Tugas Siswa

Resensi novel senyum sahabat

2016-11-29 21.43.46
NurNasuha Zahra
Ditulis Oleh NurNasuha Zahra

1. Data Buku       
a. Judul        :Senyum Sahabat        
b. penulisan      : Eidelweis Almira
c. Jumlah halaman: 152
d. Penerbit               : Euthenia
e. Alamat penerbit : jln madya utara no.5
f. Isbn                      : 978-602-1010-20-4
g. Gambar & warna:

2. Unsur intrinsik
– Tokoh dan watak
 *Romi: Baik hati,membela teman.
 *Doni : nakal.
 *Arda : suka memberi.
 *Bu lila : cerewet.
 *Bu syeila: suka memberi.

-Alur : Dalam cerita ini adalah alur maju.
-Tema : Romi adalah anak yang lulus dengan nilai yang bagus dan dia berhasil mendapatkan sekolah favorit tapi ada seorang anak yang bernama Dino. Dino adalah anak nakal tetapi dia mendapatkan sekolah favorit sedangkan dia tidak begitu hebat dalam pelajaran.
-Sudut pandang : sudut pandang orang ketiga.

Isi novel / Sinopsis :
  Romi adalah kesayangan semua guru di sekolah, dia selalu jadi juara 1senjak kelas 1 SD.
  Romi meraih nilai tertinggi pada ujian nasional. Nilainya hampir sempurna yaitu 28,25. Daat pengumuman kelulusan,wali kelas guru lain memberi selamat Romi
“Rom selamat ya. Pejuanganmu setahun terakhir kemarin tidak sia-sia. Kamu belajar tekun siang dan malam dan terbuktikan kamu bisa mendapatkan nilai yang nyaris sempurna.”
  Karena SD tempat romi sekolah hitungannya adalah sekolah pinggiran tapi nyat romi mampu menyelisihkan pesaing dari SD di seluruh surabaya dan masuk SMP N 1 SURABAYA. SMP N 1 SURABAYA adalah smp terfavorit di surabaya dan berhasil masuk ke sekolah tersebut.
  Romi berkaca-kaca saat pak imron memberi nasihat kepada Romi.
                                             * * *
   Ibu Romi yaitu ibu LILA.di kenal dengan keceriwisannya. Dia selalu keras dan tidak mudah lunak dengan semua peraturan yang di keluarkan oleh sekolah.  Kalu di rasa kurang mengena maka LILA adalah orang tua murid pertama yang kritis dan meminta transparansi dari pihak sekolah.
    Seperti saat daftar ulang di smp , ijazah dan SKHUN romi yang asli belum keluar , namun SKHUN sementara yang di keluarkan pihak sekolah tidak ada foto siswa. Lila mencari  mbak amel, admin SD, untuk meminta keterangan sejelas-jelasnya.
   Namun setibanya di sekolah ternyata mbak amel belum datang karena biasanya mbak amel datang jam 9 lalu ibu lila berkata “gila masa aku harus menunggu 1 jam di kantor hanya untuk SKHUN sementara”.
    Lalu lila menemukan ide untuk meminta nomer ibuk amel kepada karyamwan disana lalu menghubunginya. Dengan suara yang meninggi karena emosi ibuk amel belum datang dia meminta print out skhun swmentara romi.
  Mbak amel berkata “daftar ulang masih sampai besok kok mbak”
“Loh kok ibu ngomong gitu sih”
“Saya ngak ada toleransi buat mbak “
“Sabar kenapa “
“Hah? Gimana sih mbak ini ?”
“Yah tenang saja “
“Ngak bisa kalau anak saya sampai telat daftar ulang dan batal di terima di smp favorit itu adalah kesalahan mbak.”

  Mbak amel yang sudah lelah dengan perkataan lila lalu pergi kesekolahan dan memberi print out kepada ibuk lila dan ibuk lila pergi dari sekolah.
                                 * * * 

Setelah melewati masa LOS (Layanan orientasi siswa) dan masa los,para siswa masuk seperti biasa. Pembagian kelas telah di lakukan dan Romi. Kebetulan Romi menjadi teman sekelas Dino, kelas 7F, Romi mendapat teman duduk seorang gadis yang manis, berambut cepak, namanya Arda.
  Arda mengulurkan tangan kanannya mengajak romi bersalaman. Romi ragu menerima jabatan tangan Arda.
 Arda adalah gadis yang cantik dia adalah anak pemilik hote coriousity dia adalah orang  kaya yang suka memberi romi makanan atau sesuatu. Hingga suatu saat romi dikasih coklat lalu ia menolak karena arda sudah terlalu seeing memberinnya makanan.
   Lalu dino anak yang nakal mendengar perkataan romi yang menolak pemberian Arda danmenghampiri mereka .lalu mengambil sebagian coklat yang diberikan untuk romi.
    Romi yang membela Arda lalu berlari mengejar dino untuk mengambil coklat tadi. Setelah sekian lama romi kembali duduk di bangkunnya . Dengan merasa bangga dino menganggap bahwa romi mengaku kalah dari dirinya tapi alangkah terkejutnya dia saat bebalik arah melihat arda bersama pak Basri.

                     * * *
  Dino semakin suka menggoda arda.pada saat arda menunggu jemputan untuk pulang sekolah dino datang dan menggoda arda.
“Kamu kenapa sih,kok betah amat duduk sama si kutu buku romi ?” Sudah ngak ganteng ,ngak keren ,ngak kaya. Masih saja kamu nempel sama dia “
 Arda menjawab asal
” tapi dia pintar,ngak bego kayak kamu “
  Dino terkejut mendengar jawaban Arda dia nekat menyentuh pundak arda dan ingin merengkuh tubuh arda agar menempel padanya. Arda meronta
” aduh ,dino apaan sih”
  Tidak lama kemudian romi datang dan mengakui dino lalu yerjadilah perkelahian.
  Arda yang merasa panik.meluhat pertengkaran tersebut yang lansung berlari ke kantor guru.
                   * * *
Besok harinya dino dan romi di panggil ke ruang BK menyuruh agar orang tua  mereka datang ke sekolah.
                   * * * 
Lalu lila orang tua romi datang ke sekolah begitupun syeila orang tua dino. Tapi alangkah terkejutnya lila ternyata syeila adalah sahabat lamanya lila. Dalam ruang bk orang tua mereka hanya senyum-senyum saja dan menerima apa yang di katakan oleh guru tersebut.
   Pada saat mereka keluar pergi untuk makan bersama dan bercerita tentang pengalamannya dulu.

3. Unsur ekstrinsik
 -Nilai yang terkandung
 =persahabatan sampai kapanpun pasti akan terus berlanjut walau sudah lama sesekali tidak berjumpa dan sudah lama sesekali tidak bersama lagi.

-kelebihan
=cerita mampu menggambarkan tentang persahabatan yang terus berlanjut walaupun sudah berpisah cukup lama.

-Kekurangan
=cerita ini tidak mampu membuat seseorang pembaca menjadi tahu akan pentingnya persahabatan seperti ada kejadian yang menyatakan bahwa kita akan merasa sangat rugi jika kehilangan sahabat.

-Amanat
=jangan hancurkan persahabatan karena  persahabatan bisa jadi salah satu kebahagiaan itu terletak pada persahabatan yang terus dijaga.

Tentang Penulis

NurNasuha Zahra

NurNasuha Zahra

Tinggalkan Komentar