Tugas Siswa

RESENSI NOVEL LASKAR PELANGI

966440_L
Ruwiyat Winnur
Ditulis Oleh ruwiyat winnur

Judul Buku      : Laskar Pelangi

Penulis             : Andrea Hirata

Negara             : Indonesia

Bahasa             : Indonesia

Genre               : Roman

Penerbit           : Yogyakarta: Bentang Pustaka

Tanggal terbit   : 2005

Halaman          : xxxiv, 529 halaman

ISBN                : ISBN 979-3062-79-7

Resensi

Novel berkisahkan tentang kisah heroik kenangan 11 anak Belitong yang tergabung dalam ”Laskar Pelangi”.
Yang merupakan novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005.

Mereka adalah:

1) Ikal
Ikal atau yang didalam novel ini berperan sebagai “aku “adalah tokoh utama. Ikal merupakan salah satu anggota lascar pelangi disekolah ia termasuk murid yang sangat pandai, namun kepandainya masih di bawah dari temannya yaitu lintang.
2) Taprani
Taprani adalah sososk tang tampan, rapi, prefeksionis, lumayan pintar bicara seperlunya(pendiam), antun sangat berbakti kepada orang tua dan manja.
3) Sahara
Sahara adalah satu-satunya murid perempuan yang bersekolah di SD Muhamadiyah, tubuhnya ramping dan selalu berjilbab rapi. Disekolah dia termasuk murid yang pintar.
4) A Kiong
A Kiong adalah satu-satunya murid yang merupakan keturuna tianghoa yang bersekolah di SD Muhammadiyah sifatnya begitu polos dan selalu mempercayai apa yang dikatakan mahar, ia selalu menjada pendukung sekaligus pengikut setia mahar.
5) Harun
Harun yang sudah mulai memasuki jenjang pendidikan Sekolah Dasar pada usia lima belas tahun ini mengidap keterbelakangan mental, sifatnya yang santun, pendiam, dan murah senyum dan hobi mengunyah permen asam.
6) Borek
Borek memiliki badan yang tinggi besar, ia sangat terobsesi dengan body boilding an tregila-gila dengan citra cowok macho.
7) Kucai
Kucai merupakan salah satu anggota Laskar Pelangi yang diamanahi sebagai ketua kelas. Dan ia sempat frustasi ketika sempat menjadi ketua kelas karean kesulitan mengatur teman-temannya.
8) Lintang
lintang merupakan anak yang paling jenius dan gigih diantara teman-temannya.
9) Mahar
Mahar memiliki bakat di bidang seni baik itu menyanyi, melukis, seni rupan dan lain sebagainya, ia merupakan anak yang tampan, imajinatif dan kreatif.
10) Syahdan
Karakter yang tidak begitu menonjol dalam novel ini, ia hanya selalu setia menemani ikal membeli kapur tulis.

 Sinopsis

Mengisahkan kisah heroik kenangan 11 anak Belitong yang tergabung dalam ”Laskar Pelangi”: Syahdan, Lintang, Kucai, Samson, A Kiong, Sahara, Trapani, Harun, Mahar, Flo dan sang penutur cerita – Ikal. Anak-anak Laskar Pelangi itu hidup dalam kebahagiaan masa kecil dan menyimpan mimpi masing-masing untuk hari esok. Tapi siapa yang sanggup melawan sang nasib? Dua belas tahun kemudian, Ikal menyaksikan perubahan nasib teman-temannya yang sungguh diluar dugaan. Sang nasib sungguh menjadi sebuah misteri yang maha gelap. Anak-anak Laskar Pelangi itu boleh punya cita-cita setinggi langit, tapi nasib jualah yang menentukan episode kehidupan mereka selanjutnya. Sang nasib bisa jadi adalah ketiadaan kepedulian pemerintah akan bibit-bibit unggul mutiara anak bangsa yang harus terhempas oleh himpitan ekonomi. Mereka adalah anak-anak harapan bangsa yang terpaksa harus tunduk oleh gilasan nasib yang semestinya bisa diupayakan oleh pemerintah yang punya amanah dan kuasa untuk memajukan pendidikan.

kelemahan

Terlalu banyak nama-nama ilmiah yang sulit dipahami dan alur cerita yang kurang jelas

kelebihan

banyak sekali hal-hal yang dapat memotivasikasi kita dari novel ini

Tentang Penulis

Ruwiyat Winnur

ruwiyat winnur

Tinggalkan Komentar