Menulis Bebas

RESENSI NOVEL SUMMER IN SEOUL KARYA ILANA TAN

summer-in-seoul
Elfi Rahmani
Ditulis Oleh Elfi Rahmani

RESENSI NOVEL SUMMER IN SEOUL

KARYA ILANA TAN

1)   Data Buku

Ø Judul Buku                : Summer In Seoul

Ø Penulis                      : Ilana Tan

Ø Jumlah halaman        : viii + 280 halaman

Ø Gambar dan Warna  :

                                 

 

Ø Penerbit                   :  PT Gramedia Pustaka Utama

Ø Alamat Penerbit      :  Kompas Gramedia Building Blok 1 Lantai 5

Jalan Palmerah Barat 29-37, Jakarta

2)   Unsur Instrinsik

Ø Tokoh


ü  Han Soon-Hee (Sandy)

ü  Jung Tae-Woo

ü  Lee Jeoung-Su

ü  Jin Da-Rae

ü  Lee Mi-Ra dan Chon Jin-Ae

ü  Park Hyun-Shik

ü  Kang Young-Mi

ü  Mister Kim

ü  Choi Min-Ah

ü  Danny

ü  Bibi Chon

ü  Tara

ü  Lisa

ü  Mister Cha


 

Ø Watak

Ø Han Soon-Hee (Sandy) : Seorang gadis yang sedang menjalani kuliah tahun ketiga dan berkerja sambilan di butik seorang perancang busana.

v Ceroboh. Kutipan : “Kenapa tidak ada?” Sandy berguman sendiri sambil terus mencari. Ketinggalan dirumah? Berarti seharian ini ia tidak menyadari ia tidak membawa dompet? .

v Emosian. Kutipan : “Anda salah sambung, ini ponsel Han Soon-Hee,” ujar Sandy ketus dan langsung menutup flat ponselnya dengan keras.

v Baik. Kutipan : “Menurut orang-orang yang kenal baik dengannya, Han Soon-Hee wanita yang baik-baik dan bisa dipercaya.”

v Pelupa. Kutipan : “Ah, astaga! Aku lupa minta tanda tangan Jung Tae-Woo untuk Young-Mi.”

v Tegar. Kutipan : “Walaupun Sandy tersenyum, Tae-Woo bisa melihat senyum itu bukan senyum ceria yang biasa.”

 

Ø Jung Tae-Woo : Seorang penyanyi muda terkenal di Seoul yang muncul kembali setelah empat tahun menghindari dunia showbiz.

v Emosian. Kutipan : “Tae-Woo menghembuskan nafas keras-keras dan menghempaskan diri ke sofa empuk yang diletakkan di tangah-tengah kamar peragaan.”

v khawatir. Kutipan : “Kau tidak apa-apa? Ada yang luka? Tanya Tae-Woo dengan nada khawatir sambil mengamati Sandi dari atas ke bawah.”

v Baik. Kutipan : “Kenapa kau baik sekali? Kukira artis tidak membeli sendiri hadiah untuk penggemarnya. Kupikir hal-hal semacam itu diurus orang lain.”

v Romantis. Kutipan : “Ya, istimewa. Makan malam, mawar, kembang api, hadiah yang diberikan Jung Tae-Woo untuknya, dan sekarang ia sedang duduk di sebelah Jung Tae-Woo sambil mendengarkan laki-laki itu menyanyi khusus untuknya.”

v Perhatian. Kutipan : “Sekarang sedang hujan. Jangan berkeliaran kemana-mana. Pakai baju yang tebal sedikit,” kata Jung Tae-Woo manasehati.

 

Ø Lee Jeoung-Su : mantan pacarnya Sandy sejak delapan bulan yang lalu.

v Protektif. Kutipan : “Saat ini orang terakhir yang ingin diajaknya bicara adalah Lee Jung-Su, tapi laki-laki itu malah meneleponnya dan bersikap seperti kekasih yang protektif.”

v Emosian. Kutipan : “Lee Jung-Su menutup ponselnya dengan kesal.”

v Khawatir. Kutipan : “Kau baik-baik saja, kan? Tanya Lee Jung-Su sambil menatap Sandy dari ujung kepala sampai ujung kaki.

 

Ø Jin Da-Rae :kakak kelasnya Sandy dan kekasih barunya Lee Jung-Su.

v Cemburuan. Kutipan : “Kau lihat sendiri, dia tidak apa-apa”, sela Jin Da-Rae sambil menyelipkan lengannya ke lengan Le Jung-Su.

 

Ø Lee Mi-Ra dan Chon Jin-Ae : Dua gadis siswi sekolah menengah. “Kedua gadis itu tersenyum kepada Sandy, menurut Sandy senyum mereka agak menakutkan.”

 

Ø Park Hyun-Shik : Seorang teman sekaligus manajernya Jung Tae-Woo.

v Ramah. Kutipan : “Pria itu memandang Sandy, lalu tersenyum ramah.”

v Berwibawa. Kutipan : “Pria yang satu itu benar-benar memiliki daya tarik.

 

Ø Kang Young-Mi : Teman dekat sekaligus sahabatnya Sandy selama di Seoul.

v Pemaksa. Kutipan : “Tapi kalau lain kali kau bertemu dengannya, jangan lupa minta tanda tangan untukku.”

v Baik. Kutipan : “Sudah tidak panas, tapi harus minum obat. Nanti sore aku akan menjengukmu lagi. Kalau ada apa-apa, telepon aku.”

v Heboh. Kutipan : “Jung Tae-Woo ternyara punya pacar!” Kali ini seruan Young-Mi begitu keras sampai-sampai Sandy melompat kaget.

v Dapat dipercaya. Kutipan : “Tapi dia teman baikku dan aku percaya padanya. Dia sudah berjanji tidak akan mengatakan apa-apa.”

 

Ø Mister Kim : Seorang perancang busana yang paling popular di Korea dan merupakan bos ditempat Sandy bekerja sambilan.

v Pemaksa. Kutipan : “Seharusnya bosnya tidak bersikap begini. Orang sakit masa disuruh kerja? Lagi pula ini kan hari Sabtu. Diktator!.”

v Emosian. Kutipan : “No, no! Bukan kau. Apa yang harus kulakukan supaya mereka mengerti model seperti apa yang dibutuhkan? Astaga!”

v Jenius. Kutipan : “Harus diakui Master Kim ini bukan orang yang mudah. Kadang-kadang orang jenius memang sulit dibawa senang.”

v Baik. Kutipan : “Okay, aku akan mengabulkan permintaan cutimu. Tapi hanya sepuluh hari. Tidak lebih. Understand?”

 

Ø Choi Min-Ah : Seorang penulis buku yang terkenal dan merupakan ibu dari artis terkenal Jung Tae-Woo.

v Cerewet. Kutipan : “Cerewet sekali. Kenapa ibuku begitu baik padamu? Padaku tadi dia malah berteriak-barteriak.”

v Ramah dan terbuka. Kutipan : “Para wartawanpun semakin berani karena melihat sikap Choi Min-Ah yang ramah dan terbuka.”

v Ceroboh. Kutipan : “Maafkan Bibi, Soon-Hee. Bibi tidak sengaja. Bibi tidak tahu kalau kalian tidak ingin orang-orang tahu.”

 

Ø Orang Tua Han Soon-Hee. Ibunya orang Indonesia dan Ayahnya orang Korea. Ayahnya kepala cabang perusahaan mobil dan Ibunya ibu rumah tangga. Saat ini tinggal di Jakarta karena tugas Ayahnya.

 

Ø Danny : Seorang artis bintang iklan pakaian olahraga yang merupakan teman baiknya Jung Tae-Woo.

 

Ø Bibi Chon : Seorang bibi yang bertugas membersihkan rumah Jung Tae-Woo tiga kali seminggu yang sudah bekerja untuk keluarganya sejak lama dan bahwa dia bisa dipercaya seratus persen.

 

Ø Tara : Saudara sepupu Sandy yang sebaya dengannya. Tara merupakan gadis yang periang, santai, dan berbakat dalam bahasa.

 

Ø Lisa : Kakak perempuannya Sandy yang sudah meninggal empat tahun lalu saat menghadiri acara jumpa penggemar Jung Tae-Woo.

 

Ø Mister Cha : Merupakan salah satu karyawan yang berkerja di butiknya Mister Kim.

 

Ø Alur : Novel Summer In Seoul memiliki alur Maju dan mundur. Awalnya adalah situasi ketika Sandy belum mengenal Tae-Woo secara pribadi dan Tae-Woo belum mengenal Sandy, lalu maju ke Sandy yang telah mengenal dan dekat dengan Tae-Woo. Kemudian, kembali flash Back pada saat Lisa meninggal dunia saat acara jumpa penggemar Jung Tae-Woo

 

Ø Latar

Ø Latar Tempat

a)    Toko makanan kecil. Kutipan : “Sandy menyeberangi jalan dengan langkah ceat, secepat yang mungkin dilakukan sepasang kaki yang belum beristirahat selama delapan jam terakhir, dan masuk ke toko itu”

 

b)   Ruang kantor manajer. Kutipan : “Jung Tae-Woo berdiri tegak di dekat jendela besar ruangan kantor manejernya yang berada di lantai 20 gedung pencakar langit.”

 

 

c)    Studio Mister Kim. Kutipan : “Empat puluh tiga menit kemudian, Sandy sudah berdiri di studio Mister Kim.”

 

d)   Kamar peragaan. Kutipan : “Sandy berdiri di depan pintu putih salah satu kamar peragaan dan kembali menarik nafas. Ia meraih pegangan pintu dan membukanya.”

 

e)    Kampus. Kutipan : “Sandy dan Young-Mi sedang berjalan di halaman kampus sambil membicarakan Jung Tae-Woo dan pacar misteriusnya.”

 

f)    Apartemen Park Hyun Shik. Kutipan : “Mereka bertiga sudah berkumpul di apartemen Park Hyun-Shik yang besar dan mewah.”

 

g)   Toko Pakaian. Kutipan : “Jung Tae-Woo menghentikan mobil di depan toko pakaian yang kelihatan mewah di Apgujeong-dong.”

 

h)   Acara jumpa penggemar. Kutipan: “Mereka tiba di tempat acara jumpa penggemar diselengarakan dan melihat ratusan gadis remaja berkeruman diintu masuk.”

 

i)     Rumah Jung Tae-Woo. Kutipan : “Sandy menggeleng dan kembali melihat-lihat rumah Jung Tae-Woo.”

 

j)     Lokasi Wawancara. Kutipan: “Jung Tae-Woo bangkit dari sofa yang didudukinya sejak tadi dan bersalaman dengan para kameramen dan reporter yang mewawancarainya.”

 

k)        Konser Amal. Kutipan : “Hyong menyuruhmu ikut denganku ke acara konser amal itu.” Dan “Seperti yang dikatakan Jung Tae-Woo sebelumnya, Sandy tidak perlumengikuti acara konser amal itu sampai selesai.”

 

l)          Toko Buku. Kutipan : “Seorang wanita cantik keluar dari mobil hitam dan berjalan masuk ke dalam toko buku sambil tersenyum lebar dan melambaikan tangan dengan anggun.”

 

m) Restoran. Kutipan : “Ketika mereka berempat selesai makan siang dan keluar dari restoran.”

 

n)   Apartemen lama Sandy. Kutipan : “Sandy menutup pintu apartemen dan menarik napas panjang.”

 

o)   Restoran hotel mewah. Kutipan : “Setelah tahu jung Tae-Woo mengajaknya makan malan di gedung hotel mewah, ia tidak bisa menekan rasa cemas di hatinya. Mereka masuk ke restoran itu dan segera disambut salah satu pelayan.”

 

p)   Apartemen baru Sandy. Kutipan : “Kita juga bisa merayakan apartemen baruku.”

 

q)   Kafe. Kutipan : “Sandy membuka pintu kafe dan terdengar bunyi dentingan halus.”

 

r)     Pantai. Kutipan : “Di sebelah kana mereka terbentang laut luas dan di sebelah kiri mereka terdapat beberapa rumah makan.”

 

s)    Jakarta. Kutipan : “Soon-Hee masih di Jakarta” dan “Beberapa hari setelah itu Tae-Woo terus berada di Jakarta.”

 

t)     Rumah sakit. Kutipan : “Rantang yang berisi makanan itu akan diberikan kepada orangtua Sandy yang sudah menunggui Sandy semalaman di rumah sakit.”

 

u)   Kafetaria rumah sakit. Kutipan : “Tara datang dan kini menemani ibu Sandy pergi makan siang di kafetaria rumah sakit.”

 

v)   Hotel Jakarta. Kutipan : “Mereka berhenti di hotel Jakarta Selatan.”

 

Ø Latar Waktu

a)    Pagi. Kutipan : “Pagi ini sebuah tabloid lagi-lagi membuat artikel yang mengomentari gosi gay-nya” dan “Seperti rencana Park Hyun-Shik, hari Senin pagi foto-foto mereka sudah muncul di tabloid.”

b)   Siang. Kutipan : “Hari memang sudah siang, tapi ia masih segan bangun dari sana.”

c)    Sore. Kutipan : “Ayah Sandy sudah kembali bekerja tapi datang menjenguk putrinya setiap sore.”

d)   Malam. Kutipan : “Saat itu pukul sepuluh malam dan suasana di tempat parkir sepi sekali”, “Jam dinding menunjukkan pukul 00:52 ketika Tae-Woo tiba di rumah” dan “Pemandangan malam kota Seoul dari ketinggian memang menakjupkan.”

 

Ø Latar Suasana

a)    Ramai. Kutipan : “Suasana di salah satu toko besar di Seoul itu terlihat ramai sekali.”

b)   Tegang. Kutipan : “Suasana yang kacau dan udara yang begitu panas karena asap dari kobaran api terasa begitu menyesakkan.”

c)    Romantis. Kutipan : “Restoran itu cukup sepi, lampu-lampunya menyala redup menciptakan suasana remang-remang.”

d)   Sedih. Kutipan : “Mereka berdua kembali terdiam beberapa saat. Masing-masing menikati keheningan yang hanya diselingi deburan ombak.”

e)    Panik. Kutian : “Tadi aku sudah menelpon saudara sepupunyayangada di Jakarta karena ponsel Soon-Hee tidak bisa dihubungi. Dia yang mengatakan padaku Soon-Hee mengalami kecelakaan lalu lintas. Taksiyang ditumpanginya terlibat dalam tabrakan beruntun di jalan tol.”

 

Ø Tema : Percintaan (Romance).

 

Ø Sudut Pandang : Menggunakan sudut pandang orang ketiga. Dimana pengarang sebagai pengamat yang dapat melihat, mendengar dan melukiskan semua yang dirasakan oleh tokoh-tokoh dalam cerita tersebut.

 

3)   Unsur Ekstrinsik

Novel Summer in Seoul ini menceritakan tentang kisah cinta saat musim panas. Novel ini merupakan salah satu karya pertama Ilana Tan. Ketertarikan Ilana Tan terhadap bahasa asing membuat banyak orang yang menyangka bahwa penulis novel ini berasal dari Asia Timur. Padahal, Ilana Tan merupakan seorang penulis yang berasalkan dari Indonesia. Dalam novel ini Ilana Tan menuliskan beberapa kata asing dalam bahasa Korea yang disertai dengan catatan kaki untuk membantu para pembaca memahami arti kata tersebut.

Ilana Tan adalah seorang novelis Indonesia yang dikenal karena menulis tetralogi empat musim yang masing-masing novelnya disajikan dengan cerita yang latarnya berbeda-beda. Novel Ilana Tan memiliki keunikan, yaitu tokoh-tokoh dari novel yang satu dengan novel yang lainnya saling berkaitan.

Novel pertamanya berjudul Summer in Seoul, novel keduanya berjudul Autumn in Paris, novel ketiganya berjudul Winter in Tokyodan novel keempatnya berjudul Spring in London. Masing-masing novel diceritakan di kota-kota besar di dunia, yaitu Seoul (Korea Selatan), Paris (Perancis), Tokyo (Jepang), dan London (Inggris). Dan masing-masing novel diceritakan di musim yang berbeda; Summer (musim panas), Autumn (musim gugur), Winter (musim dingin), dan Spring (musim semi). Seri tetralogi empat musim ini memiliki tokoh yang sama antara satu novel dengan yang lainnya.

Beberapa novel dari tetralogi empat musim dan novel lainnya telah difilimkan, seperti Sunshine Becomes You dan Winter in Tokyo yang sedang dalam proses syuting, diperankan oleh Dion Wiyoko dan Pamela Bowie, serta Morgan Oey. Rencananya Winter in Tokyo dalam bentuk film akan digarap Yoen K, produser Eksekutif Maxima Picture, pada bulan Desember mendatang di Jepang. Film Winter in Tokyo akan tayang di bioskop Indonesia pada bulan Agustus mendatang.

Ilana Tan sendiri juga dikenal sebagai penulis yang misterius. Karena dibagian ‘Tentang Pengarang’ yang biasanya tertera dibagian paling belakang Novel, tidak dicantumkan foto profil dan keterangan yang detail tentang Ilana Tan. Bahkan dalam penggarapan filmnya, ia sama sekali tidak pernah berjumpa dengan Yoen K.

 

4)   Isi Novel

Kisah dimulai saat Sandy alias Han Soon-Hee, gadis blasteran Indonesia-Korea yang sedang berbelanja di sebuah toko, mendapati ponselnya tertukar dengan salah seorang pengunjung. Sandy segera mengembalikan ponsel itu dan menyadari bahwa ponselnya tertukar dengan Jung Tae-Woo, seorang penyanyi muda terkenal Seoul yang muncul kembali setelah empat tahun menghindari dunia hiburan . Setelah insiden itu, mereka terus berhubungan karena Tae-Woo yang tengah digosipkan gay menyusun rencana bersama managernya, Park Hyun-Shik, untuk berfoto bersama Sandy sebagai kekasih rahasianya untuk menghapus gosip miring yang telah beredar. Tanpa ragu, Sandy menyetujuinya asalkan wajahnya tidak terlihat dan tidak dikenali dalam foto tersebut.

 

Hari-hari musim panas sebagai kekasih palsu Jung Tae-Woo dimulai. Hubungan keduanya semakin erat terutama saat apartemen Sandy terbakar. Jung Tae-Woo menyelamatkannya dan meminta Sandy untuk tinggal di rumahnya sampai Sandy mendapatkan apartemen baru. Hari demi hari mereka lalui sebagai pacar pura – pura namun sandy merasa bahwa ia mulai menyukai Tae-Woo begitu pula sebaliknya.  Sementara itu, wartawan terus mencari berita tentang hubungan Tae-Woo dengan Sandy. Akhirnya diketahui bahwa Sandy adalah adik dari seorang penggemar Tae-Woo yang meninggal empat tahun lalu pada saat jumpa penggemar yang membuat Tae-Woo vakum selama 4 tahun dalam dunia hiburan. Media menyebutkan bahwa Sandy hanya ingin membalas dendam terhadap Jung Tae-Woo sementara Jung Tae-Woo hanya ingin meminta maaf kepada Sandy atas insiden itu. Situasi semakin rumit ketika Sandy mengalami kecelakaan lalu lintas dan tidak sadarkan diri. Saat itulah dimana Jung Tae woo jujur akan perasaanya sendiri kepada Sandy. Beberapa hari setelah itu sandy pun sadar dari komanya, disitulah mereka saling jujur atas perasaan mereka masing2.

 

5)   Komentar

Ø  Kelebihan

Kelebihan dalam novel ini yaitu penulis menggunakan gaya bahasa yang sangat baik, mudah dimengerti, dan tidak bertele-tele. Pemaparan suatu kejadian juga sangat detail yang tidak membuat para pembaca merasa bosan karena penulis menggunakan diksi yang tepat untuk menjabarkannya. Penulis juga menggunakan sedikit kata-kata bahasa Korea yang disertai dengan catatan kaki sehingga memudahkan para pembaca untuk mengerti arti dari kata tersebut, dan ekspresi-ekspresi yang digunakan juga sesuai dengan cerita tersebut.

Ø  Kekurangan

Kekurangan dalam novel ini yaitu suasana di kota Seoul tidak begitu terasa sedangkan pada cover novel tersebut terlihat seakan-akan menceritakan keadaan di kota Seoul. Pada awal pembukaan, cerita tidak begitu menarik. Dan konfliknya juga belum semuanya terselesaikan yang membuat cerita seakan menggantung.

Ø  Penutup

Terlepas dari semua itu, gaya berceritanya bagus walupun ini adalah novel pertama ilana tan, idenya juga lumayan menarik, meskipun ceritanya klise namun penulis dapat mengembangkannya dengan menarik sehingga tak membosankan. Semoga penulis dapat memperbaiki kekurangannya dalam menceritakan tahapan penyelesaian konflik dan menghasilkan karya lain yang lebih memukau. Summer in Seoul, buku yang bagus untuk anda penggemar korea dan penggemar cerita – cerita romantis.

 

Tentang Penulis

Elfi Rahmani

Elfi Rahmani

Tinggalkan Komentar