Materi

Teks Anekdot (Bagian 1)

ilustrasi teks anekdot
Admin
Ditulis Oleh
  • Fakta :

Anekdot merupakan cerita singkat yang memberikan kesan lucu terhadap pembaca. Kesan tersebut dapat membuat pembaca tertawa karena isi ceritanya atau memberikan renungan terhadap suatu hal. Cerita anekdot disajikan dengan teks yang memiliki ciri khas sendiri. Jika dilihat dari struktur teksnya, anekdot dapat dibedakan dengan jenis teks lain.

Melalui teks anekdot. Anda akan belajar untuk lebih peka terhadap peristiwa yang terjadi di sekitar Anda. Salah satunya mensyukuri keberadaan Bahasa Indonesia. Tuhan telah menciptakan bahasa untuk membantu manusia berkomunikasi dalam menceritakan hal-hal yang patut disyukuri dari semua hal yang diciptakan Tuhan.

 

  • Konsep :

Memahami Struktur Teks Anekdot

Kata kunci: anekdot, abstrak, koda, krisis, orientasi, reaksi, teks

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008), anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Anekdot sering dipilih sebagai salah satu cara untuk mengungkapkan kepedulian atau kepekaan terhadap fenomena yang terjadi di masyarakat. Kelucuan yang menjadi ciri khas anekdot ditulis sebagai pesan yang ingin disampaikan dan akan lebih mudah dipahami bagi pengguna bahasa yang memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas.

 

  • Prinsip :

Teks anekdot adalah sebuah cerita lucu atau menggelitik yang bertujuan memberikan suatu pelajaran tertentu. Kisah dalam anekdot biasanya melibatkan tokoh tertentu yang bersifat faktual ataupun terkenal.

Teks anekdot pada umumnya terdiri atas lima bagian, yaitu sebagai berikut :

  1. Abstrak, yaitu bagian teks yang berfungsi memberi gambaran tentang isi teks.
  2. Orientasi, yaitu bagian teks yang menunjukkan awal kejadian cerita atau latar belakang bagaimana peristiwa terjadi.
  3. Krisis, yaitu bagian teks yang menjelaskan hal atau masalah yang unik atau tidak biasa yang terjadi pada penulis atau orang yang diceritakan.
  4. Reaksi, yaitu bagian teks yang menerangkan cara penulis atau orang yang diceritakan dalam menyelesaikan masalah (yang muncul di bagian krisis)
  5. Koda, merupakan bagian akhir dari cerita dan simpulan tentang kejadian yang dialami oleh penulis atau orang yang diceritakan.

 

Kritik dan Humor dalam Layanan Publik

Layanan Publik sering mendapatkan kritik atau menjadi bahan lelucon. Kritik atau lelucon itu dapat disampaikan melalui anekdot.

Anekdot ialah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Ada pengertian lain bahwa anekdot dapat merupakan cerita rekaan yang tidak harus didasarkan pada kenyataan yang terjadi di masyarakat. Yang menjadi partisipasi atau pelaku di dalamnya pun tidak harus orang penting.

Selain itu, teks anekdot juga dapat berisi peristiwa-peristiwa yang membuat jengkel atau konyol bagi partisipan yang mengalaminya. Perasaan jengkel dan konyol seperti itu merupakan krisis yang ditanggapi dengan reaksi dari pertentangan antara nyaman dan tidak nyaman, puas dan frustrasi, serta tercapai dan gagal.

Contoh:

Sumber Video: Youtube.com

Tentang Penulis

Admin

Memastiksn Bindoline berjalan lancar

Tinggalkan Komentar