikan bahwa dirinya benar. Dunia ini tidak sesederhana yang terlihat.

Seakan belum cukup rahasianya diketahui oleh Ali, setelah sampai di rumah Raib tidak dapat menemukan si Hitam. Dan beberapa hari kemudian Raib menemukan kekuatan baru. Raib dapat menghilangkan benda. Beberapa hari kemudian di malam hari, Raib terkejut. Sosok tinggi kurus yang menyapanya di lorong sekolah berada di kamarnya. Lebih tepatnya di dalam cermin di kamarnya. Bersama si Hitam. Sosok tinggi kurus itu mengaku sebagai ‘teman’. Dia mengaku mengetahui siapa Raib dan dapat melatihnya menguasai kekuatan yang ada dalam dirinya. Tugas pertamanya adalah menghilangkan sebuah buku. Tapi Raib tidak menanggapinya secara serius, hingga saat malam harinya sosok tinggi itu datang lagi. Sosok itu marah karena Raib tidak melakukan tugasnya dengan serius. Maka sosok itu menggunakan cara kasar. Dia memerintahkan si Hitam untuk membunuh si Putih jika Raib tidak bisa menghilangkan buku tersebut dalam hitungan kesepuluh. Si Hitam berubah menjadi kucing seukuran serigala dan menerkam si Putih siap membunuhnya. Dalam kepanikan Raib masih tidak dapat menghilangkan buku itu. Dan saat si Hitam akan membunuh si Putih tanpa disadari oleh Raib telapak tangannya mengarah ke si Hitam dan menyuruhnya menghilang. Dan wush. Si Hitam menghilang. Sosok tinggi itu terkejut, kemampuan Raib melebihi perkiraannya. Raib pun sama terkejutnya. Setelah kejadian itu Raib pun dapat menguasai kekuatan barunya.

Keesokan harinya, terjadi peristiwa besar di sekolah. Gardu listrik tiba-tiba saja meledak dan menjatuhkan kabel-kabel listrik ke arah Raib dan Seli. Terancam maut, Seli berhasil menahan kabel-kabel listrik. Membuka rahasianya di hadapan Raib. Raib pun menghilangkan tiang listrik yang jatuh ke arah mereka. Membuka rahasianya di hadapan Seli. Tiba-tiba muncul Ali yang membawa mereka lari ke tempat aman agar terhindar dari pertanyaan-pertanyaan orang. Semua berjalan sangat cepat. Di aula sekolah, tempat mereka bersembunyi tiba-tiba datang 8 orang berpakaian hitam dan dipimpin oleh sosok tinggi yang ternyata bernama Tamus. Mereka akan menjemput Raib ke dunia lain. Dunia Klan Bulan.

Mereka bertiga malawan. Seli mengeluarkan petir dari tangannya. Dia adalah salah satu Klan Matahari. Tapi mereka bertiga belum cukup kuat. Dalam keadaan terdesak, tiba-tiba datang Miss Keriting (Selena) yang sebenarnya adalah salah satu masyarakat Klan Bulan. Dengan bantuan Miss Selena mereka bertiga berhasil lolos dan tiba di kamar Raib. Tapi sayangnya Miss Selena tidak dapat kabur bersama mereka.

Di kamar Raib mereka memeriksa buku PR Matematika Raib yang diberikan Miss Selena beberapa hari yang lalu, mencari petunjuk. Buku itu kini bersampul kulit berwarna gelap dengan gambar bulan sabit cetak timbul. Saat Raib menyentuh buku itu, muncul sinar dari bulan sabit dan menjalar ke tubuh Raib. Cahaya itu semakin terang dan tiba-tiba saja mereka sudah berada di ruangan berbeda. Di Dunia berbeda. Dunia Klan Bulan.

Ruangan itu adalah kamar Ou. Anak bungsu Ilo dan Vey. Ilo adalah orang yang paling tenar dan memiliki pemikiran yang sama dengan Ali. Dunia ini tidak sesederhana yang terlihat. Ilo berjanji akan membantu Raib, Seli dan Ali kembali ke kota mereka esok hari. Ilo menyarankan mereka untuk bermalam dan menggunakan kamar Ily, anak sulungnya yang tinggal di asrama akademi.

Dunia Klan Bulan memiliki teknologi yang sangat maju dan sangat menjaga lingkungan. Mereka membuat sebagian besar peradabannya di bawah tanah agar tidak merusak lingkungan permukaan. Hanya orang-orang kaya yang tinggal di permukaan. Di bangunan tinggi dengan rumah beton berbentuk balon.

Setelah Ilo mengetahui dari mana mereka berasal, Ilo memutuskan untuk membawa mereka ke orang yang lebih baik. Av. Kakek dari kakek-kakeknya Ilo. Sang penjaga perpustakaan. Dari Av terungkap bahwa Dunia ini memiliki 4 Dunia Paralel yang saling berdampingan dan tidak pernah bertabrakan. Dunia Tanah, Dunia Bulan, Dunia Matahari dan Dunia Bintang. Dan Av pun memberitahu jika Raib memang dari Dunia Klan Bulan dan itu berarti orangtuanya di Bumi bukanlah orangtuanya yang sesungguhnya.

Dunia Klan Bulan mengalami kerusuhan. Kota Tishri, tempat mereka berada telah berhasil dikuasai oleh Tamus. Raib, Seli dan Ali terjebak. Tidak dapat kembali ke Bumi. Petualangan mereka bertiga di Dunia Klan Bulan dimulai.

Sumber: https://h3kmatyar.wordpress.com/

Tentang Penulis

Admin

Memastiksn Bindoline berjalan lancar

Tinggalkan Komentar