Teknologi

Seagate Tawarkan BarraCuda dengan Optane

Jakarta, PCplus – Seagate baru saja mengumumkan hadirnya opsi pembelian BarraCuda yang dipaketkan dengan Intel Optane memory. BarraCuda adalah HDD andalan Seagate, sedangkan Optane memory adalah nonvolatile memory andalan Intel. Memori Intel ini memiliki kinerja yang jauh lebih cepat dari HDD dan berfungsi sebagai cache yang menjembatani HDD dan memori utama. Kombinasi Seagate BarraCuda dan Intel Optane memory memungkinkan media simpan PC desktop memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan hanya menggunakan HDD.

Memang untuk mendapatkan kinerja media simpan yang tinggi kamu bisa saja menggunakan SSD. Namun, SSD memiliki harga per gigabyte yang jauh lebih mahal dari HDD. Dengan kata lain, kombinasi Seagate BarraCuda dan Intel Optane memory bisa menawarkan kapasitas yang lebih besar dibandingkan SSD untuk harga yang setara.

“Dengan adanya tambahan Intel Optane sendiri, itu akan menambahkan akselerasi sistem. Nah, ketika akselerasi sistem ini dijalankan maka, satu, performa untuk meluncurkan aplikasi dan booting, itu pasti akan meningkat. Karena dia fungsinya sebagai cache,” ujar Randu Atmaja (Product Specialist Indonesia, Seagate Singapore International Headquarters). “Kalau dari nilai jualnya sendiri, secara garis besar, ya tentu saja adalah performa SSD, dan satu lagi yaitu adalah tentu saja responsif tanpa mengurangi kapasitas,” tegas Randu lagi.

Intel Optane memory menggunakan 3D XPoint yang merupakan nonvolatile memory baru yang dikembangkan oleh Intel bersama Micron. Dibandingkan dengan NAND flash memory, 3D XPoint diklaim memiliki kelebihan berupa kecepatan dan daya tahan. Memori baru ini diklaim memiliki kecepatan dan daya tahan yang beberapa kali lebih baik dari NAND flash memory yang digunakan SSD. Dengan karakteristik seperti itu plus hardware dan software pendukungnya, kombinasi Seagate BarraCuda dan Intel Optane memory bisa memberikan kinerja yang menyerupai SSD dengan kapasitas HDD.

Jika kamu merasa perihal kombinasi HDD dengan nonvolatile memory ini terasa tak asing di telinga, hal itu sebab kombinasi serupa memang sudah dimungkinkan Intel sejak beberapa tahun lalu. Intel Smart Response Technology yang mulai ditawarkan sejak awal dekade ini memungkinkan SSD berkapasitas kecil menjadi cache yang menjembatani HDD dan memori utama.

Seperti solusi sebelumnya itu, Intel Optane memory juga butuh chipset tertentu agar bisa berfungsi. Secara resmi, chipset yang telah mendukung Intel Optane memory adalah Intel seri 200 seperti Z270, H270, dan B250. Selain itu, prosesor yang secara resmi mendukung Intel Optane memory ini adalah Intel Core generasi ketujuh. Untuk antarmukanya sendiri menggunakan PCI-Express 3.0 x2 yang hadir melalui selot M.2. Adapun dimensinya 22 x 80 mm.

Ada dua kombinasi pemaketan yang ditawarkan. Pertama adalah paket Seagate BarraCuda 1 TB dan Intel Optane memory 32 GB yang ditawarkan dengan harga Rp1.900.000,-. Kedua adalah paket Seagate BarraCuda 1 TB dan Intel Optane memory 16 GB yang ditawarkan dengan harga Rp1.500.000,-. Sekadar informasi, SSD berkapasitas 480 GB dengan antarmuka SATA 6 Gbps biasanya ditawarkan seharga dua jutaan rupiah.

 

Tanggapan Kamu

komentar

قالب وردپرس

Tentang Penulis

Albert Aprillio

albert aprillio

Tinggalkan Komentar