Teknologi

Sambut Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia, Facebook Munculkan Tautan Cegah Bunuh Diri

Antigone Davis (Head of Global Safety Facebook) menyatakan bahwa dalam rangka memperingati Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia, Facebook memberikan informasi kepada masyarakat mengenai perangkat dan sumber informasi yang dikembangkannya. Informasi ini menurutnya ditujukan untuk yang mungkin sedang berada dalam bahaya.

Antigone juga menyatakan bahwa Facebook telah meluncurkan sebuah bagian baru dari Pusat Keamanan Facebook dengan sumber informasi tambahan mengenai pencegahan bunuh diri dan kesejahteraan online. Tautan ini bisa diakses di alamat https://www.facebook.com/safety/wellbeing.

Antigone menyatakan bahwa setiap orang bisa mengakses perangkat untuk menyelesaikan konflik secara online, membantu teman yang menunjukkan keinginan untuk melakukan bunuh diri atau mendapatkan sumber informasi jika mereka mengalami waktu yang sulit.

Menurut Antigone, Facebook telah melakukan kolaborasi dengan organisasi kesehatan mental selama lebih dari sepuluh tahun. Hal ini menurut Antigone merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Facebook untuk menciptakan komunitas Facebook online dan offline secara aman.

Karena hubungan yang dimiliki orang di Facebook, Antigone menyatakan bahwa Facebook berada dalam posisi yang unik untuk membantu menghubungkan mereka yang sedang mengalami tekanan dengan teman-teman mereka yang bisa memberikan dukungan. Ahli kesehatan mental mengatakan bahwa koneksi tersebut bisa sangat membantu dalam mencegah bunuh diri, dan menurut Antigone, Facebook melihat hal tersebut dapat terjadi dalam berbagai cara.

Antigone menyatakan bahwa teman-teman mereka berada dalam posisi yang tepat untuk mengetahui jika temannya sedang berada dalam kesulitan – dan kecepatan merupakan hal yang sangat penting – sehingga teman-temannya bisa segera menghubungi mereka yang berada dalam tekanan dengan memberikan komentar dalam sebuah posting.

Menurut Antigone, seperti yang pernah dibagikan Facebook, ada beberapa kasus di mana kombinasi teknologi – memahami pola-pola komentar orang dalam sebuah posting– dan rasa kasih sayang dari orang-orang yang berada dalam komunitas akan bisa membantu mencegah sesuatu yang membahayakan.

Antigone menambahkan bahwa orang juga bisa menghubungi Facebook ketika mereka melihat sesuatu yang membuat mereka merasa khawatir dengan keadaan temannya. Antigone mengungkap bahwa Facebook memiliki tim yang bekerja di seluruh dunia selama 24 jam/7 hari, yang memantau berbagai laporan yang masuk dan memprioritaskan laporan yang serius seperti bunuh diri.

Untuk mereka yang menghubungi kami, kami menyediakan teks untuk mempermudah orang memulai percakapan dengan teman mereka yang membutuhkan. Kami memfasilitasi teman Anda yang menunjukkan keinginan bunuh diri dengan informasi mengenai pusat bantuan lokal, beserta tips dan sumber informasi lainnya.

Antigone menyatakan bahwa Facebook juga melakukan beberapa langkah lain, seperti bekerja sama dengan mitra pencegahan bunuh diri untuk mengumpulkan ungkapan, hashtags, serta nama grup yang berhubungan dengan tantangan online yang mendukung kegiatan yang membahayakan diri sendiri atau bunuh diri.

Facebook juga menawarkan sumber informasi kepada orang-orang yang mencari kata-kata tersebut di Facebook. Menurut Antigone, Facebook juga akan menghapus konten yang melanggar Standar Komunitasnya, yang tidak mengizinkan promosi kegiatan yang membahayakan diri sendiri atau bunuh diri.

 


Telah dilihat sebanyak
49

Tanggapan Kamu

komentar

قالب وردپرس

Tentang Penulis

Albert Aprillio

albert aprillio

Tinggalkan Komentar