Teknologi

Sony RX0, Kamera Aksi dengan Sensor Besar

Sony baru-baru ini meluncurkan sebuah kamera aksi (action camera) terbarunya untuk bersaing dengan produsen kamera aksi lainnya seperti GoPro.

Sony RX0 merupakan kamera aksi terbaru yang dirilis oleh Sony. Dari segi ukuran, Sony RX0 memiliki dimensi yang mirip dengan kamera aksi pada umumnya yang saat ini beredar di pasaran. Namun, di dalamnya, Sony menyematkan sejumlah spesifikasi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pesaingnya.

Sony menggunakan sensor Exmor RS CMOS berukuran 1 inci dengan resolusi 15,3 mega pixel pada RX0 ini. Ukuran tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan kamera aksi lainnya yang rata-rata menggunakan sensor berukuran 1/2,3 inci. Sebagai catatan, Sony juga menggunakan sensor 1 inci pada sejumlah kamera prosumernya seperti RX10 dan RX100. Selain itu, Sony RX0 ini juga menggunakan lensa Zeiss Tessar T* yang memiliki ukuran setara 24 mm f/4.

Sony RX0 ini juga memiliki sejumlah fitur yang biasanya hadir di kamera profesional. Kamera aksi ini bisa mengambil foto dengan format RAW dan memiliki kecepatan shutter hingga 1/32.000 detik. Kamera ini juga bisa memotret dengan kecepatan 16 frame per detik. Untuk merekam video secara slow motion, kamera ini bisa merekam hingga 1.000 frame per detik.

Sebagai tambahan, Sony juga merilis remote secara opsional yang bisa menghubungkan hingga lima belas kamera RX0 ini. Dengan demikian, pengguna bisa menggunakan seluruh kamera tersebut secara bersamaan untuk mengambil gambar dari berbagai sudut berbeda.

Sony RX0 memiliki ukuran bodi 59 x 40,5 x 29,8 milimeter dengan bobot sekitar 110 gram. Kamera ini tahan jatuh dari ketinggian maksimal 10 meter dan bisa dibawa ke dalam air hingga kedalaman 10 meter atau 100 meter juga menggunakan casing tambahan.

Sony RX0 ini sendiri dijual lebih tinggi dari kamera aksi lain pada umumnya, yaitu sekitar 13,4 juta rupiah. Kamera ini rencananya akan hadir pertama kali di pasaran Eropa pada bulan Oktober mendatang. Namun, jadwal kehadirannya di pasar lain termasuk Indonesia belum diketahui.

Tanggapan Kamu

komentar

قالب وردپرس

Tentang Penulis

Albert Aprillio

albert aprillio

Tinggalkan Komentar