Teknologi

Sambut HUT RI, Modalku Gandeng TaniHub Sediakan Solusi Bagi Petani Indonesia

Modalku dan TaniHub, telah mengumumkan kemitraan dalam rangka mendukung sektor pertanian Indonesia. Lewat kemitraan ini, Modalku dan TaniHub menyatakan akan bekerja sama menyalurkan solusi cash flow agar petani Indonesia dapat mengembangkan usaha mereka secara lebih lanjut.

Modalku menyatakan akan menyediakan layanan peer-to-peer (P2P) lending, di mana UMKM berpotensi dan pencari investasi alternatif dipertemukan lewat pasar digital. Dengan mendanai pinjaman UMKM, pemberi pinjaman Modalku mendapatkan investasi alternatif dengan tingkat pengembalian menarik. Di sisi lain, UMKM peminjam akan mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa agunan dengan proses online yang mudah dan cepat.

Saat ini, Modalku mengklaim sebagai platform P2P lending terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Modalku menyatakan telah menyalurkan sekitar Rp250 miliar ke 450 pinjaman UMKM di Indonesia.

Via kerja sama ini, melalui platform agriculture marketplace TaniHub, petani dapat dihubungkan secara langsung dengan pembeli dan pelaku usaha, baik yang domestik maupun yang internasional.

Keberadaan TaniHub bertujuan mempersingkat rantai distribusi produk pertanian, perikanan dan peternak sehingga dapat memperkecil disparitas harga antara petani/nelayan/peternak dengan pembeli. TaniHub juga merupakan salah satu aplikasi yang diresmikan Presiden Jokowi bulan April 2016 untuk mendukung pertanian Indonesia.

“Menjelang peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke 72 dan di tengah kebijakan pemerintah yang kondusif, Modalku dan TaniHub bekerja sama menyalurkan solusi cash flow bagi para petani. Solusi arus kas akan membantu petani Indonesia lebih fokus mengembangkan usaha mereka. Selain itu, solusi lewat aplikasi digital akan lebih menguntungkan petani Indonesia. Mereka tak perlu lagi bergantung pada tengkulak untuk memasarkan produk mereka. Secara makro, pemberdayaan petani Indonesia juga akan menguatkan ekonomi nasional. Sektor pertanian yang semakin kuat akan mendukung ekonomi negara,” kata Iwan Kurniawan (Co-Founder dan COO Modalku).

Ivan Arie Sustiawan (CEO dan Co-Founder TaniHub) menjelaskan bahwa keberadaan dan dukungan. Modalku sangat membantu mereka dalam mengembangkan agribisnis digital, baik di pasar domestik maupun ekspor. “Sinergi TaniHub dan Modalku diharapkan terus berlanjut demi memajukan sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia,” ujarnya.

Modalku juga meluncurkan produk supply chain financing (SCF). SCF merupakan solusi arus kas yang dapat membantu UMKM untuk membayar tagihan pemasok (supplier) agar UMKM dapat lebih fokus mengatur operasi usaha.

Tanggapan Kamu

komentar

قالب وردپرس

Tentang Penulis

Albert Aprillio

albert aprillio

Tinggalkan Komentar