Tugas Siswa

Sekolah Bertaraf Internasional dan Pencuri Ikan di Hukum Seumur Hidup

FB_IMG_1468480278324
Cindy Wulandari octo

Sekolah Bertaraf Internasional 

Suatu hari di suatu sekolah negeri antah berantah, seoranv guru memberi tahu kepada murid-muridnya bahwa sekolah mereka akan menjadi sekolah SBI .

Guru : Anak-anak, ada kabar gembira untuk kita semua. Sekolah kita sebentar lagi akan menjadi sekolah SBI. Nah, untuk menyambut hal ini, saya mau tanya apa yg akan kalian siapkan. Saya mau tanya apa yg akan kalian siapkan. Joni, apa yg akan kamu lakukan untuk menyambut ini ? 

Joni : “Belajar bahasa inggris agar lebih mahir dalam berbicara bahasa inggris “.

Guru : “Bagus sekali. Kalau kamu Jono?” 

Jono : “Harus siap uang, pak”.

Guru : “Lho kok uang “.

Jono : “Ya pak, soalnya kalau sekolah kita statusnya sudah SBI, pasti bayarnya lebih mahal. Masa sih SBI bayarnya sama kayak sekolah biasa? Udah gitu, pasti nanti diminta iuran untuk ini itu.

Guru : “Jawabanmu kok sinis sekali? Begini lho, kalau sekolah kita bertaraf internasional artinya sekolah kita setara dengan sekolah di luar negeri.

Jono : “Tapi pak, kalau menurut saya, SBI itu bukan Sekolah Bertaraf Internasional tapi Sekolah Bertarif Internasional. 

Akhirnya guru tersebut kebingungan membalas kata-kata Jono dan langsung membahas materi pelajaran. Sebagai informasi tambahan, Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) sekarang di bubarkan oleh MK. 

Sruktur : 

Abstark

Suatu hari di suatu sekolah negeri antah berantah, seorang guru memberi tahu kepada murid-muridnya bahwa sekolah mereka akan menjadi sekolah SBI. Guru : “Anak-anak, ada kabar gembira untuk kita semua. Sekolah kita sebentar lagi akan menjadi SBI. Nah, untuk menyambut hal ini, saya mau tanya apa yg akan kalian siapkan.

Orientasi

Joni, apa yg kamu lakukan untuk menyambut ini? 

Joni : “Belajar bahasa inggris agar lebih mahir dalam berbicara bahasa inggris”.

Krisis

Guru : ” Bagus sekali. Kalau kamu Jono?

Jono : “Harus siap uang pak”.

Guru : “Lho kok uang?

Jono : “Ya pak, soalnya kalau kita statusnya sudah SBI, pasti bayarnya lebih mahal. 

Reaksi 

Masa sih SBI bayarnya sama kayak sekolah biasa? Udah gitu, pasti nanti diminta iuran untuk ini itu. 

Guru : “Jawabanmu kok sinis sekali? Begini lho, kalau sekolah kita bertaraf internasional artinya sekolah kita itu setara dengan sekolah di luar negeri.

Jono : “Tapi pak, kalau menurut saya, SBI itu bukan Sekolah Bertaraf Internasional, tapi Sekolah Bertarif Intednasional.

Koda

Akhirnya guru tersebut kebingungan membalas kata-kata Jono dan langsung membahas materi pelajaran. Sebagaibinformasi tambahan, Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) sekarang dibubarkan oleh MK.

Kebahasaanya 

Kalimat sindiran 

 

 

Pencuri Ikan di Hukum Seumur Hidup 

Setelah melewati proses peradilan, seorang narapidana muda akhirnya dijebloskan ke dalam sel penjara. Hari pertama, seorang napi tua bertanya padanya : “Usiamu masih sangat muda kok sudah masuk penjara, kejahatan apa yg telah kamu perbuat?” 

“Saya mencari ikan pak”, jawab nara pidana muda itu dengan singkat . Nara pidana tua : “Kamu dapat vonis berapa tahun?”  ” Saya dihukum seumur hidup pakdwngan masa percobaan 2 tahun”. Dengan rasa heran napi itu bertanya lebih jauh : “pencurian ikan kok sampai dihukum seberat ini, apa ikan yg kamu curi itu ikan paus?”  Nara pidana muda “Saya hanya mem bom ikan di dalam sebuak waduk pak, dengan sebuah detonator tenggelam, kemudian 3 ekor ikan mengambang di permukaan air”. Nara pidana tua : “kasus ini hanya biasa, paling-paling kamu ditahan 2 hari saja”. Nara pidana muda “Pokok masalahnya adalah, tidak lama kemudian mengapung pula mayat beberapa orang penyelam”. “Nara pidana tua : “Hahaha, pantas saja kamu masuk penjara, ternyata yg kamu bom tidak cuma ika  saja, melainkan manusia juga ikut terkena bom tersebut”. Dan akhirnya narapidana tua tercengang dan tertawa akan penjelasan narapidana muda tersebut. Situasi kembali normal dan mereka bersama-sama berbincang-bincang dalam penjara. 

Struktur : 

Abstark 

Setelah melewati proses peradilan, seoramg narapidana muda akhirnya dijebloskan ke dalam sel penjara .

Orientasi 

Hari pertama, seornag napi tua bertanay padanya : “Usiamu masih sangat muda kok sudah masuk penjara, kejahatan apa yg telah kamu perbuat?”  “Saya mencuri ikan pak”, jawab narapidana muda itu sangat singkat. Narapidana tua : “Kamu dapat vonis berapa tahun?” 

Krisis 

“Saya dihukum seumur hidup pak dengan masa percobaan 2 tahun” dengan rasa heran napi tua itu bertanya lebih jauh : “Pencurian ikan kok sampai seberat ini, apa ikan yg kamu curi itu ikan paus?” Nara pidana muda “Saya hanya mem bom ikan dengan sebuah detonator tenggelam, kemudian 3 ekor ikan mengambang di permukaan air”  

Reaksi 

Narapidana tua”Kasus ini hanya kasus biasa, paling-paling kamu ditahan 2 hari saja” 

Narapidana tua : “Pokok masalahnya adalah, tidak lama kemudian mengapung pula mayat beberapa orang penyelam” 

Narapidana tua : ” Hahaha, pantas saja kamu masuk penjara, ternyata kamu bom tidak cuma ikan saja, melainkan manusia juga ikut terkena bom tersebut”. 

Koda 

Dan akhirnya narapidana tua tercengang dan tertawa akan penjelasan narapidana muda tersebut. Situasi kembali normal dan mereka bersama-sama berbincang-bincang dalam penjara . 

Kebahasaanya 

Konjungsi temporal .

 

Tentang Penulis

Cindy Wulandari octo

Cindy Wulandari octo

Tinggalkan Komentar