RESENSI NOVEL AYAHKU (BUKAN) PEMBOHONG

RESENSI NOVEL

AYAHKU (BUKAN) PEMBOHONG

 

·         IDENTITAS BUKU

1.       Judul buku  : Ayahku (bukan) pembohong

2.       Penulis           : Darwis Tere Liye

3.       Penerbit        : PT. Gramedia Pustaka Utama

4.       Tahun terbit  : Jakarta, April 2011

5.       Kota terbit  : JL.Palmerah Barat 29-37

                             Blok 1. Lt. 5

                            Jakarta 10270

6.       Tebal buku  : 304 halaman, 20cm

7.       Jenis buku  : fiksi

·         UNSUR INSTRINSIK

1.       Tema  : kisah anak yang tidak percaya kepada ayahnya dan tidak mau pendidikan keluarganya terikat oleh ayahnya sampai kenyataan menyalahkan prespektif si anaknya bahwa ayahnya bukan pembohong

2.       Tema/Penokohan  :

                                       * Ayah, seorang ayah yang serin menceritakan kepada anaknya dan cucu-cucunya dongeng-dongeng dari pengalaman hidupnya. Seorang ayah yang pintar memotivasi dan menyayangi anknya.

*  Ibu, sangat baik dan menyayangi anak-anaknya. Patuh terhadap perkataan suami

*  Anak( Dam ), anak yang pada awalnya sangat percaya kepada ayahnya dan sangat memuji dan menghargai ayahnya. Namun ketika cerita ayahnya belum terbukti, ia langsung kecea dan tidak percaya lagi dengan ayahnya. Ia tidak mau dongeng0dongeng ayahnya di ceritakan kepada anak-anaknya.

*  Zas( anak Dam ), anak yang suka mendengarkan cerita kakeknya, anak yang penurut dan menghormati orang tuanya. Disiplin terhadap waku

*  Qon ( anak Dam ), anak yang suka mendengarkan cerita kakeknya,anak yan penurut dan menghormati orang tuanya. Disiplin terhadap waktu

3         Alur, * tempat = rumah, sekolah, perpustakaan

*  waktu = pagi, siang, malam

* (kilas-balik) = maju-mundur

4.       Sudut pandang = orang ketiga

·         UNSUR EKSTRINSIK

1.       Unsur psikologi  : Membuat kepercayaan kepada anak dan menanamkan nilai moral dan dukungan serta pendidikan keluarga lewat cerita dari pengalaman hidup

2.       Unsur agama  : Kitaharus rajin ibadah dan teguh pendirian dan mematuhi perintah orang tua

·         SYNOPSIS NOVEL

Diceritakan tokoh Dam adalah seorang anak yang tumbuh dengan dongeng-dongeng tentang kesederhanaan hidup. Sejak kecil ia dihujani dongeng-dongeng yang melibatkan ayahnya. Mulai dari Suku Penguasa Angin–Lembah Bukhara–Kisah Si Nomor Sepuluh–Kisah Si Raja Tidur dan lain sebagainya. Namun ayah Dam melarang Dam untuk menceritakan dongeng-dongengnya kepada teman-temannya.

 

          Ayah Dam adalah lulusan master terbaik dari sekolah hukum terbaik di Eropa. Ketika muda dulu ia adalah seorang petualang. Dam menjadikan dongeng-dongeng ayahnya tersebut sebagai hadiah dan motivasi hidupnya. Namun keraguan datang dan setiap Dam mempertanyakan kebenaran akan cerita ayahnya tersebut, ayahnya malah marah.

 

          Suatu ketika Dam menemukan beberapa buah buku usang yang bercerita tentang suku penguasa angin dan layang-layang terbang yg bisa dikendarai serta certa tentang sebuah desa terpencil yang ditumbuhi pohon apel emas.Dam semakin menganggap bahwa cerita-cerita ayahnya itu bohong belaka.

Terlebih ketika Ibunya sakit hingga akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya, ayah Dam malah mengaitkannya dengan dongeng-dongeng aneh yang membuat Dam membenci ayahnya. Bahkan menyalahkan ayahnya atas kematiannya.

 

           Kebencian itu tak luntur juga walau Dam sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Terlebih harus seatap dengan ayahnya lagi. Dam benci ayahnya memberi dongeng-dongeng kepada anak-anaknya. Sebelum ayahnya meninggal, Dam sempat mengusir ayahnya hingga akhirnya ketika ayahnya meninggal, Dam mengetahui kebenaran ayahnya.

·         Kunggulan : novel ayahku (bukan) pembohong adalah novel pembangun motivasi dan spiritual yang banyak mengandung unsur dari pengalaman hidup orang tua. Karna tema novel ini diangkat dalam novel adalah tentang motivasi dan kehidupan. Bahwa mencari kebahagiaan dalam hidup itu sederhana.

·         Kelemahan : membuat pembaca sulit memahami cerita karna alur nya kilas-balik

No Responses

  1. Pingback: My Site 22/08/2022

Leave a Reply