Lain-Lain

Si Kecil Kecanduan Gadget? Ini Solusinya!

466cfb561dbce87b36e9699ba96e3f0c.jpg
Admin
Ditulis Oleh

Anak sulung saya sepertinya mulai kecanduan bermain video game, dia bahkan mulai lupa waktu dan mulai sulit untuk diminta berhenti bermain. Bagaimana ya cara mengatasi kecanduan video game, dan bagaimana cara mencegah adiknya agar tidak ikut kecanduan video game?
Samantha F. Gayatri, 33, ibu dari Samuel Ashka, 5, dan Sania Arishka, 3.

 

Beri Contoh
Cara paling efektif untuk mencegah Si Kecil kecanduan video game adalah dengan memberinya contoh. Jadi orang tua yang hobi bermain game sebaiknya tidak bermain di dekat anak, karena ia akan menirunya. Jika anak mulai meminta video game, alihkan perhatiannya dengan mengajaknya bermain di luar rumah. Aktivitas yang seru akan membuatnya lupa dengan video game.
Nisrina Rahima, 25, ibu dari Nandita, 5.

 

Buat Kesepakatan
Tidak dapat dipungkiri, video game dan gadget adalah hal yang disukai hampir semua anak. Untuk itu, buat kesepatan dengan Si Kecil yang harus ia penuhi jika ingin bermain game. Misalnya, boleh bermain game kalau sudah mengerjakan PR. Atur juga waktu bermainnya, maksimal 1 jam per hari misalnya. Terakhir, jangan lupa ajak ia untuk beraktivitas di luar ruangan. Dengan begitu, anak pasti tidak akan kecanduan video game atau gadget.
Linda Amelya, 30, ibu dari Talitha Nadzifa Azmi, 4.

 

Aktivitas Seru
Walau usianya masih batita, tapi anakku sudah bisa minta bermain gadget atau video game. Kalau sudah begini, biasanya saya alihkan perhatiannya dengan mengajak melakukan aktivitas yang seru. Seperti bermain lilin khusus anak, Lego, atau sekadar jalan-jalan di taman kota. Namun sesekali saya izinkan Harzzy bermain aplikasi yang mendidik di gadget, yang sesuai dengan usianya, dan tentunya harus dalam pengawasan saya atau suami.
Dezzy Oktaria, 29, ibu dari Mohammad Harzzy Novrian, 2.

 

Waktu yang Tepat

Sepertinya mustahil melarang anak untuk tidak bermain video game sama sekali. Jadi saran saya, anak boleh saja bermain game, tapi harus di waktu yang sudah ditentukan. Kalau anak saya hanya boleh bermain game atau gadget (pilih salah satu) di akhir pekan saja, itu pun hanya 1 jam dan harus ditemani orang tua. Cara itu membuat saya dan suami lebih bisa mengontrol Si Kecil agar tidak sampai kecanduan video game. Alhamdulillah, anak saya selalu patuh dengan aturan ini.
Sarah Anjanie, 29, ibu dari Keenan Kamaswara, 4.

 

Jadikan Reward
Anak saya termasuk picky eater dan sangat susah diminta makan sayur. Jadi kalau hari Senin sampai Jumat dia mau makan sayur yang sudah saya sajikan, maka di hari Sabtu atau Minggu dia boleh bermain video game. Cara ini efektif membuat anak tidak kecanduan video game, dan lama-lama mau makan sayur tanpa paksaan atau iming-iming apapun.
Yuni Fitriani, 27, ibu dari Muhammad Azka Daus, 3.
(Tiffany/Dok. Freepik.com)

loading…

loading…

Source link

قالب وردپرس

Tentang Penulis

Admin

Memastiksn Bindoline berjalan lancar

Tinggalkan Komentar